Inilah Cara Jitu Atasi Rasa Mengantuk di Tempat Kerja

Pernahkah Anda merasa mengantuk di tempat kerja hingga membuat tidak bersemangat? Hal ini cukup banyak dialami oleh mereka yang gagal mendapatkan tidur berkualitas, durasi tidurnya kurang, bekerja dengan sistem shift atau mengalami jet lag. Tentu akan sangat menganggu aktivitas kerja karena ketika mengantuk, semangat pun turun, bahkan hanya untuk bergerak. Karenanya hal itu akan dibahas lebih lanjut dalam ulasan artikel di bawah ini. 

Mengantuk di Tempat Kerja

Tuntutan Jam Tidur 

Jika yang menjadi penyebab utamanya adalah kurang tidur secara durasi, maka tentu jawabannya adalah menambah jam tidur hingga kuantitas yang cukup. Karena memang itu solusi yang efektif supaya tidak mengantuk di tempat kerja. Namun, bagi sebagian orang mungkin tidak sesederhana itu masalahnya. Karena terkadang memang kondisinya sulit untuk tidur dalam durasi cukup, misalkan kerja shift, agenda yang padat, memiliki anak bayi, dan sebagainya. 

Selain kurang secara kuantitas, ada beberapa orang yang mengalami masalah tidur di sisi kualitasnya. Orang tersebut tidak ada kendala terkait waktu, tapi karena memiliki beberapa kebiasaan tertentu atau masalah kesehatan, membuatnya sulit untuk tidur nyenyak di malam hari. Karenanya meskipun ia sudah tidur dengan durasi cukup, tetap mengantuk saat bekerja. Terlebih jika hal ini disebabkan gangguan tidur yang sudah dibiarkan lama, lebih sulit untuk diatasi. 

Cara Supaya Tidur Berkualitas 

Orang yang sudah berusaha untuk meluangkan waktu tidur yang cukup setiap harinya tapi tidak pernah bisa nyenyak, juga bisa mengalami masalah kesehatan. Karena sebenarnya ia sama saja dengan orang yang tidur dengan durasi kurang. Gangguan itu bisa muncul mulai dari sistem kekebalan tubuh yang menurun, menjadi lebih rentan terhadap penyakit, mengalami depresi dan gangguan kesehatan lainnya.  

Supaya tidak mengantuk di tempat kerja, Anda juga perlu memastikan bahwa setiap harinya bisa mendapatkan tidur yang berkualitas. Sehingga dengan begitu tubuh Anda mendapatkan cukup waktu untuk memulihkan kondisi dan beristirahat. Apalagi jika Anda adalah orang yang setiap harinya menjalani aktivitas berat, semakin membutuhkan tidur yang berkualitas. Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba supaya tidur nyenyak:
  • Olahraga 
Sering hal ini diabaikan apalagi jika aktivitasnya cukup padat, dengan alasan bahwa tubuh masih terasa sehat. Bagi Anda yang jarang berolahraga, upayakan untuk meluangkan sekitar 30 menit setiap harinnya untuk berolahraga, terutama untuk olahraga yang cukup berat seperti senam aerobik. Hal ini akan membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih berkualitas. 
  • Tidur ketika dalam kondisi sudah mengantuk 
Terkadang orang menganggap bahwa rasa lelah yang ia alami adalah tanda ia sudah mengantuk, padahal belum tentu. Orang yang mengantuk akan meneteskan air mata ketika menguap dan tubuhnya terasa lemas. Jika Anda sudah merasakannya, segera tinggalkan aktivitas untuk tidur, supaya tidak mengantuk di tempat kerja keesokannya. 
  • Makan Teratur 
Hal ini juga penting dan berpengaruh terhadap kualitas tidur, karena bisa membantu mengatur ritme sirkadian atau jam biologis. Berusahalah untuk sarapan dan makan siang tepat waktu dan tidak makan malam 2-3 jam sebelum Anda tidur. 

Mengatasi Kantuk di Tempat Kerja

Untuk Anda yang sulit mendapatkan tidur cukup atau berkualitas pada malam hari, berikut beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi kantuk ketika bekerja:
  • Tidur Siang 
Ini merupakan cara yang paling efektif untuk digunakan tentunya dengan durasi yang cukup. Anda bisa memanfaatkan waktu istirahat siang di tempat kerja untuk sejenak tidur, tentunya diupayakan agar posisi tubuh cukup rileks. Tidur 10-20 menit saja sudah cukup untuk mengembalikan energi Anda pada jam berikutnya. Karenanya sebisa mungkin menggunakan solusi ini untuk mengatasi rasa mengantuk di tempat kerja. 
  • Mendorong Konsentrasi 
Salah satu hal yang juga bisa memperparah rasa kantuk adalah pekerjaan yang monoton, apalagi jika dilakukan selama berjam-jam. Jika memungkinkan Anda usahakan untuk mengganti dengan aktivitas kerja yang lain, sehingga otak akan tetap dituntut untuk sadar dan konsentrasi. Dengan begitu bisa meminimalisir rasa kantuk datang.
  • Camilan 
Hal ini juga sering digunakan untuk mereka yang sering mengantuk di tempat kerja. Karena dengan makan akan menambah energi dan juga menuntut untuk mulut terus bergerak, sehingga kantuk akan ditekan. Tentunya dengan camilan yang tepat, yakni yang mengandung protein dan tidak terlalu banyak mengandung lemak. 
  • Minum Air Putih 
Hal ini juga bisa membantu menekan rasa kantuk untuk sementara waktu. Karena dengan minum air putih, bisa mensuplai cukup oksigen ke darah dan otak, sehingga kantuk pun akan berkurang. Lebih baik lagi jika minum air yang mengandung banyak oksigen. Selain juga karena dehidrasi bisa menyebabkan kantuk. 
Itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan jika merasa mengantuk di tempat kerja, selamat mencoba!



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel