Inilah Beberapa Kesalahan Kebiasaan Mandi yang Dapat Mengganggu Kesehatan Anda

Tahukah anda beberapa kesalahan kebiasaan mandi yang sering dilakukan masyarakat Indonesia? Terdapat beberapa kebiasaan mandi yang ternyata tidak baik untuk kesehatan anda. Mandi merupakan salah satu kegiatan yang rutin kita lakukan sehari-hari. Tentunya semua orang akan mandi setidaknya dua kali sehari. Mulai dari mandi di waktu pagi sebagai salah satu persiapan sebelum anda beraktivitas. Serta mandi di sore hari, untuk membersihkan tubuh setelah seharian beraktivitas. 

Tujuan mandi yang utama tentunya untuk membersihkan tubuh kita dari segala kotoran dan kuman. Terlepas dari berbagai manfaat dari kegiatan mandi, ternyata terdapat beberapa kesalahan kebiasan yang sering dilakukan saat anda mandi. Kebiasan mandi yang yang tidak tepat justru akan menimbulkan masalah bagi kesehatan anda. Dampak negatif justru akan anda dapatkan apabila terus melakukan kesalahan kebiasaan mandi ini. Oleh karena itu mari kita hindari beberapa kesalahan berikut. 

Inilah Beberapa Kesalahan Kebiasaan Mandi yang Dapat Mengganggu Kesehatan Anda

Mandi Menggunakan Air Panas

Mandi dengan air panas memang akan membuat anda rileks dan nyaman. Terlebih apabila setelah melakukan aktivitas seharian penuh yang melelahkan. Mandi dengan air panas akan membuat tubuh anda lebih rileks melepaskan ketegangan tubuh. Akan tetapi, perlu anda ketahui bahwa terlalu sering mandi dengan air panas merupakan salah satu kesalahan kebiasaan mandi yang harus anda hindari. Mandi dengan air panas akan berdampak negatif apabila dilakukan setiap hari.

Dampak negatif apabila terlalu sering mandi air panas adalah merusak kulit dan kulit kepala anda. Kulit kepala yang sering terpapar air panas akan membuat kulit rambut cepat kering, serta mengikis minyak alami kulit rambut yang akan melembabkan kulit kepala. Air panas juga akan membuat pori-pori kulit anda terbuka lebar. Pori-pori yang terbuka akan membuat kotoran dan kuman bakteri mudah menempel pada kulit anda sehingga menyebabkan anda rentan terserang penyakit. 

Menggunakan Sabun yang Berpewangi

Menggunakan sabun yang berpewangi mungkin akan membuat anda lebih percaya diri karena merasa lebih harum setelah mandi. Akan tetapi menggunakan sabun yang berpewangi adalah salah satu kesalahan kebiasaan mandi. Wangi pada sabun mandi kemungkinan berasal dari bahan kimia. Bahan kimia tersebut akan menyebabkan kulit kering dan mengelupas. Sebaiknya anda menggunakan sabun yang lebih aman yaitu sabun yang memiliki kandungan minyak esensial. Minyak esensial akan membuat kulit lebih lembab. 

Keramas Setiap Hari

Kesalahan kebiasaan mandi yang selanjutnya adalah keramas setiap hari. Mungkin sebagian orang akan merasa lebih bersih saat mandi apabila dibarengi dengan keramas. Mungkin sebagian orang juga berpendapat bahwa keramas setiap hari akan menghindari rambut menjadi berminyak dan lepek. Dibalik semua manfaat keramas, ternyata terdapat dampak negatif apabila anda melakukannya setiap hari. Keramas setiap hari ternyata tidak baik bagi kesehatan kita.

Berkebalikan dengan dampak mandi dengan air panas, keramas setiap hari justru akan membuat rambut lebih lepek dan berminyak. Keramas setiap hari akan membuat produksi minyak lebih banyak sehingga justru membuatnya tampak lepek. Penggunaan sampo yang berlebihan juga akan menghilangkan minyak alami rambut kulit kepala. Kulit kepala akan berkerja ekstra pada keadaan kering untuk dapat memproduksi lebih banyak minyak, agar kulit kepala selalu lembab. 

Menggosok Tubuh dengan Handuk Keras-Keras

Setelah mandi, kegiatan yang dilakukan adalah mengeringkan tubuh dengan menggunakan handuk. Kesalahan kebiasan mandi pada saat mengeringkan tubuh adalah menggosok tubuh dengan keras atau kasar. Menggosok tubuh secara kasar justru dapat menyebabkan rambut di tubuh rontok dan dapat membuat kulit iritasi. Sebaiknya cukup mengeringkan tubuh dengan menempel secara ringan handuk pada bagian tubuh yang akan dikeringkan. Penggunaan handuk yang halus juga akan berpengaruh dalam mencegah kulit iritasi. 

Tidak Mengganti Pouf Mandi

Sensasi mandi yang nyaman dan bersih akan anda rasakan apabila menggunakan pouf mandi. Pouf mandi akan membuat busa yang nyaman untuk menggosok tubuh anda. Selain unsur kenyamanan, menggunakan pouf mandi juga dapat membuat tubuh anda lebih bersih. Pouf dapat menggosok bagian tubuh anda yang tidak terjangkau dan dapat merontokkan kotoran-kotoran yang ada di tubuh anda. Akan tetapi terdapat kesalahan kebiasaan mandi pada penggunaan pouf ini. 

Penggunaan pouf mandi dalam jangka waktu yang lama akan berdampak negatif. Pouf mandi yang tidak anda ganti dalam waktu yang lama akan menjadi sarang bakteri. Bakteri akan cepat berkembang pada pouf mandi karena disimpan dalam keadaan lembab. Sebaiknya anda mengganti pouf sabun mandi setiap empat minggu sekali. Tidak lupa juga membersihkannya sampai benar-benar bersih. 

Itulah beberapa kebiasaan yang salah saat anda mandi. Tentunya anda harus menghindarinya agar terhindar dari dampak negatif yang ditimbulkan. Semua kebiasaan yang salah tersebut tentunya akan berdampak negatif pada kesehatan tubuh anda. Jangan sampai kegiatan mandi yang seharusnya memiliki manfaat untuk tubuh anda, justru mengganggu kesehatan anda apabila selalu mempraktikkan kesalahan kebiasaan mandi ini. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel