Selain Kanker Paru-paru, Ini Dampak Buruk Perokok Aktif

Sebagai masyarakat Indonesia pasti kita sudah tidak asing mendengar peringatan bahaya atau dampak buruk perokok aktif. Dari bungkus rokok sendiri tertulis bahwa aktivitas rokok memang sangat berbahaya untuk kesehatan. Namun meskipun sudah dipastikan dapat mengganggu kesehatan tubuh seseorang, aktivitas merokok di Indonesia masih sangat tinggi dan sulit untuk dikurangi bagi para pecandu rokok.

Setiap rokok yang kita hisap meningkatkan resiko untuk terkena penyakit jantung dan kanker paru-paru. Pada sekitar 20% kematian yang disebabkan oleh penyakit tersebut karena kebiasaan merokok. Dampak buruk perokok aktif memang sangat membahayakan bagi kesehatan manusia. Namun sayangnya hal tersebut tidak cukup menjadi alasan orang-orang untuk berhenti merokok.

Namun ternyata rokok tidak hanya memiliki dampak buruk untuk menyebabkan penyakit jantung maupun kanker paru-paru saja. Ada beberapa kelainan atau penyakit lain yang bisa disebabkan akibat kebiasaan merokok aktif. Bagi Anda yang belum tahu, berikut ini kami akan menjelaskan beberapa dampak buruk lainnya yang disebabkan dari aktivitas merokok.

Dampak Buruk Perokok Aktif
Sumber Gambar : pixabay.com


Kandungan pada Rokok yang Berbahaya


Dampak buruk dari aktivitas merokok tidak terlepas dari kandungan di dalam rokok itu sendiri. Lebih dari 4000 bahan kimia terkandung dalam sebatang rokok. Bahkan 60 dari bahan kimia tersebut bisa menyebabkan kanker. Berikut ini beberapa kandungan pada rokok yang bisa menyebabkan dampak buruk perokok aktif:

Karbon monoksida

Zat ini tidak terlihat tapi sering ditemukan pada asap knalpot mobil. Zat tersebut dapat mengikatkan diri pada hemoglobin dalam darah secara permanen sehingga bisa menghalangi suplai oksigen ke seluruh tubuh.

Tar

Jika anda merokok, maka kandungan tar di dalam rokok juga akan ikut terhisap. Zat tersebut dapat mengendap di paru-paru dan menyebabkan kinerja rambut halus yang melapisi paru-paru terganggu. Padahal rambut tersebut berfungsi untuk mendorong kuman dan partikel asing agar keluar dari paru-paru.

Gas oksidan

Kasih ini dapat bereaksi dengan oksigen di mana keberadaannya dalam tubuh bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Benzene

Zat ini ditambahkan ke bahan bakar minyak untuk merusak sel pada tingkat genetik. Zat ini biasanya dikaitkan juga dengan berbagai jenis kanker seperti ginjal dan leukemia.

Itulah beberapa bahan aktif yang terkandung pada rokok yang bisa meningkatkan dampak buruk perokok aktif. Baik pada laki-laki maupun perempuan yang merokok keduanya memiliki risiko tinggi untuk mengidap suatu penyakit akibat aktivitas merokok yang tinggi.

Dampak Buruk Merokok Pada Laki-Laki


Dengan melihat beberapa kandungan berbahaya pada rokok seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada beberapa kemungkinan gangguan yang bisa dialami oleh para perokok aktif. Berikut ini beberapa dampak buruk perokok aktif laki-laki, selain kanker paru-paru dan serangan jantung:

Inkontinensia

Penyakit ini ditandai dengan susah untuk menahan kencing yang dapat terjadi karena kebiasaan merokok. Dampak buruk ini sering tak disadari oleh para perokok. Menurut penelitian pada tahun 2000 menemukan bahwa para perokok aktif 3 kali lebih sering buang air kecil daripada perokok pasif. Rasa ingin buang air kecil tersebut disebabkan karena otot kandung kemih yang tidak bekerja dengan baik sehingga bisa menyebabkan urine keluar begitu saja.

Gangguan Infertilitas

Gangguan infertilitas sebenarnya tidak hanya menyerang pada pria saja, mainkan suka pada wanita yang merokok. Namun resiko ini lebih tinggi mengganggu kualitas infertilitas pada pria sebagai perokok aktif dan berat. Kebiasaan merokok dapat menurunkan kualitas sperma.

Dampak Buruk Merokok pada Wanita


Dampak buruk perokok aktif juga bisa dialami oleh para wanita yang memiliki aktivitas merokok tinggi. Karena aktivitas merokok di Indonesia memang tidak hanya dilakukan oleh para laki-laki saja, melainkan banyak juga wanita yang merokok. Ketahui beberapa dampak buruk merokok pada wanita berikut ini:

Mengalami Gejala PMS Semakin Parah

Bagi wanita yang merokok aktif maka kemungkinan besar akan mengalami gejala PMS yang makin parah. Menurut informasi medis ada sekitar 50% perokok wanita yang mengalami kram perut menjelang masa menstruasinya. Kondisi tersebut bisa berlangsung selama 2 hari atau bahkan lebih.

Memberikan Dampak Buruk Selama Kehamilan

Sebaiknya aktivitas merokok di hentikan selama masa kehamilan karena dapat membahayakan janin yang dikandung. Hal itu karena karbon monoksida sangat mudah untuk diserap jaringan janin. Nikotin juga menyebabkan peningkatan denyut jantung janin. wanita hamil memiliki resiko keguguran hingga 39%, serta kemungkinan masalah lainnya seperti lepasnya plasenta dari dinding Rahim. Plasenta yang menutupi jalan lahir hingga resiko bayi lahir mati.

Dengan mengetahui beberapa dampak buruk merokok seperti yang sudah dijelaskan diatas, seharusnya bisa menjadi kesadaran tersendiri bagi para perokok untuk lebih menjaga kesehatan diri mereka sendiri. Apalagi kemungkinan terburuknya bisa mengalami kanker paru-paru dan serangan penyakit jantung. Demikian itulah penjelasan tentang beberapa dampak buruk perokok aktif, sehingga dapat membuat Anda lebih sadar akan kesehatan dan menjaga tubuh agar tetap sehat.

Referensi :

-https://hellosehat.com/hidup-sehat/berhenti-merokok/dampak-negatif-rokok/
-https://www.alodokter.com/segudang-bahaya-merokok-terhadap-tubuh
-https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/dampak-dari-merokok-pada-penampilan/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel