Ini Dia Berbagai Manfaat Buah Naga untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Mengetahui manfaat buah naga akan sangat berguna bagi anda. Buah yang cukup populer di Indonesia ini memang memiliki segudang manfaat yang dapat anda rasakan. Sebagai tambahan pengetahuan, buah naga ini disebut juga dengan buah pitaya. Buah naga hanya dapat tumbuh di negara subtropis atau tropis saja, seperti Amerika Serikat atau negara-negara di kawasan Asia. Sesuai dengan namanya, bentuk buah naga bersisik pada seluruh bagian buah menyerupai naga. 

Kepopuleran buah naga semakin naik tidak hanya karena keunikannya tetapi juga manfaatnya yang segudang. Bentuk tanaman yang penuh duri menyerupai kaktus juga menjadi daya tarik tersendiri. Tanaman ini ternyata dikenal sebagai tanaman kaktus yang penuh nutrisi. Mengandung sekitar 60 kalori yang terdiri dari berbagai vitamin serta mineral seperti vitamin C, B1, B2, B3, juga kalsium, zat besi, dan fosfor. Dengan semua kandungan tersebut tentu manfaat buah naga sangat banyak. 

Ini Dia Berbagai Manfaat Buah Naga untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Mencegah Penyakit Kanker

Kandungan buah naga yang cukup bermanfaat untuk mencegah kanker adalah karoten, likopen, dan polifenol. Buah naga banyak mengandung karoten yang terkait dengan beberapa kualitas antikarsinogen dan juga mengurangi jumlah tumor. Selanjutnya kandungan likopen dalam buah naga. Likopen adalah kandungan buah naga yang membuat warnanya merah pekat. Menurut hasil penelitian, mengonsumsi bahan makanan yang kaya akan likopen telah terbukti dapat menurunkan resiko kanker prostat. 

Kandungan lain yang sangat bermanfaat terhadap pencegahan kanker adalah polifenol. Polifenol terletak pada kulit buah naga. Polifenol ini bekerja sebagai afinitas untuk reseptor estrogen, dan mengubah perilaku hormon lain kepada situs reseptor dalam sel. Melalui fungsi inilah, polifenol dapat melindungi tubuh dari beberapa serangan kanker. Tentu saja, manfaat buah naga untuk mencegah kanker tidak hanya dengan banyak mengonsumsi buah naga. Pencegahan kanker juga harus diimbangi dengan olahraga yang teratur. 

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jantung sebagai salah satu organ vital manusia, sehingga harus selalu anda jaga kesehatannya. Kerja jantung sangat berpengaruh terhadap kesehatan manusia. Jantung bekerja sepanjang hayat selama manusia hidup. Detak jantung juga sebagai penanda seseorang dinyatakan hidup atau meninggal. Manusia yang sudah tidak mempunyai denyut jantung maka dinyatakan sudah meninggal dunia. Oleh karena itu jantung sangat penting bagi anda. Anda dapat merasakan manfaat buah naga untuk jantung bila rutin mengonsumsinya.  

Buah naga terbukti dapat mengurangi jumlah kolesterol jahat. Dengan berkurangnya kolesterol jahat, buah naga sekaligus juga dapat meningkatkan jumlah kolesterol baik. Melalui hasil penelitian, buah ini terbukti dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Buah unik ini juga merupakan sumber lemak jenuh tunggal yang dapat menjaga kesehatan hati anda. tidak hanya meningkatkan kesehatan jantung, ternyata buah naga juga dapat meningkatkan kesehatan hati anda. 

Meredakan Batuk dan Asma


Gangguan pernafasan seperti batuk dan juga asma pasti cukup mengganggu anda. Terlebih penyakit asma yang tergolong penyakit sulit untuk disembuhkan. Gangguan pernafasan ini akan mengganggu kegiatan anda sehari-hari. Membuat anda kesulitan bernafas dan merasakan perasaan yang tidak nyaman. Batuk juga demikian, meskipun terglong penyakit ringan. Akan tetapi cukup mengganggu apabila terjadi terus menerus. Batuk dan asma tidak boleh disepelekan, penyakit gangguan pernafaasan ini harus segera ditangani apabila menyerang anda. 

Manfaat buah naga dapat digunakan untuk meredakan sakit batuk dan juga asma. Sebenarnya buah naga ini tidak digunakan untuk pengganti obat. Akan tetapi buah naga dapat menjadi salah satu sarana untuk membantu anda mengurangi penderitaan yang anda rasakan saat batuk dan asama menyerang. Buah naga memiliki cukup banyak jumlah vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda. Sistem kekebalan tubuh yang kuat akan mampu melawan infeksi setiap hari. 

Menurunkan Berat Badan 

Mempunyai berat badan yang ideal mungkin adalah impian semua orang. Maka tidak jarang banyak orang yang berusaha mati-matian untuk dapat menurunkan berat badan agar berat badannya ideal. Apabila anda sedang diet, manfaat buah naga dapat anda rasakan untuk menurunkan berat bdan. Buah naga dapat mengontrol nafsu makan anda, karena kaya akan serat dan juga rendah kalori. Anda akan merasakan kenyang lebih lama apabila mengonsumsinya sehingga dapat menurunkan berat badan. 

Demikian beberapa manfaat dari buah naga yang harus anda ketahui. Masih banyak lagi manfaat yang akan anda dapatkan dari mengonsumsi buah naga ini. Buah yang unik ini tumbuh banyak di Indonesia ini dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan. Kesehatan yang prima pasti menjadi impian semua orang. Buah ini dapat menjadi sarana untuk menghindarkan anda dari berbagai penyakit. Oleh karena itu, ayo konsumsi buah naga dan rasakan manfaat buah naga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel