Ingin Terhindar dari Penyakit Jantung? Inilah Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung adalah salah satu organ tubuh yang paling penting, sehingga menjaga kesehatan jantung harus dilakukan. Anda tentunya sudah tau fungsi dari organ vital yang satu ini. Fungsi jantung amat penting untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Tentunya jantung atau organ vital ini harus Anda jaga agar jantung dapat menjalankan fungsinya dengan tepat.

Menghindari penyakit jantung merupakan keharusan. Penyakit jantung adalah penyakit berbahaya yang dapat menyerang siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Penyakit ini sulit dideteksi, bahkan dokter saja tidak dapat secara pasti mendiagnosis pasiennya mengidap penyakit jantung. Tidak heran bahwa penyakit jatung sering disebut sebagai “silent killer”. Anda tidak tahu gejalanya seperti apa tetapi akan merenggut nyawa anda tiba-tiba. Oleh karena itu, mari kita mulai untuk menjaga kesehatan jantung kita.

Ingin Terhidar dari Penyakit Jantung Inilah Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Mengonsumsi Ikan dan Lebih Banyak Serat

Mengatur pola makan yang sehat merupakan salah satu usaha untuk menjaga kesehatan. Tubuh kita memerlukan asupan gizi yang seimbang agar sehat dan bugar. Termasuk jantung, salah satu organ vital yang harus dijaga juga memerlukan asupan gizi yang seimbang. Salah satunya adalah dengan banyak mengonsumsi ikan. Ikan kaya akan asam lemak omega-3, yang dapat mencegah penyakit jantung. Mengonsumsi ikan minimal 2x seminggu secara terartur dapat mencukupi kebutuhan omega-3 anda. 

Selain banyak mengonsumsi ikan, anda juga dapat mengonsumsi lebih banyak serat untuk menjaga kesehatan jantung. Kebutuhan serat yang tercukupi akan menurunkan risiko penyakit jantung. Kebutuhan serat yang minimal harus tercukupi kurang lebih 30 gram per hari. Serat banyak terdapat pada sayuran, buah-buahan, gandum, sereal, serta  kentang yang dimakan berserta kulitnya. Makanan kaya akan serat mudah untuk ditemukan, sehingga tidak akan kesulitan untuk mencukupi kebutuhan serat bagi tubuh anda. 

Mengurangi Mengonsumsi Makanan Mengandung Lemak Jenuh

Lemak jenuh adalah jenis lemak jahat yang dapat membahayakan kesehatan anda. Lemak jenuh dan juga lemak trans sangat berperan untuk meningkatkan pembentukan kolesterol. Jumlah kolesterol yang berlebih akan menumpuk dalam aliran darah sehingga dapat menyumbat pembuluh arteri jantung. Aliran darah yang tersumbat tentunya akan menghambat kerja jantung dan akan berakibat fatal. Oleh karena itu, kurangilah konsumsi daging merah, gorengan, serta bahan makanan lain yang kaya akan lemak jenuh untuk menjaga kesehatan jantung Anda. 

Menjaga Tekanan Darah Serta Gula Darah

Salah satu cara menjaga kesehatan jantung adalah dengan menjaga tekanan darah. Perlu anda ketahui bahwa tekanan darah yang tinggi akan membuat dinding arteri rusak serta menimbulkan adanya jaringan parut dinding arteri. Darah serta oksigen yang dibawa akan sulit untuk mengalir dan membuat kerja jantung lebih keras. Untuk itu, anda harus selalu menjaga tekanan darah anda dengan rutin berolahraga, mengurangi konsumsi garam serta minuman alkohol, dan mengelola tingkat stres anda. 

Tidak hanya tekanan darah, kondisi gula darah yang tinggi atau diabetes juga akan menimbulkan penyakit jantung. Gula darah yang tinggi akan menimbulkan kerusakan dinding arteri. Rutinlah untuk mengecek kadar gula darah dalam tubuh sehingga anda dapat melakukan tindakan pencegahan. Terlebih bagi anda yang berpotensi memiliki gula darah tinggi seperti ibu hamil, anda dengan usia lebih dari 45 tahun, serta penderita obesitas. Ubahlah gaya hidup anda agar terhindar dari diabetes. 

Menerapkan Pola Hidup Sehat

Menerapkan pola hidup yang sehat dapat menjaga kesehatan jantung anda. Salah satu penerapan pola hidup sehat adalah dengan aktif berkegiatan fisik serta olahraga. Olahraga yang rutin akan membuat timbunan lemak dalam tubuh berkurang termasuk lemak dalam pembuluh darah. Tentunya hal ini akan melancarkan aliran darah dalam arteri jantung. Hal ini akan membuat kerja jantung lebih ringan dan lancar. Minimal anda harus berolahraga 30 menit dalam satu hari.

Bagi anda seorang perokok, tentunya harus menghentikan kebiasaan merokok anda apabila ingin menjaga kesehatan jantung anda. Cara ini merupakan langkah terbaik untuk menghindari penyakit jantung. Merokok menjadi penyebab utama berbagai penyakit termasuk penyakit jantung koroner. Apabila anda berhenti merokok pasti akan mengurangi resiko timbulnya penyakit jantung koroner yang sangat berbahaya ini. Oleh karena itu ada baiknya bagi Anda yang perokok untuk menghentikan kebiasan itu.

Tanpa anda sadari, perubahan kecil saja pada pola hidup anda akan berdampak pada kesehatan jantung. Menerapkan kebiasan-kebiasan hidup sehat akan membuat anda jauh lebih sehat dan bahagia menjalani kegiatan sehari-hari. Tentu anda tidak perlu melakukan cara di atas secara tiba-tiba dan bersamaan. Anda dapat memulainya dengan satu atau dua tahap terlebih dahulu dan rasakan manfaatnya. Mari ubah gaya hidup anda menjadi lebih sehat agar dapat menjaga kesehatan jantung anda.  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel