Tahukah Anda? Perubahan Warna Lidah Bisa Mengindikasikan Suatu Penyakit!

Saat tubuh seseorang mengalami gangguan atau masalah, biasanya tubuh akan memberikan pertanda yang dapat dirasakan dan dilihat dengan kasat mata, seperti adanya perubahan warna lidah. Lidah seseorang yang sedang mengalami suatu penyakit, biasanya akan berubah warnanya. Setiap jenis warna yang ditunjukkan oleh lidah kita, dapat mengindikasikan berbagai jenis penyakit yang berbeda-beda.

Tahukah Anda, Perubahan Warna Lidah Bisa Mengindikasikan Suatu Penyakit!

Bagaimana Warna Lidah Dapat Mendeteksi Penyakit?

Lidah sendiri merupakan organ tubuh manusia yang memiliki fungsi sebagai indra pengecap makanan. Lidah dapat menunjukkan rasa makanan yang kita konsumsi dan mempengaruhi rasa tersebut apabila sedang tidak dalam kondisi normal atau sehat. Misalnya, rasa makanan yang sebenarnya manis akan menjadi pahit ketika lidah kita sedang terganggu. Sehingga selera makan kita pun akan berkurang.

Selain sebagai indra pengecap, lidah juga dapat mendeteksi adanya gejala atau indikasi suatu penyakit yang sedang dialami oleh tubuh. Secara umum, kita hanya mengetahui bahwa lidah memiliki warna merah muda. Namun, warna lidah tersebut akan berubah karena sebab tertentu. Perubahan warna tersebut biasanya mengindikasikan adanya suatu penyakit. Sehingga anda perlu mewaspadainya jika lidah anda berubah warna.

Warna Lidah Yang Sehat

Seseorang yang memiliki kondisi tubuh yang sehat memiliki lidah berwarna normal, yaitu berwarna merah jambu yang di atasnya terdapat rambut kecil atau kuncup pengecap berwarna putih terang. Lidah yang normal memiliki ketebalan sedang, tidak ada retakan, bisul, ataupun bekas gigitan gigi. Rambut kecil di antara indra pengecap disebut dengan nodul.

Jika anda menyentuk permukaan lidah dengan menggunakan ujung jari, anda akan merasakan nodul kecil yang juga biasa disebut papillae. Pada jari tangan, nodul ini akan terasa sedikit kabur. Hal ini menandakan bahwa lidah anda dalam keadaan yang normal dan sehar, sehingga tubuh anda dapat disimpulkan sedang dalam kondisi yang prima.

Warna Lidah Yang Mengindikasikan Penyakit

Apabila lidah anda berubah dari warna merah jambu menjadi warna lain, maka anda perlu mewaspadainya. Karena biasanya perubahan warna pada lidah ini bisa mengindikasikan adanya suatu penyakit yang sedang menyerang tubuh anda. Berikut beberapa warna lidah yang dapat mendeteksi adanya suatu penyakit pada tubuh yang perlu anda cermati dan waspadai agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.

1. Lidah berwarna putih
Saat lidah berubah warna menjadi putih, biasanya menandakan orang tersebut menderita penyakit tifus, flu atau masalah pencernaan. Tapi jika warna putih ini hanya tipis dan samar, biasanya orang tersebut sedang kekurangan darah. Berbeda dengan lidah bayi, warna putih pada lidah menunjukkan penumpukan susu, tetapi pada kondisi tertentu warna putih ini dapat menunjukkan bahwa bayi tersebut mengalami sariawan.

2. Lidah berwarna kuning
Saat lidah berubah warna menjadi kuning, biasanya menandakan orang tersebut mengalami infeksi bakteri. Jika warna kuning lidah agak kehijauan, maka infeksi bakteri sudah cukup tinggi. Warna ini dapat menunjukkan adanya panas tubuh yang berlebih yang disebabkan oleh rokok, makanan pedas, stres dan alkohol. Sama halnya pada bayi, warna kuning umum terjadi karena bakteri menumpuk pada lidah saat bangun tidur di pagi hari.

3. Lidah berwarna merah
Saat lidah berubah warna menjadi kemerahan, ini menandakan adanya aktivitas panas pada tubuh. Jika lidah berwarna merah hanya pada ujungnya, maka menandakan adanya panas pada jantung. Sementara jika lidah berwarna merah pada bagian kiri atau kanannya, bisa menandakan masalah ginjal dan kandung empedu.

4. Lidah berwarna biru
Saat lidah berubah warna menjadi biru, ini menandakan adanya darah yang dingin atau tidak bergerak. Jika lidah berwarna biru cenderung keunguan, berarti kondiri darah menjadi lebih parah.

5. Lidah berwarna ungu
Saat lidah berubah warna menjadi ungu, ini mengindikasikan adanya aliran darah yang tidak lancar atau demam. Bahkan, jika warna ungunya meliputi seluruh bagian lidah, maka organ dalam tubuh sedang mengalami panas yang cukup tinggi.

6. Lidah berwarna hitam dan berbulu
Saat lidah berubah warna menjadi hitam dan berbulu, ini relatef tidak berbahaya dan tidak bertahan lama. Namun, warna lidah ini tidak sedap dipandang. Penyebabnya adalah bakteri papillae dan kurang bersihnya mulut karena tembakau, obat dan lain-lain. Lidah seperti dapat diatasi hanya dengan menyikat lidah untuk menghilangkan bakteri. 

7. Lidah berwarna cokelat 
Saat lidah berubah warna menjadi cokelat, ini menandakan anda mengalami penyakit melanoma, sehingga anda harus segera memeriksakannnya ke dokter.

8. Lidah berwarna pucat
Lidah yang pucat menandakan darah anda sangat kekurangan hemoglobin, sehingga menjadikan tubuh mudah lelah dan lesu. Bahkan lidah yang berwarna pucat dapat menunjukkan sariawan.

Jika anda melihat perubahan pada lidah dari berwarna merah jambu menjadi warna lain, maka anda dapat mewaspadainya. Untuk itu, anda perlu membaca dan mencermati informasi dalam artikel ini agar anda dapat segera mengetahui jenis penyakit yang anda alami, sehingga penyakit tersebut segera mendapat penanganan yang tepat. Dengan demikian, warna lidah anda efektif untuk mendeteksi adanya penyakit dalam tubuh anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel