Kenali Ciri Sakit Kepala Karena Penyakit Asam Lambung

Ternyata ada banyak sekali yang tidak tahu, bahwa penyakit lambung memiliki hubungan dengan nyeri dan sakit kepala. Kenali ciri sakit kepala karena penyakit asam lambung yang berbeda dengan gejala penyakit kepala pada biasanya. Banyak dari pasien sakit asam lambung mengabaikan hal ini dan akhirnya mengkonsumsi obat yang salah. 

ciri sakit kepala

Dampak dari mengkonsumsi obat yang salah bisa fatal dan malah bisa memperburuk keadaan, maka dari sekarang harus menambah ilmu dan informasi mengenai hal ini. 

Bagaimana Sakit Kepala Karena Asam Lambung Bisa Terjadi?


Ketika Anda mengalami perut mulas dan dada terasa seperti tertekan atau terbakar, pada saat bersamaan Anda mungkin mengalami asam lambung. Biasanya, setelah mengalami gejala ini beberapa saat kemudian Anda akan merasakan pusing yang tidak biasa. Bagian kepala menjadi sakit, tertekan, hingga rasanya ingin merebahkan diri saja. Jika sudah seperti ini, 80% bisa dikatakan bahwa asam lambung Anda sedang parah.

Asam lambung atau biasa disingkat dengan GERD ternyata ada yang diikuti dengan ciri sakit kepala karena penyakit asam lambung, namun ada pula yang tidak. Ada sebuah fakta yang merupakan sebuah penelitian kuesioner berbasis cross sectional yang mengatakan bahwa, lebih dari 43.000 pasien menderita penyakit ini. Maka, dapat disimpulkan bahwa prevalensi sakit kepala jauh lebih tinggi daripada mereka yang mengalami asam lambung. Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan demi sembuh dari penyakit ini. 

Gejala Asam Lambung yang Harus Anda Ketahui


Untuk mengetahui ciri sakit kepala karena penyakit asam lambung, ada baiknya Anda mengetahui gejala sakit asam lambung terlebih dahulu. Karena, jika tidak ada gejala asam lambung mana mungkin sakit kepala Anda bisa didiagnosa sebagai reaksi dari asam lambung. Berikut ini beberapa gejala sakit asam lambung yang mungkin Anda alami:

1. Produksi air liur berlebih 
Air liur Anda akan diproduksi lebih banyak apabila sakit asam lambung ini sedang kumat. Ketika Anda merasa mual, biasanya saat itulah produksi air liur menjadi lebih banyak dari biasanya dan naik ke tenggorokan.

2. Asam lambung naik ke kepala
Nah, pada proses dari ciri sakit kepala karena penyakit asam lambung inilah yang akhirnya Anda menjadi pusing dikarenakan asam dari lambung yang naik ke kepala. Hal ini terjadi karena ada banyak angina di lambung yang menekan ke dada hingga naik ke kepala. Akhirnya, hal ini mengakibatkan suplai oksigen menjadi lebih sedikit dan menyebabkan kepala menjadi pusing. 

3. Terasa mual dan mulut pahit
Hal ini jika terus Anda biarkan ternyata bisa membuat pernapasan Anda menjadi bau tidak enak. Gejala lain dari asam lambung juga bisa membuat Anda merasakan mual dan mulut pahit. Tak heran jika rasa mual selalu menghampiri Anda saat asam lambung sedang kumat. 

4. Panas pada bagian dada
Kondisi dada menjadi panas dari ciri sakit kepala karena penyakit asam lambung ini, karena produksi asam lambung yang berlebih dan juga iritasi serta tekanan angin yang terus diproduksi ke lambung. Anda akan merasakan pada tulang dada yang sakit akibat dari asam lambung yang naik ke esofagus.

5. Terasa panas dan tidak nyaman saat istirahat
Para penderita asam lambung, seringkali merasa tubuh mereka sangat lelah dan mudah sekali mengantuk. Ternyata rasa kantuk yang dirasakan itu karena asam lambung yang dialami sedang kumat. Untuk meminimalisir keadaan ini, Anda bisa coba dengan konsumsi banyak air hangat dan makan nasi. 

Jika Anda merasakan beberapa saja dari gejala pada ciri sakit kepala. Karena penyakit asam lambung di atas, sudah pasti rasa mual dan perih di kepala yang Anda rasa disebabkan penyakit tersebut.

Tips Mencegah Sakit Kepala Bagi Penderita Asam Lambung


Berikut ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mencegah terjadinya sakit kepala karena asam lambung:

1. Hindari stress
Ketika Anda merasakan stres, maka bersiaplah untuk menanggung rasa sakit di bagian pencernaan dan juga kepala. Karena, kebiasaan mereka saat terkena stres itu adalah tidak makan dan malas-malasan yang mana hak ini memicu mudah terjadi asam lambung. Maka, hindari stres sebisa mungkin walaupun merasa sangat sakit coba untuk tetap konsumsi makanan. 

2. Berobat ke dokter
Jika sudah seringkali mengalami kondisi asam lambung yang naik, lebih baik Anda serahkan kepada dokter. Karena, jika meminta resep dari apoteker dikhawatirkan tidak cocok dengan kondisi tubuh Anda sehingga bisa saja semakin memperparah. 

3. Perhatikan makanan yang dikonsumsi
Mau tidak mau, mereka yang mengalami ciri sakit kepala karena penyakit asam lambung, harus rajin konsumsi nasi dengan lauk yang tepat. Anda sudah bisa mencegah diri dari konsumsi makanan junk food dan siap saji lainnya. Selain itu, atur waktu sarapan, makan siang, dan makan dalam dengan menu yang tepat, sehingga pencernaan Anda semakin sehat. 

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebagai pencegahan dari sakit kepala akibat asam lambung naik. Oleh karena itu, Anda juga harus mengetahui beberapa ciri sakit kepala karena penyakit asam lambung, sehingga dapat melakukan penangan dengan lebih tepat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel