Ini Dia Rutinitas Pagi Hari Sesuai Bentuk Tubuh yang Harus Dipraktikkan

Menetukan rutinitas pagi sesuai bentuk tubuh wajib anda ketahui. Pagi hari sebagai langkah awal sebelum memulai hari haruslah diisi dengan kegiatan yang bermanfaat. Aktivitas yang sehat apabila dilakukan tentu akan bermanfaat baik bagi kesehatan fisik maupun psikis anda. Tidak bermaksud untuk membeda-bedakan, ternyata bentuk tubuh seseorang berpengaruh terhadap aktivitas yang harus anda lakukan di pagi hari. Setiap bentuk tubuh memiliki kebutuhan yang berbeda-beda sesuai kemampuan tubuh masing-masing. 

Tubuh setiap orang mempunyai bentuk yang berbeda-beda. Maka tidak jarang bentuk-bentuk tersebut dikategorikan dalam berbagai jenis. Seperti bentuk buah apel, bentuk jam pasir dan yang lainnya. Akan tetapi pada artikel ini tidak di bahas bentuk tersebut, melainkan istilah yang lebih umum yaitu bentuk kurus, gemuk dan atletik. Setiap bentuk tubuh tersebut ternyata menentukan jenis aktivitas yang cocok dipraktekan. Berikut beberapa rutinitas pagi sesuai bentuk tubuh.

Ini Dia Rutinitas Pagi Hari Sesuai Bentuk Tubuh yang Harus Dipraktikkan

Bentuk Tubuh Kurus

Bentuk tubuh kurus mempunyai ciri-ciri tubuh ramping, terlihat tidak berlemak, tidak jarang bentuk-bentuk tulang terlihat. Biasanya orang yang bertubuh kurus memiliki kesulitan untuk menambah berat badannya. Meskipun berbadan kurus, tidak menutup kemungkinan terdapat timbunan lemak dalam tubuhnya. Ternyata orang yang mempunyai bentuk tubuh kurus menyembunyikan banyak simpanan lemak yang tidak terdeteksi di dalam tubuh. Lemak inilah yang harus anda jaga, jangan sampai membahayakan tubuh anda. Berolahraga tetap dibutuhkan oleh orang bertubuh kurus. 

Rutinitas pagi sesuai bentuk tubuh kurus yang direkomendasikan adalah olahraga ringan seperti jogging. Bentuk tubuh kurus memerlukan aktivitas pagi yang sehat tetapi tidak terlalu berat. Selain jogging, gerakan olahraga yang bertumpu pada kekuatan otot seperti push-up, plank, squat dan lainnya juga dapat dilakukan. Setelah olahraga ringan, konsumsilah makanan sumber karbohidrat dan serat sehat. Orang bertubuh kurus biasanya memiliki proses metabolisme yang cepat, sehingga membutuhkan persediaan energi lebih banyak. 

Bentuk Tubuh Gemuk

Berbeda dengan tubuh kurus yang sulit menambah berat badan, tubuh gemuk justru sangat mudah untuk menambah berat badan. Setelah berat badan naik, tentu akan kesulitan untuk meurunkannya. Tidak jarang hal inilah yang membuat banyak orang bertubuh gemuk yang melakukan diet tetapi tidak berhasil. Orang bertubuh gemuk mempunyai tempat timbunan lemak yang berbeda. Timbunan lemak di sebagian tubuh inilah yang membedakan bentuk-bentuk tubuh gemuk. Olahraga teratur tentu saja harus dilakukan. 

Menjaga tubuh tetap sehat untuk orang bertubuh gemuk adalah dengan mengatur kadar korsitol dalam tubuh. Apa itu korsitol? Korsitol adalah hormon stres yang bertanggung jawab terhadap penyimpanan lemak dalam tubuh. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kadar korsitol tetap aman dan tidak melonjak tinggi. Hormon stres yang tinggi tentu saja ditentukan oleh tingkat stres seseorang. Sehingga anda membutuhkah kegiatan yang tenang dan rilek seperti meditasi di pagi hari.

Rutinitas pagi sesuai bentuk tubuh gemuk adalah meditasi atau yoga di pagi hari. Olahraga ketenangan ini terbukti ampuh untuk menurunkan kadar korsitol dalam tubuh. Tubuh menjadi tenang, rileks dan mengurangi tingkat stres. Hindarilah aktivitas pagi yang melelahkan, justru ini akan meningkatkan produksi korsitol. Sarapan pagi yang dianjurkan untuk tubuh gemuk yaitu makanan sumber protein tinggi dan rendah karbohidrat. Protein yang tinggi akan menjaga tubuh kenyang lebih lama.

Bentuk Tubuh Atletik

Memiliki bentuk tubuh atletik mungkin impian semua orang. Bentuk tubuh atletik atau kekar berbeda dengan bentuk tubuh kurus atau gemuk. Apabila diperumpamakan, tubuh atletik ini letaknya ditengah-tengah antara tubuh kurus dan gemuk. Dapat dikatakan bentuk tubuh dan berat badan untuk tubuh atletik ini merupakan berat badan ideal. Bentuk tubuh atletik memiliki kecenderungan untuk menggunakan kemampuan otot tubuh lebih optimal. Sehingga terkadang mengalami kesulitan untuk mengurangi lemak dalam tubuh. 

Kegiatan rutinitas pagi sesuai bentuk tubuh atletik disarankan tidak langsung melakukan olahraga berat untuk membentuk otot. Lakukanlah olahraga ringan sesuai dengan intensitas kemampuan anda. jangan memaksakan kekuatan otot karena justru akan menimbulkan stres. Stres secara emosional akan berpengaruh pada oto sehingga menghambat pemulihan otot-otot tubuh setelah latihan. Selalu perhatikan kesehatan mental tubuh anda. Sarapan yang cocok adalah camilan sumber protein dan karbohidrat untuk mengoptimalkan pembetukan otot. 

Itulah beberapa penjelasan tetang rutinitas pagi hari sesuai bentuk tubuh. Setiap bentuk tubuh ternyata mempunyai kebutuhan yang berbeda. Akan tetapi pada umumnya kesehatan tubuh juga bergantung pada kesehatan mental seseorang. Oleh karena itu, anda harus berhati-hati dalam mengelola kesehatan mental anda. Tidak terlihat secara kasat mata, tetapi memiliki dampak yang cukup besar terhadap kesehatan anda. Marilah selalu menjaga kesehatan dan mulai melakukan rutinitas pagi sesuai bentuk tubuh anda. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel