Waspada! Batuk Berkepanjangan Bisa Jadi Gelaja Dari Penyakit Ini

Beberapa orang mungkin pernah mengalami batuk berkepanjangan yang tak kunjung sembuh. Hal ini mungkin bisa disebabkan oleh banyak factor. Ada yang karena alergi, inkfeksi dan faktor-faktor lainnya yang masing-masing orang biasanya akan berbeda. Hal ini tidak bisa anda sepelekan, karena bisa jadi merupakan gejala dari beberapa penyakit yang jauh lebih berbahaya.

batuk berkepanjangan

Untuk mengetahui apakah batuk yang anda alami berbahaya atau tidak, langkah paling tepat adalah memeriksakan ke dokter jika batuk tersebut sudah anda keluhkan seminggu lebih dan belum ada tanda-tanda akan segera membaik. Dokter biasanya akan memeriksa lebih lanjut untuk mengetahui penyebab batuk berkepanjangan yang anda alami. Jika diperlukan biasanya dokter juga akan menyarankan anda untuk tes darah. 

Sebelum membahas lebih lanjut tentang batuk yang tak kunjung sembuh, ada baiknya anda mengetahui apa saja yang mungkin menyebabkannya. Hal ini untuk menghindari kemungkinan batuk yang anda alami lebih parah dan bisa menjadi pencegah bagi anda yang masih sehat, agar tidak mengalami hal serupa. Berikut ini adalah beberapa penyebab batuk yang tak kunjung sembuh yang perlu anda ketahui. 

Penyebab Batuk Berkepanjangan dan Tak Kunjung Sembuh 


Ada banyak hal yang menyebabkan batuk anda yang anda alami tak kunjung sembuh, salah satunya adalah infeksi virus flu. Hal ini biasanya disebabkan oleh sirkulasi udara tempat tinggal anda yang kurang hiegienis, sehingga menjadi sarang kuman yang menyebabkan batuk berkepanjangan. Oleh sebab itu, memastikan tempat tinggal anda bersih dan memiliki sirkulasi udara yang bagus perlu anda perhatikan.

Selain karena faktor kebersihan, stress juga memicu penyakit batuk yang tak kunjung sembuh. Tekanan dan beban pikiran yang berlebih ternyata berdampak pada gangguan pernapasan hingga tenggorokan. Maka dari itu, jika anda tengah batuk hindari aktivitas yang bisa membuat anda stress yang bisa berdampak pada penyakit anda yang tak kunjung sembuh. 

Kurang minum air putih juga bisa memicu batuk berkepanjangan. Air berperan untuk membantu saluran pernapasan menjadi lebih lancar dan tenggorokan menjadi bersih. Itu sebabnya ketika anda sakit dokter selalu menyarankan untuk mengkonsumsi air lebih banyak. Anda bisa memilih air putih atau jus sebagai pilihan, namun hindari mengkonsumsi alkohol dan minuman berkafein agar tidak memicu penyakit yang lainnya. 

Beberapa Penyakit yang Ditandai dengan Batuk Tak Kunjung Sembuh


1. Pertusis
Pertusis merupakan penyakit menular akibat infeksi bakteri pada paru-paru dan saluran pernapasan. Gejala awal penyakit ini mirip dengan flu yaitu pilek, demam namun dibarengi dengan batuk berkepanjangan. Bila dibiarkan, pertusis bisa berkembang menjadi penyakit yang lebih parah yaitu pneumonia. Penyakit ini bisa diantisipasi dengan vaksin pertusis yang biasanya diberikan sejak anda bayi. 

2. Pneumonia 
Gejala awal pneumonia mirip dengan penyakit pertusis. Hanya saja pada penyakit ini biasa batuk akan menjadi lebih parah pada malam hari. Jika anda mengalami gejala tersebut, ada baiknya segera pergi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Biasanya dokter akan melakukan tes darah dan rontgen untuk memastikannya. Pneumonia biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri pneumonia.

3. Kanker paru-paru
Dalam penelitian yang dipublikasikan oleh Jurnal Chest, sekitar 60 persen kanker paru-paru diawali dengan batuk kronis yang tak kunjung sembuh. Jika anda mengalami batuk lebih dari dua minggu disertai batuk berdarah, suara serak, lendir berwarna dan nyeri dada, maka sebaiknya anda segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat. Penyakit ini tidak hanya mengintai perorok tetapi juga yang tidak merokok sekalipun. 

Terapi Alami Untuk Meredakan Batuk yang Tak Kunjung Sembuh


Mengalami batuk yang tak kunjung sembuh pasti sangat menganggu bagi anda. Untuk menguranginya, anda bisa melakukan beberapa terapi alami berikut ini. Hal yang pertama, perbanyak minum air putih hangat. Air putih hangat membantu melancarkan dahak, sehingga tenggorokan menjadi lebih lega. Kedua, anda bisa memimum pelega tenggorokan seperti air jahe atau air lemon hangat. Kedua minuman ini mengandung senyawa antiperadangan yang bisa meredakan batuk berkepanjangan. 

Ketiga, anda bisa mencoba mandi atau berendam dengan air hangat. Selain membuat rileks otot-otot yang tegang karena batuk, uang yang dihasilkan dari air hangat yang anda hirup mampu melegakan hidung dan tenggorokan. Sehingga mampu mengurai intensitas batuk menjadi lebih ringan. Hal ini disampaikan oleh Giselle Mosnaim seorang ahli alergi di Rush Center. 

Satu lagi yang tak kalah penting adalah anda harus memperhatikan kelembaban dan kebersihan udara yang anda hirup. Udara yang kering dan kotor bisa memicu batuk gejala alergi seperti batuk dan pilek. Maka dari itu, untuk mengurangi rasa sakit dari batuk berkepanjangan, anda bisa melakukan beberapa terapi alami dan meletakkan humidifier untuk menjaga kelembaban udara di rumah anda. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel