Wajib Tahu! Inilah Bahaya Terlalu Lama Menatap Layar HP

Sudahkah anda tahu bahaya terlalu lama menatap layar HP? Anda perlu untuk mengetahuinya agar dapat mencegahnya. Di era modern seperti sekarang ini, tentu kebutuhan akan gadget terutama HP semakin tinggi. Hampir mayoritas semua orang dewasa menggunakan HP dalam kesehariannya. Dari pagi hari saat bangun tidur sampai akan menutup mata di malam hari, HP selalu berada di dekat pemiliknya. Tidak jarang anda juga akan merasa hampa apabila tidak membawa handphone. 

Intensitas yang tinggi terhadap penggunaan HP pasti membuat anda melihat layar smartphone anda dalam waktu yang lama. Coba anda hitung berapa jam anda luangkan waktu anda untuk melihat layar HP? Tentu saja tidak mungkin 1 jam atau 2 jam saja, pasti membutuhkan waktu berjam-jam dalam sehari untuk menatap layar handphone. Bahaya terlalu lama menatap layar HP dikemukakan oleh dokter spesialis mata Dr. Richard Shugarman, berikut beberapa bahayanya.

Wajib Tahu! Inilah Bahaya Terlalu Lama Menatap Layar HP

Otak Menjadi Menyusut

Kecanggihan teknologi yang setiap hari selalu berkembang seharusnya disikapi secara bijak. Anda memang perlu mengikuti perkembangan jaman, akan tetapi anda perlu juga membatasi diri. Jangan sampai penggunaan gadget membuat anda terlalu bergantung pada tekonologi. Apalagi hingga membuat anda kecanduan gadget. Bahaya terlalu lama menatap layar HP dapat berpengaruh pada kondisi otak anda. Bagaimana bisa menatap layar handphone dapat mempengaruhi kondisi otak? Berikut kita bahas.

Orang yang kecanduan gadget, cenderung melihat layar HP dalam waktu yang sangat lama. Hal tersebut dapat membuat anda akan mempunyai kecenderungan melakukan aktivitas kognitif. Perubahan anda dapat terlihat dari perubahan beberapa perilaku seperti suka menyendiri, kurang interaksi dan bergau dan suka melamun. Semua kecenderungan tersebut semakin lama terjadi akan berdampak pada kinerja otak yang berkurang kemudian dapat menyebabkan penyusutan otak. Tentu saja hal tersebut harus dihindari,terlebih untuk anak-anak.

Mudah Terbawa Emosi

Bahaya terlalu menatap layar HP juga dapat diamati dari perubahan emosi seseorang. Semua orang pasti memiliki emosi yang bermacam-macam dengan tingkatan yang berbeda. Pengendalian emosi setiap orang juga berbeda-beda. Maka dari itu, setiap orang harus bisa mengontrol emosinya. Masalah yang dihadapi kebanyakan orang saat ini adalah pengendalian emosi. Semakin banyak orang yang mudah terbawa emosi.

Secara tidak sadar perubahan emosi ini merupakan salah satu dampak dari penggunaan gadget yang terlalu lama. Salah satunya perubahan perilaku yang mengarah ke sikap penyendiri, bahkan tertutup dari kehidupan sosial. Semakin lama, kecanduan gadget akan membuat seseorang tidak perduli dengan lingkungan sekitar. Sehingga meningkatkan tingkat egoisme seseorang. Dampak jangka panjangnya membuat seseorang mudah terbawa emosi. Seseorang akan lebih sering marah-marah dan mudah tersinggung dengan penyebab yang sepele. 

Mudah Terkena Sindrom Metabolik

Terlalu lama menatap layar handphone disamping menyebabkan seseorang lupa waktu, juga dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh. Bahaya terlalu menatap layar HP dapat meyebabkan munculnya sindrom metabolik. Sindrom metabolik dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti obesitas, diabetes, hingga tekanan darah tinggi. Tentu saja penyakit-penyakit tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan anda. Dampak terburuknya dapat menyebabkan kematian. Tentu saja anda harus menghindari penyakit-penyakit berbahaya tersebut. Menghindari resiko potensi sindrom metabolik.

Menurut seorang pakar kesehatan Internasional, Victoria L. Dunckley, terlalu lama menatap layar handphone dapat mengganggu metabolisme tubuh. Seseorang yang sudah kecanduan gadget akan menerapkan gaya hidup yang asal-asalan, tidak memperhatikan pola hidup sehat dan makanan sehat, kurang tidur, hingga membuat malas untuk berolahraga dan bergerak. Tidak jarang orang yang kecanduan gadget juga rentan akan stres. Semua gejala-gejala tersebut akan menimbulkan seseorang rentan terkena sindrom metabolik dan berpotensi penyakit mematikan.

Kesehatan Mata Terganggu

Bahaya terlalu lama menatap layar HP pasti berdampak pada kesehatan mata. Sudah menjadi rahasia umum bahwa menatap layar handphone terlalu lama akan merusak mata anda. Berdasarkan penelitian seorang pakar kesehatan, layar handphone mempunyai sinar biru yang dapat merusak retina mata. Tidak perlu berjam-jam untuk dapat merasakan dampak layar HP merusak mata anda. Satu jam saja anda menatap layar handphone sudah dapat membuat otot mata tegang dan mata menjadi kering. 

Solusi yang Dapat Diterapkan

Apabila anda memang membutuhkan menatap layar handphone lama. Terdapat salah satu solusi yang dapat diterapkan, yaitu menerapkan konsep 20-20. Sesudah 20 menit menatap layar handphone anda harus memandang objek lain berjarak 20 meter selama 20 detik. Cara ini sangat ampuh untuk melemaskan otot mata sehingga menyeimbangkan kinerja mata. Selain itu anda perlu untuk membatasi penggunaan HP serta bijak memanfaatkan gadget agar terhindari dari bahaya terlalu lama menatap layar HP

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel