Tips Mudah Menjaga Paru-paru Sehat Untuk Perokok Aktif

Setiap orang pasti menginginkan paru-paru sehat yang bisa berfungsi dengan maksimal. Akan tetapi, bagaimana dengan perokok aktif? Bagi sebagian orang, merokok sudah menjadi kebiasaan yang sangat sulit untuk ditinggalkan. Jika telah sampai pada kondisi kecanduan, seseorang bisa mengalami pusing dan gelisah jika sehari saja tidak bisa menghisap asap rokok. Kondisi ini sebenarnya sangat berbahaya karena bisa mengancam nyawa Anda.

Seperti yang kita semua ketahui, asap rokok mengandung zat nikotin yang jika masuk dalam tubuh bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Selain itu, dalam satu batang rokok juga terdapat banyak zat berbahaya lainnya seperti karbon monoksida dan tar yang semuanya berbahaya untuk tubuh.

Zat-zat tersebut jika terlalu sering Anda hirup akan mempengaruhi kesehatan terutama kesehatan paru-paru. Paru-paru sehat yang sering terpapar asap rokok akan kehilangan fungsi secara berkala. Jika tetap dibiarkan kondisi ini bisa mengancam nyawa Anda. Oleh sebab itu, bagi perokok aktif, Anda perlu mulai mempertimbangkan resiko tersebut.

Kandungan Berbahaya Dalam Rokok yang Bisa Merusak Kesehatan Paru-paru

Paru-paru Sehat
Sumber Gambar : pixabay.com


Dalam sebatang rokok terdapat banyak sekali zat berbahaya yang merusak paru-paru sehat. Salah satunya adalah karbon monoksida. Ini merupakan zat beracun yang mengikat sel darah merah, sehingga menyebabkan fungsi otot dan jantung menjadi menurun. Hal inilah yang nantinya bisa menyebabkan rasa pusing, kelelahan, gangguan janin dan juga jantung.

Selain itu, dalam rokok juga terdapat kandungan zat nikotin. Nikotin inilah yang memberikan efek candu, sehingga membuat Anda ingin merokok lagi dan lagi. Jika terlalu banyak terserap oleh tubuh, akan menyebabkan peningkatan tekanan darah, denyut jantung dan juga merusak fungsi paru-paru sehat Anda menjadi tidak maksimal.

Kandungan pada rokok lainnya adalah Tar yang bersifat karsinogenik. Tar yang terhidup oleh perokok aktif akan mengendap di paru-paru. Timbunan tar yang menumpuk bisa menyebabkan beragam penyakit seperti kanker paru-paru dan emfesima. Selain itu, zat ini juga berisiko meningkatkan gangguan kesuburan dan terjadinya diabetes.

Masalah Paru-paru yang Rentan Dialami Perokok Aktif


1. Bronchitis kronis

Paru-paru sehat akan mengalami masalah jika Anda merokok terus menerus. Hal ini bisa menyebabkan gangguan pada bronchitis kronis. Penyakit ini ditandai dengan peradangan pada lapisan tabung bronchial. Peradangan tersebut menyebabkan lendir terlalu lengket hingga akhirnya menghambat aliran udara yang masuk dan keluar dari paru, sehingga bisa menyebabkan sesak napas.

2. Emfisema

Perokok aktif juga sangat berisiko mengalami emfisema jika tidak memperhatikan kesehatan paru-parunya. Pada kondisi ini, kantong udara pada paru-paru sehat telah rusak, melemah dan akhirnya pecah. Hal ini menyebabkan asupan oksigen di paru-paru tidak bisa maksimal, sehingga menyebabkan penderitanya kesulitan bernapas.

3. Kanker paru-paru

Satu lagi masalah kesehatan yang mengancam paru-paru sehat yang sering terpapar asap rokok adalah penyakit kanken. Kanker sendiri merupakan salah satu penyakit mematikan yang bisa menyerang apa saja termasuk paru-paru. Zat berbahaya yang masuk terus menerus ke dalam paru akan merangsang tumbuhnya sel kanker. Jika dibiarkan tanpa penanganan kondisi ini bisa mengancam nyawa Anda.

4. Fertilitas

Selain membahayakan paru-paru sehat, merokok juga memiliki bahaya lain untuk tubuh Anda. Merokok secara berlebihan bisa berpengaruh terhadap organ reproduksi dan kesuburan. Perokok aktif memiliki resiko impotensi, kerusakan sperma dan kanker testis lebih tinggi dibandingkan orang yang tidak merokok.

Terapi Untuk Menjaga Paru-paru Sehat Bagi Perokok Aktif 


1. Mengkonsumsi Jahe

Salah satu cara yang bisa perokok aktif lakukan untuk menjaga paru-paru sehat adalah dengan rutin mengkonsumsi jahe. Rempah-rempah ini memiliki kandungan anti inflamasi yang bisa membersihkan paru-paru kotor. Anda bisa mencampurkannya ke dalam minuman atau makanan untuk mengeluarkan racun-racun dari saluran pernapasan.

2. Konsumsi makanan mengandung omega 3

Selain jahe, makanan yang mengandung omega 3 juga berfungsi untuk menjaga paru-paru sehat. Bagi perokok aktif, Anda harus lebih sering mengkonsumsi brokoli, kacang-kacangan, telur dan semua makanan yang memiliki kandungan omega 3 tinggi untuk membuat paru-paru Anda lebih sehat kembali.

3. Meminum ramuan kunyit

Menjaga paru-paru agar tetap sehat juga bisa Anda lakukan dengan rutin meminum ramuan kunyit. Rempah-rempah ini memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi, yang bisa mendetoksifikasi tubuh dari semua racun termasuk bahaya asap rokok. Dengan mengkonsumsi ramuan ini secara rutin, paru-paru sehat bisa Anda dapatkan lagi.

Itulah ulasan seputar cara menjaga kesehatan paru-paru yang perlu perokok aktif ketahui. Banyaknya kandungan zat berbahaya yang terdapat pada rokok, membuat sangat berbahaya untuk kesehatan terutama paru-paru jika dikonsumsi secara berlebih. Maka dari itu, untuk menjaga agar paru-paru sehat selalu, Anda bisa mengimbanginya dengan melakukan beberapa terapi kesehatan di atas.

Referensi :
-http://www/google.com/amp/s/hellosehat.com/hidup-sehat-/berhenti-merokok/bahaya-merokok-bagi-kesehatan-paru-paru/amp/
-http://alodokter.com/9-kandungan-rokok-yang-berefek-mengerikan-untuk-tubuh-

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel