Kenali Penyebab dan Bahaya Jika Keseringan Meng’klik’ Jari Tangan Kaku

Jari tangan kaku biasanya sering kita rasakan ketika bangun tidur. Jari jemari tangan tiba-tiba menjadi sulit digerakkan atau terkunci pada posisi tertentu, sehingga menjadi tidak nyaman, bahkan bisa terasa menyakitkan. Hal ini disebabkan oleh tendon pada jempol dan jari tangan mengalami peradangan, sehingga membuatnya terasa kaku dan sulit untuk digerakkan.

Tendon adalah jaringan penyambung keras yang menjadi penghubung antara tulang dan otot. Saat jari tangan digerakkan, otot dan tendon pada bagian lengan serta tangan akan meluruskan atau menekuk jari tangan secara bersama-sama. Biasanya kondisi ini dapat berjalan dengan lancar, namun pada saat tertentu, tendon dapat mengalami pembengkakan dan peradangan sehingga membuat jari tangan menjadi kaku.

Kenali Penyebab dan Bahaya Jika Keseringan Meng’klik’ Jari Tangan Kaku

Penyebab Jari Tangan Kaku

Jari tangan yang kaku mungkin dapat disebabkan oleh kurangnya olahraga atau pergerakan jari tangan yang dipaksakan, sehingga membuat jari-jari tangan menjadi kaku dan tidak nyaman ketika digerakkan. Selain itu, ada beberapa hal yang juga dapat menyebabkan jari tangan menjadi kaku. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan mengenai penyebab jari tangan kaku berikut ini.

1. Tidur pada suhu yang sangat dingin
Sebagian besar suka tidur dalam suhu udara dingin dengan menggunakan kipas angin atau AC. Namun, suhu yang terlalu dingin dapat membuat peredaran darah di dalam tubuh selama tidur menjadi terganggu. Inilah yang menjadikan jari tangan terasa kaku saat baru bangun tidur.

2. Menderita rheumatoid arthritis (rematik)
Rheumatoid arthritis adalah radang sendi yang disebabkan oleh gangguan autoimun, dimana sistem kekebalan tubuh justru menyerang jaringan tubuh sendiri. Penyakit ini dapat menyerang sebagian kecil sendi kaki dan tangan, sehingga menjadikan jari kaki dan tangan kaku pada pagi hari dan setelah beraktivitas.

3. Terserang trigger finger
Trigger finger adalah suatu kondisi dimana terjadi pembengkakan pada tendon di jari tangan. Sehingga, jari tangan menjadi kaku dan biasanya menimbulkan rasa sakit.

4. Gangguan pada saraf
Gangguan saraf biasanya berhubungan dengan gangguan pada peredaran darah yang disebabkan karena kekurangan vitamin B, sehingga membuat jari tangan menjadi kaku.

5. Mengalami asam urat
Asam urat merupakan kondisi dimana terjadi pembengkakan pada persendian yang disebabkan oleh zat asam urat yang terlalu banyak di dalam tubuh, sehingga membuat jari tangan menjadi kaku dan tidak nyaman.

6. Mengalami cidera pada tangan
Beberapa cidera seperti jari tangan yang pernah retak atau patah, memar dan bengkak, serta kesleo dapat membuat jari tangan menjadi kaku.

Bahaya Keseringan Meng’klik’ Jari Tangan Kaku

Saat jari tangan kaku, kita seringkali menekuk atau menarik jari hingga mengeluarkan bunyi ‘klik’. Aktivitas ini memang memberikan sensasi relaksasi karena setelah melakukannya jari tangan menjadi lebih nyaman digerakkan. Namun, jika hal ini dapat beresiko, yaitu sendi dan tendon pada jari-jari tangan mengalami keausan, sehingga jika sering di ‘klik’ menjadikan persendian tidak sesuai posisinya hingga rusak.

Pada dasarnya, persendian mengandung cairan dan gas seperti karbondioksida dan nitrogen. Sehingga ketika cairan tersebut tertekan dan menimbulkan dorongan pada persendian, gas akan keluar dan menghasilkan suara ‘klik’. Suara tersebut adalah suara gelembung yang terbentuk dari karbondioksida yang tertekan oleh persendian. Jika keseringan melakukan aktivitas tersebut, maka akan menyebabkan terjadinya hal-hal berikut.

1. Persendian Tangan Mengalami Keausan Hingga Terjadi Peradangan Sendi
Persendian yang mengalami keausan dan tidak segera diobati akan mengakibatkan terjadinya peradangan sendi. Peradangan sendi atau osteoarthritis yang menyerang bagian tangan dapat menyebabkan rasa sakit di tengah sendi jari, di sendi dekat ujung jari, serta di pangkal ibu jari. Sehingga, jari tangan menjadi kaku, bengkak, sakit, bahkan muncul benjolan di sendi jari yang kaku.

2. Pegangan Tangan Akan Melemah
Meregangkan jari tangan hingga menimbulkan bunyi ‘klik’ dapat menjadikan jari-jari tangan mengalami pembengkakan. Hal ini dapat menyebabkan gangguan fungsional pada tangan. Kekuatan pegangan atau genggaman jari tangan akan melemah sebesar kurang lebih seperempat kali dari kekuatan tangan normal. Efeknya mungkin tidak terasa secara langsung, namun dalam jangka panjang anda akan merasakan pegangan tangan anda menjadi lemah.



Cara Mengatasi Jari Tangan Yang Kaku

Berdasarkan berbagai hal yang dapat menyebabkan jari tangan kaku, maka anda dapat mengatasinya tanpa harus meng’klik’ jari tangan anda. Caranya adalah dengan tidur pada suhu ruangan yang cukup hangat, mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin B, mengompres jari tangan yang kaku dengan menggunakan es atau mengkonsumsi obat pereda rematik.

Berbagai cara tersebut dapat anda praktikkan untuk menghilangkan rasa kaku pada jari tangan sehingga dapat digerakkan dengan normal dan terasa nyaman. Sebaiknya anda menghilangkan kebiasaan untuk menekuk dan menarik jari tangan hingga berbunyi ‘klik’ karena dapat beresiko sendi tidak perada pada posisi yang seharusnya. Dengan demikian, permasalahan jari tangan kaku anda akan teratasi tanpa menimbulkan resiko penyakit lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel