Kurang Darah? Sebaiknya kamu makan apa?

Daging kita ketahui merupakan makanan yang dapat menambah darah. Namun ada beberapa jenis sayur dan buah yang juga bermanfaat untuk menambah darah. Sel darah merah berfungsi optimal dalam membawa oksigen ke seluruh tubuh, apabila tubuh mendapatkan asupan makanan yang mengandung zat-zat penting untuk memproduksi sel darah merah, termasuk dari sayur dan buah penambah darah.

Anemia atau kurang darah merupakan akibat dari kekurangan sel darah merah. Keluhan yang menyertai Anemia diantaranya dapat berupa lesu, lemas, pusing, jantung berdetak lebih cepat, dan kulit terlihat lebih pucat dari biasanya.

Source: pixabay


Zat-zat Pembentuk Sel Darah


Jumlah sel darah merah tidak boleh kurang agar proses pengantaran oksigen ke seluruh tubuh dapat berjalan dengan baik. Sehingga dalam produksi sel darah diperlukan zat-zat yang penting yaitu:

Zat besi

Zat besi merupakan pembentuk hemoglobin yang terkandung dalam sel darah merah. Hemoglobin ini berfungsi untuk mengikat oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Jika asupan zat besi dalam tubuh kurang, maka jumlah sel darah merah pun akan berkurang kualitasnya dan menyebabkan anemia.
Kebutuhan zat besi dalam sehari, untuk laki-laki sebanyak 8,7 mg dan untuk perempuan dalam masa reproduktif sebanyak 14,8 mg. Sumber zat besi yang diserap tubuh ada dua jenis, yaitu zat besi heme dan non-heme. Zat besi heme terdapat pada daging, ikan, dan unggas. Sedangkan zat besi non-heme terdapat pada makanan nabati seperti kacang-kacangan, sayur-sayuran, dan buah-buahan.

Asam Folat

Asam folat adalah sejenis vitamin B yang dapat larut dalam air. Asam folat bisa didapat dari kacang-kacangan, buah-buahan (lemon, melon, pisang, jeruk, tomat), daging, hati sapi, dan sayur-sayuran (bayam, brokoli).

Vitamin B12

Selain zat besi dan asam folat, pembentukan sel darah merah juga membutuhkan vitamin B12. Vitamin ini bisa diperoleh dari keju, telur, susu, makanan laut, unggas, dan daging.
Apa Saja Sayur dan Buah untuk Penambah Darah?

Kamu tidak perlu cemas kekurangan darah jika cukup dalm mengkonsumsi sayur dan buah penambah darah yang sebenarnya mudah didapat. Berikut ini sayur dan buah yang bisa kamu konsumsi untuk mencukupi kebutuhan produksi sel darah.

  • Bayam

Bayam merupakan sumber zat besi yang baik dalam mencegah anemia. Secangkir bayam yang sudah dimasak dapat mencukupi kebutuhan zat besi sebanyak 6 mg. Zat besi pada bayam yang sudah dimasak lebih mudah diserap tubuh dibandingkan pada bayam yang belum dimasak.

  • Kedelai

Kedelai adalah sumber zat besi yang diperlukan dalam proses metabolisme. Dalam 1,5 cangkir kacang kedelai terdapat 4 mg zat besi. Anda bisa mencukupinya dengan mengonsumsi tempe, tahu, dan susu kedelai.

  • Alpukat

Walaupun alpukat tidak memiliki kadar zat besi yang tinggi, tetapi buah ini mengandung asam folat yang cukup tinggi dan berguna untuk menambah darah. Tugas asam folat dalam tubuh adalah memperbaiki sel-sel yang rusak, termasuk dam pembentukan sel darah merah. Kira-kira setengah cangkir buah alpukat akan mencukupi kebutuhan sebanyak 45 mikrogram asam folat. Laki-laki membutuhkan 400 mikrogram asam folat per hari, sementara perempuan memerlukan sekitar 400-600 mikrogram folat per hari.

  • Pepaya

Buah ini mengandung cukup banyak asam folat. Dalam setengah buah pepaya terkandung 58 mikrogram asam folat. Mengonsumsi pepaya yang dikombinasikan dengan buah-buahan sumber folat lainnya, akan memenuhi kebutuhan folat harian kamu. Dengan demikian, kamu akan terhindar dari anemia.

Kamu tidak perlu lagi cemas mengalami anemia jika mengetahui makanan apa saja yang bisa menambah sel darah merah,. Cobalah lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah penambah darah, baik sebagai hidangan utama maupun sebagai camilan, terutama bagi kamu yang vegetarian dan tidak mendapat asupan zat besi dari sumber makanan hewani. Kamu bisa konsultasikan kebutuhan nutrisi kamu pada dokter ahli gizi jika diperlukan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel