4 Cara Berolahraga yang Mudah bagi Pekerja

Banyak pekerja di Indonesia menghabiskan sebagian besar waktu mereka di kantor. Tidak sedikit pula karyawan yang harus menghabiskan waktu luang untuk bekerja lembur ataupun melakukan aktivitas lain sepulang bekerja. Hal inilah yang akhirnya membuat banyak pekerja harus rela mengorbankan waktu olahraga mereka demi tambahan penghasilan ataupun untuk melakukan hal-hal yang lainnya.

Lalu, apakah seorang pekerja masih bisa berolahraga di sela segala kesibukannya? Nyatanya, tentu saja bisa! Riset dari dua orang professor bernama Lisa Ferguson-Stegall, Ph.D. dan Jennifer Dysterheff Robb, Ph.D. asal Hamline University, Amerika, membuktikan bahwa sejatinya seorang pekerja keras pun bisa untuk berolahraga. Riset yang mereka publikasikan sendiri merupakan riset mengenai cara yang efektif serta efisien untuk aktivitas fisik yang bisa dilakukan sepanjang hari yang mereka temukan melalui 4 cara ini. Berikut adalah 4 cara mudah bagi para pekerja untuk olahraga :

1. Ketika anda bekerja, jangan diam saja!

Mungkin ini terdengar sedikit aneh, tetapi cara pertama yang bisa anda lakukan adalah: bergeraklah! Ya, saya tidak sedang bergurau atau bercanda, tapi anda memang perlu bergerak meskipun ketika anda sedang bekerja. Terutama bagi anda yang bekerja di kantor. Beri sedikit waktu dan ruang bagi tubuh anda untuk bergerak dan otot anda untuk bekerja. Saya mengerti anda harus menghabiskan sebagian besar waktu anda di depan komputer ataupun meja kerja, tetapi itu bukanlah sebuah alasan untuk anda tidak bergerak.


Mungkin anda akan merasa sedikit bingung setelah membaca paragraf sebelumnya, tapi biar saya berikan beberapa contoh bagaimana anda bisa berolahraga dan juga bekerja di waktu yang sama. Pertama, anda bisa mengganti meja kerja tradisional anda dengan meja lain yang memungkinkan anda untuk bisa berolahraga atau setidaknya bergerak seperti meja berdiri, meja dengan peralatan olahraga seperti treadmill, bicycle bahkan elliptical trainer. Anda bisa banyak temui barang-barang ini dijual bebas di toko olahraga ataupun internet. Kedua, anda bisa coba mengganti kursi kantor anda dengan bola fitness atau gym ball. Bola fitness ini bisa sangat membantu anda untuk terus bergerak selagi anda bekerja. Ketiga, anda bisa coba untuk membiasakan diri untuk berdiri dan berjalan mengeliling kantor untuk 1-2 menit, setiap 30 menit. Kebiasaan ini sangat baik untuk anda karena selain membantu anda bergerak, kebiasaan ini juga bisa membantu anda untuk mengenal lingkungan kantor dan juga rekan kerja anda lebih dekat. Selain ketiga contoh diatas, terdapat beberapa contoh untuk anda bisa bergerak seperti lebih sering menggunakan tangga daripada elevator, jalan kaki di waktu istirahat dan bahkan berdiri setiap anda menerima telepon(selama tidak mengganggu rekan kerja anda tentunya).

2. Untuk pergi bekerja, cobalah berjalan kaki atau bersepeda

Bagi anda yang dekat dengan tempat pekerjaan maupun kantor, cobalah untuk berjalan kaki atau bersepeda. Cobalah dengan membiasakan diri mulai dari 1 hari dalam 1 minggu dan terus tingkatkan frekuensi nya secara bertahap. Namun bila anda harus menempuh jarak yang jauh untuk bekerja, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk aktif bergerak saat pergi dan pulang bekerja. Bagi anda yang harus mengendarai mobil, anda bisa coba untuk memarkirkan mobil anda sejauh yang anda bisa. Dengan itu, anda bisa berjalan lebih banyak dari biasanya. Bagi anda yang harus mengendarai kendaraan publik, cobalah untuk berhenti 1 – 2 stasiun pemberhentian lebih awal dan lanjutkan perjalanan anda dengan berjalan kaki atau bila mungkin bersepeda. Tanpa anda sadari, anda sudah melakukan olahraga yang tentunya sangat baik untuk kesehatan anda.

3. Ambil waktu untuk bergerak saat anda beristirahat di rumah

Setelah beragam aktivitas di pekerjaan, anda pasti merasa ingin untuk beristirahat sejenak dari kepenatan di pekerjaan. Mungkin anda akan duduk dan menonton televisi, ataupun berdiam diri dan memainkan telepon genggam anda. Sebenarnya ini bukan hal yang salah, namun duduk dan berdiam diri untuk waktu yang lama tidaklah baik untuk kesehatan anda. Untuk mengatasi hal ini, anda dapat ambil waktu untuk bergerak meskipun dalam waktu istirahat anda. Misalnya, anda bisa coba untuk berdiri dan berjalan mengelilingi rumah atau melakukan olahraga kecil setelah 30 menit menonton TV. Anda juga bisa mecoba untuk berolahraga dengan alat fitness yang ada di rumah sambil melakukan hal yang anda sukai.

4. Gunakan waktu luang atau libur anda untuk berekreasi aktif

Sebagian pekerja memilih untuk menghabiskan waktu liburnya dengan tidur atau beristirahat di rumah, tetapi pernahkah anda berpikir untuk berekreasi di waktu libur anda? Rekreasi bukan hanya mengenai pergi ke taman bermain atau jalan-jalan di wisata alam, tetapi rekreasi juga bisa mengenai hal-hal lain yang bisa mengurangi stress, menaikkan mood dan berkontribusi kepada kesehatan fisik dan mental anda. Kegiatan rekreasi aktif ini bisa berupa mengikuti klub olahraga, bermain badmintion dengan rekan, mengikuti kelas bela diri dan masih banyak hal lain. Kegiatan-kegiatan seperti inilah yang nantinya akan meningkatkan produktivitas anda di tempat bekerja.

Empat cara diatas merupakan cara yang terbaik agar anda bisa berolahraga di tengah-tengah kesibukan anda menurut hasil riset kedua professor tadi. Kedua ahli tersebut juga menganjurkan untuk berolahraga setidaknya 150 sampai 300 menit per minggu untuk menjaga kesehatan. Namun, para ahli menyatakan bahwa angka tersebut adalah angka minimum untuk seorang dewasa. Itu berarti, lebih banyak waktu berolahraga itu lebih baik. 

Demikian artikel yang membahas mengenai empat cara mudah bagi pekerja untuk berolahraga. Tetaplah ingat untuk terus menjaga kesehatan karena mencegah itu jauh lebih baik daripada mengobati. Semoga bermanfaat!

Referensi :
Ferguson-Stegall L, Dysterheft Robb J. Effective strategies to increase physical activity in the working years. ACSM’s Health & Fitness Journal. September-October 2019; 23 (5): 26-33.
https://journals.lww.com/acsm-healthfitness/Fulltext/2019/09000/EFFECTIVE_STRATEGIES_TO_INCREASE_PHYSICAL_ACTIVITY.9.aspx

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel