10 Manfaat Teh Hijau bagi Tubuh Anda

Teh hijau adalah salah satu minuman paling sehat di dunia. Selain itu, teh hijau bisa dinikmati dengan berbagai cara, dengan dicelupkan untuk diminum sebagai minuman teh ataupun diminum secara utuh dengan meminumnya dalam bentuk serbuk matcha. Tak heran banyak sekali masyarakat dan budaya yang mempercayai manfaat teh hijau bagi tubuh manusia. Tetapi apakah fakta mengenai teh hijau memang benar seperti yang dipercayai masyarakat? Mari kita ulas 10 fakta bahwa teh hijau bermanfaat bagi tubuh anda.

1. Teh hijau dipenuhi dengan antioksidan

Teh hijau mengandung antioksidan polifenol yang dapat mengurangi peradangan pada tubuh manusia yang diketahui sebagai pemicu penuaan dini. Antioksidan ini juga secara proaktif melindungi sell dari kerusakan yang bisa menimbulkan beberapak penyakit kronis. Hal ini membuktikkan bahwa teh hijau dapat melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.

2. Teh hijau dapat menjaga kesehatan otak

Teh hijau diketahui dapat memberikan rasa terjaga namun juga menenangkan. Hal ini bisa terjadi karena selain mengandung kafein, teh hijau juga mengandung asam amino bernama L-tehanine yang menghasilkan efek tenang. Kombinasi dari dua senyawa ini sudah terbukti mengoptimalkan fungsi otak untuk meningkatkan daya ingat, performa kognitif dan meningkatkan mood atau suasana hati. Kemampuan teh hijau untuk melawan stress juga berpotensi untuk melindungi otak dari penyakit dari penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer’s dan Parkinson’s.

10 Manfaat Teh Hijau bagi Tubuh Anda
Source: pixabay

3. Teh hijau membantu menjaga berat badan

Melalui riset terhadap manusia dan hewan, teh hijau terbukti dapat melancarkan metabolisme dan menstimulasikan pembakaran lemak. Teh hijau juga disinyalir dapat membatasi nafsu makan dan mencegah penumpukan lemak dengan membatasi sebuah proses benama angiogenesis atau proses pembentukan pembentukan pembuluh darah baruh yang mana dibutuhkan dibutuhkan jaringan lemak untuk bertumbuh.

4. Teh hijau dapat melindungi dari kanker

Teh hijau dapat melindungi tubuh dari kanker dengan dua cara. Pertama, teh hijau membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang dapat memicu tumbuhnya sell secara tidak terkontrol yang mana bisa menimbulkan mutasi kanker. Dan yang kedua adalah efek anti-angiogenesis yang membantu mencegah penimbunan lemak serta dapat menghalau sel kanker untuk berkembang.

5. Teh hijau membantu daya tahan tubuh

Antioksidan pada teh hijau dapat memberikan efek antibakteri yang , antijamur dan antivirus yang mana membantu daya tahan tubuh. Dan hebatnya, efek antibakteri itu juga bisa melawan bau nafas yang tidak sedap. Sebagai tambahan, teh hijau berguna sebagai probiotik,  makanan bagi bakteri baik dalam usus yang lagi-lagi berkaitan dengan daya tahan tubuh.

6. Teh hijau membantu menjaga kepadatan tulang

Antioksidan pada teh hijau sudah terbukti dapat melindungi tulang dari keropos tulang dan mengurangi risiko patah tulang. Studi yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa konsumsi teh hijau yang cukup dapat membantu kesehatan tulang dengan meningkatkan kualitas dan kekuatan tulang. Studi baru baru ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara makanan yang kaya akan polifenol, seperti teh hijau, dengan osteoporosis. Para ahli menyimpulkan bahwa fenol menjaga kepadatan mineral tulang dengan mencegah kerusakan yang disebabkan oleh oksidan terhadap sel tulang serta mengurangi peradangan yang membantu pertumbuhan tulang.

7. Teh hijau mampu menyeimbangkan kadar gula dalam darah dan mencegah diabetes

Analisis dari 17 studi mengenai hubungan antara teh hijau, kontrol gula darah dan sensitifitas insulin pada manusia menunjukkan hasil yang baik. Teh hijau terbukti membantu mengurangi kadar gula dalam durah dalam kurun waktu 3 bulan.

8. Teh hijau membantu menjaga kesehatan jantung

Selain efek anti-peradangan yang dimiliki serta kemampuan untuk melindungi dari stress oksidan, teh hijau terbukti dapat melindungi jating dengan mengurangi total kolestrol, kadar LDL yang buruk, tekanan darah trigliserida atau biasa disebut lemak dalam darah. Teh hijau juga membantu mencegah oksidasi LDL, sebuah proses yang dapat memicu pengerasan arteri dan penyakit jantung. Konsumsi teh hijau yang tinggi juga berkaitan dengan resiko rendah terkena stroke.

9. Teh hijau melindungi kulit dari penuaan

Riset menunjukkan bahwa polifenol dalam teh hijau melindungi  kulit dari efek sinar ultraviolet (UV). Hal ini membantu melindungi kulit dari penuaan disamping melindungi dari kanker dan juga peradangan. Senyawa dalam teh hijau juga mampu membantu melawan keriput melalui kemampuannya mencegah kerusakan kolagen dan fiber elastis yang mana mencegah kulit kehilangan elastisitasnya.

10. Teh hijau sering dikaitkan dengan umur panjang

Sel-sel yang ada pada orang yang rutin meminum teh hijau secara biologis lebih muda sekitar 5 tahun dari orang-orang yang tidak meminum secara rutin. Riset di Jepang juga menunjukkan bahwa seseorang yang meminum teh hijau secara rutin hidup lebih lama. Di sebuah studi, orang lanjut usia yang meminum teh hijau secara rutin memiliki 76% lebih kecil kemungkinan untuk meninggal dalam masa 6 tahun riset tersebut. 

Hal-hal diatas merupakan 10 manfaat yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsi teh hijau secara rutin. Hidup yang sehat merupakan berawal dari gaya hidup yang sehat, dan itu bisa dimulai dengan mengkonsumsi teh hijau. Mari terus jaga kesehatan kita karena mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel