Kanker Kulit Melanoma, Penyakit Yang Wajib Diwaspadai

Kanker kulit melanoma menjadi momok yang menakutkan, karena seringkali dianggap sebagai penyakit berbahaya serta sulit untuk disembuhkan. Orang-orang pada umumnya hanya mengetahui kanker menyerang organ-organ dalam tubuh saja, seperti otak ataupun paru-paru. Namun pada kenyataannya, kondisi kulit seseorang pun dapat mengalami kanker karena berbagai macam faktor pemicunya.

Salah satu kanker kulit yang harus diwaspadai gejalanya adalah Melanoma. Iya, Melanoma merupakan penyakit yang ditandai dengan tumbuhnya tahi lalat pada tubuh. Terlihat sepele dan tidak memberikan efek yang signifikan. Namun jika Anda tidak menanganinya secara cepat, maka tahi lalat tersebut perlahan-lahan akan membesar dan menyebar menjadi kanker kulit.

Tahapan Penyakit Kanker Melanoma


Saat mendengar kanker kulit, pasti terbesit dipikiran Anda bagaimana penyakit tersebut dapat menyerang lapisan kulit terluar manusia. Mengingat bahwa kanker lebih menyerang bagian dalam tubuh, namun seringkali kanker malah merambah ke berbagai bagian tubuh yang tidak terduga. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui gejala-gejala awalnya untuk penanganan lebih lanjut.

Pada kanker kulit Melanoma, penderitnya mengalami beberapa tahapan yang harus dilewati. Namun anehnya, pada awalnya orang tersebut tidak akan menyadari bahwa Melanoma sudah mulai menyebari di tubuhnya. Terlebih lagi tidak adanya efek yang secara langsung, sehingga penderita masih dapat beraktivitas normal tanpa mengalami keluhan sakit sebelum mencapai tahap terakhir Melanoma.

1. Tahap Awal

Tahap awal dari kanker Melanoma diawali dengan tumbuhnya permukaan kulit seperti tahi lalat. Ukuran dari tahi lalat itu sendiri sangat kecil dengan warna yang lebih gelap melebihi warna kulit penderitanya.

2. Tahap Pertengahan

Masih dalam ukuran yang sama di tahap awalm pada tahap pertengahan, tahi lalat tersebut mengalami pertumbuhan dan penebalan hingga mencapai 4mm. Hal teresebut menjadikan tahi lalat terlihat semakin membesar dan melebar seiring berjalannya waktu.

3. Tahap Akhir

Pada tahap akhir, penyebaran penyakit Melanoma sudah menjangkit hampir keseluruhan tubuh dan telah menyerang bagian getah bening. Pada tahap ini penderita sudah mengalami Melanoma sangat serius dan butuh penanganan medis secepatnya.

Kanker Kulit Melanoma
Sumber Gambar : pixabay.com

Gejala Awal Kanker Melanoma


Tidak hanya terlihat dari tumbuhnya tahi lalat, namun kanker kulit melanoma sebenarnya juga mempunyai gejala-gejala lainnya yang hanya dapat dirasakan oleh para penderitanya. Meskipun cukup sulit untuk mendeteksi apakah seseorang memang terserang kanker ini atau tidak, namun sebelum mendapatkan diagnosa dari dokter, Anda dapat mengetahui tanda-tanda awalnya pada tubuh.

Jika Anda mengalami tiga gejala awalnya, segeralah konsultasikan ke dokter jika dalam kurun waktu yang lama dan terus menerus terjadi. Gejala yang muncul pun juga tidak begitu memperlihatkan jika seseorang mengalami kanker Melanoma. Oleh karena itu, melakukan pemeriksaan medis secara cepat dapat membantu Anda mengetahui kondisi kesehatan tubuh yang sebenarnya.

1. Rasa Nyeri pada Tulang

Biasanya rasa nyeri pada tulang dirasakan ketika Anda selesai melakukan aktivitas fisik yang melelahkan. Namun hal tersebut berbeda ketika Anda mengalami Melanoma. Anda akan merasakan rasa nyeri di tulang secara terus menerus tanpa henti, bahkan sampai mengganggu kegiatan Anda sehari hari.

2. Perubahan Ukuran Tahi Lalat

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, para penderita Melanoma pada awalnya akan mempunyai tahi lalat di tubuhnya. Namun semakin hari ukurannya semakin membesar dan menyebar di beberapa bagian tubuh, sehingga patut diwaspadai jika Anda mengalami hal seperti ini.

3. Pernapasan Terganggu

Sering merasa sesak dan sulit untuk bernafas merupakan ciri-ciri para pengidap Melanoma. Saat seseorang terinfeksi Melanoma, maka tidak hanya kulit saja yang mengalami permasalahan, sistem pernapasan pun juga ikut terganggu para penderitanya.

Penanganan Tepat untuk Kanker Melanoma


Meskipun terdengar menyeramkan saat membahas kanker kulit Melanoma, namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan jika penderitanya dapat sembuh secara total asalkan mengetahui gejalanya terlebih dahulu dan langsung melakukan perawatan intensif secara berkala. Hal ini berguna untuk menghambat persebaran kanker Melanoma ke bagian-bagian vital pada tubuh.

Jika Anda mempunyai saudara, kerabat atau bahkan diri sendiri mengalami kanker kulit ini, terdapat penanganan yang tepat untuk menyembuhkan penyakit tersebut dan menghilangkannya dari tubuh. Meskipun membutuhkan waktu, namun cara-cara di bawah ini terbukti mampu menghilangkan Melanoma secara permanen.

1. Kemoterapi

Kemoterapi merupakan proses dimana cara ini membunuh sel-sel kanker dalam tubuh. Penggunaan terapi cukup ampuh untuk menghambat pertumbuhan kanker kulit Melanoma. Walaupun kemoterapi memberikan efek samping seperti diare, namun banyak orang yang masih memanfaatkan terapi ini untuk melawan Melanoma.

2. Operasi

Melakukan operasi juga disarankan jika persebaran dari Melanoma tersebut sudah parah dan dibutuhkan penanganan yang cepat sebelum membahayakan nyawa penderitanya.

3. Terapi Radiasi

Terapi radiasi menghasilkan sinar X yang mampu membunuh sel sel berbahaya yang menggerogoti tubuh penderitanya. Namun efek sampung dari terapi ini adalah memberikan efek seperti terbakar pada permukaan kulit karena menerima cahaya bersuhu panas.

Itulah pembahasan singkat mengenai kanker Melanoma. Meskipun tanda awalnya tidak begitu terlihat dan memberikan efek secara langsung, namun ketika Anda mengetahuinya, segera periksakan tanda-tanda Melanoma ke dokter untuk mendapatkan penanganan cepat dan intensif. Semoga informasi singkat ini dapat mencegah Anda dari bahayanya kanker kulit Melanoma.

Referensi :

- https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/dermatologi/tahi-lalat-tumbuh-kembali
- https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/dermatologi/4-tanda-tahi-lalat-ciri-kanker

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel