Penyebab Rasa Lapar dan Cara Mengatasinya agar Tidak Berlebih

Sebenarnya, penyebab rasa lapar sangatlah banyak dan bermacam-macam, bahkan terkadang lapar muncul tidak menentu. Anda juga mungkin pernah terbangun di tengah malam dikarenakan perut Anda yang tiba-tiba terasa keroncongan. Ternyata hal ini terdapat penjelasan secara ilmiah, mengapa manusia selalu merasakan lapar pada kondisi-kondisi yang tidak terduga.

Penyebab Rasa Lapar

Menurut penelitian, terdapat bagian tertentu dari neuron yang terletak di bagian misterius hipotalamus yang memainkan peran penting dalam mengatur nafsu makan Anda serta berat badan. Temuan terbaru yang diterbitkan pada jurnal Science ini akan mencoba untuk menjelaskan mekanisme saraf regulasi pakan yang masih belum diketahui sebelumnya.

Rasa Lapar Menurut Para Ahli


Pada penelitian ini menawarkan berbagai perspektif baru untuk memahami perubahan selera makan pada hewan tikus untuk mengetahui penyebab rasa lapar. Salah seorang peneliti menyatakan pengetahuan tentang fungsi bagian hipotalamus yang disebut dengan nucleus tuberalis lateralis masih terbilang langka. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hubungan NTL dalam pengaturan nafsu makan serta berat badan, para peneliti pun mengamati perilaku neuron somatostatin (SST) pada NTL menggunakan model tikus. 

Para peneliti menemukan, neuron SST diaktifkan oleh perasaan lapar yang sering terjadi pada malam hari, serta setelah pemberian hormone lapar. Aktivasi selektif serta penonaktifan neuron dilakukan dengan cara menggunakan kedua obat dan optogenetics. Hasilnya yaitu menunjukkan perilaku makan ternyata bisa dikontrol. 

Penghapusan total neuron dilakukan secara keseluruhan juga dapat menghasilkan penurunan asupan makanan harian dan kenaikan berat badan secara bertahap. Selanjutnya, para peneliti mengatakan, neuron SST tersebut diperlukan untuk mengendalikan pola makan sehat serta berat badan manusia.

Alasan Penyebab Rasa Lapar


Rasa lapar dapat muncul dipicu oleh berbagai alasan, misalnya stres, kurang tidur, dan lain-lain. Sebenarnya, rasa mudah lapar tersebuh dapat Anda cegah. Nah, berikut ini beberapa alasan penyebab lapar yang mudah muncul.

1. Tubuh Membutuhkan Makanan
Terkadang, penyebab rasa lapar muncul karena terjadi kekurangan gula darah pada tubuh. Ketika merasa lapar, maka perhatikan apakah keinginan untuk makan muncul dengan cepat atau malah tidak (lama). Rasa lapar yang muncul dengan cepat, maka menandakan tubuh belum membutuhkan makanan. Perasaan lapar tersebut muncul karena suasana hati. Selanjutnya, tanda lapar lainnya yaitu adanya bunyi dari perut ketika Anda lapar. Bunyi tersebutlah yang akan membuktikkan tubuh memang butuh asupan makanan.

2. Kurang Asupan Ketika Sarapan
Penelitian yang dilakukan oleh University of Cambridge membuktikan bahwa, orang yang mengonsumsi 300 kalori pada saat sarapan akan mengalami kenaikan berat badan dua kali lebih tinggi, dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi 500 kalori atau lebih. Hal tersebut dikarenakan rasa kenyang saat sarapan dapat mengurangi naiknya gula darah serta insulin selama sehari. Kurangnya gula darah tersebut akan menyebabkan berkuangnya rasa lapar.

3. Hindari Stres
Ketika Anda merasa stres, maka tubuh Anda akan memproduksi hormon adrenalin serta kortisol. Adrenalin tersebut menimbulkan rasa panik maupun cemas. Ketika hormon tersebut dikeluarkan, maka tubuh akan memerlukan makanan untuk membuat pikiran kembali rileks. Hal yang perlu dilakukan yaitu mulailah mengurangi konsumsi kafein dan sering melatih napas secara rutin, misalnya dengan melakukan yoga, tai chi.

4. Tidak Cukup Tidur
Penyebab rasa lapar berikutnya yaitu tidak cukup tidur. Sebuah penelitian pun membuktikan bahwa, kurangnya waktu tidur dapat mengubah kinerja leptin serta ghrelin, yaitu hormon yang memproduksi rasa kenyang maupun lapar.

5. Tidak Mengonsumsi Cukup Air
Selanjutnya, penyebab rasa lapar yaitu tidak mengonsumsi cukup air atau dehidrasi. Ketika dehidrasi, maka otak yang mengontrol perasaan lapar serta haus dapat menyampaikan pesan rancu. Hal tersebut akan membuatmu berpikir sedang lapar, padahal Anda sedang haus.

Trik Mengatasi Lapar Berlebih


Pernahkah Anda merasa lapar secara terus menerus? Nah, terdapat beberapa trik mengatasi rasa lapar berlebih, diantaranya yaitu:

1. Buat rencana dan tetap fokus
Ketika berencana untuk hidup sehat, maka Anda harus tetap fokus serta disiplin. Anda pun harus mempunyai target dan memberi tenggat waktu supaya selalu termotivasi.

2. Minum teh hijau maupun kopi hitam
Sangat penting bagi Anda untuk merasa kenyang dengan makanan serta minuman yang sehat, supaya tidak makan berlebihan ataupun merasa lapar. Secangkir teh hijau maupun kopi hitam akan membantu Anda dalam menahan rasa lapar. Anda pun dapat memilih kopi tanpa kafein, supaya membuatnya menjadi lebih sehat.

3. Konsumsi lebih banyak kandungan protein
Protein sangatlah bagus untuk membuat Anda merasa kenyang. Dengan mengonsumsi protein, pun akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama, protein tersebut membutuhkan waktu untuk dicerna. Nah, hal ini berguna untuk membangun otot-otot tanpa lemak, serta meningkatkan tingkat metabolisme. Contoh makanan yang memiliki kandungan protein yaitu kacang-kacangan, tahu, dada ayam, dan lain-lain.

4. Wajib sarapan
Sarapan akan membantu Anda merasa kenyang serta berenergi. Secara otomatis pun akan mengurangi keinginan Anda untuk makan dengan porsi yang banyak. Hal ini dapat mengatasi penyebab rasa lapar yang sering Anda alami.

5. Makanlah serat
Serat akan membantu dalam meningkatkan pencernaan sekaligus mencegah penyerapan lemak yang ada pada tubuh, serta membuat Anda tetap merasa kenyang. Makanan yang berserat pun sangat baik untuk usus. Konsumsilah biji-bijian, buah serta sayur dalam menu harian Anda. Hal ini akan membuat Anda akan merasa lebih kenyang dan menyehatkan.

6. Minum air putih
Minumlah air yang banyak terutama apabila Anda merasa lapar lagi. Nah, apabipa Anda melakukannya, maka secara otomatis akan membuat Anda merasakan kenyang serta bebas kalori. Meminum air pun membantu Anda terhindar dari dehidrasi, meningkatkan gerakan usus, mengurangi sembelit, serta baik untuk kulit. 

Itulah penjelasan para ahli mengenai rasa lapar beserta penyebabnya, sehingga kita bisa lebih bijak dalam mengonsumsi makanan dan minuman agar tidak berlebihan. Dengan memperhatikan gaya hidup yang baik, maka Anda juga bisa menjaga kesehatan Anda. Salah satunya dengan memperhatikan penyebab rasa lapar supaya tidak berlebihan dalam mengkonsumsi makanan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel