Manfaat Kopi Bagi Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui

Sebagian bagi Anda mungkin belum mengetahui manfaat kopi bagi kesehatan. Manfaat yang umum dikenal dari minuman kopi adalah sebagai penambah energi disaat lelah atau mengantuk. Ternyata efek atau manfaat dari kopi itu sendiri tidak hanya itu. Manfaat kopi tidak hanya sekedar untuk penambah energi saja. Masih banyak manfaat lain bagi kesehatan yang bisa Anda rasakan jika mengonsumsi kopi. Walaupun kadar konsumsi kopi tentu saja harus dibatasi, tidak boleh berlebihan.

Minuman kopi merupakan salah satu minuman yang paling populer di dunia. Hampir di seluruh penjuru dunia tersebar berbagai macam varian kopi dengan keunikan masing-masing dan manfaat kopi bagi kesehatan. Tidak terkecuali di Indonesia, kopi banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Minuman kopi disajikan di pagi hari untuk mengawali hari agar lebih semangat menjalani aktivitas. Kopi juga disajikan untuk menemani kegiatan senggang di waktu malam hari, berkumpul bersama kerabat atau teman.

Kopi sendiri memang banyak mengandung bahan-bahan yang bermanfaat untuk kesehatan. Kopi murni yang dikonsumsi tanpa campuran gula atau susu kaya akan antioksidan. Jadi sangat bermanfaat untu menangkal radikal bebas. Selain itu, kandungan lain yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh diantaranya ada riboflavin (vitamin B2), asam pantotenat (vitamin B5), mangan, kalium, natrium, magnesium, dan juga niacin (vitamin B3). Dengan banyaknya kandungan ini, tentu manfaat kopi bagi kesehatan cukup beragam untuk diketahui. 

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan
Sumber Gambar : freeimages.com

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan untuk Mengurangi Resiko Diabetes Tipe2


Manfaat kopi bagi kesehatan yang pertama adalah dapat mengurangi resiko diabetes tipe 2. Manfaat kopi yang satu ini mungkin belum banyak diketahui. Padahal penyakit kronis diabetes tipe 2 ini merupakan salah satu penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Jika Anda sudah difonis menderta diabetes, maka Anda harus selalu menjaga pola hidup Anda agar tidak menaikkan kadar gula darah. Seorang penderita diabetes tentu tidak bisa hidup normal seperti yang manusia lainnya.

Begitu berbahanya penyakit diabetes ini, ternyata dapat dikurangi resikonya dengan mengonsumsi kopi. Hal itu dibuktikan dengan hasil penelitian yang menyebutkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi kopi selama kurang lebih 4 tahun. Memiliki resiko terserang diabetes tipe 2 lebih rendah 11%. Hasil penelitian ini tentu cukup mengejutkan. Minuman kopi yang mungkin, bagi sebagian orang merupakan minuman yang kurang sehat karena mengadung kafein. Ternyata manfaat kopi bagi kesehatan sangat baik untuk tubuh.

Terlepas dari manfaat kopi, Anda tetap harus mengontrol konsumsi kopi. Terlebih jika Anda mengonsumsi kopi dengan campuran gula yang terlalu banyak. Campuran gula terlalu banyak dalam kopi justru bisa menjadi faktor penyebab untuk meningkatkan resiko diabetes tipe 2. Kopi juga bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi resiko penyakit diabetes. Banyak faktor lain yang mempengaruhinya, seperti menjaga pola makan yang sehat atau pola hidup sehat yang harus selalu Anda lakukan.

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan untuk Mengurangi Resiko Depresi


Manfaat kopi bagi kesehatan yang selanjutnya ini juga berdasarka hasil penelitian. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat mengurangi resiko depresi. Depresi ini erat kaitannya dengan kesehatan otak, sehingga keberadaan kopi cukup membantu untuk menjaga kesehatan otak. Sehingga bisa berdampak pula untuk mencegah demensi dan juga stroke. Dalam sekali langkah Anda bisa mendapatkan banyak manfaat untuk kesehatan otak. Mulai dari mengurangi resiko depresi hingga mencegah dimensi dan stroke.

Penelitian yang menunjukkan manfaat kopi bagi kesehatan otak ini menghasilkan data yang cukup menarik. Hasil penelitian menyebutkan bahwa dengan meminum 4 cangkir kopi bisa menurunkan resiko mengalami depresi hingga 20 persen. Tentu saja konsumsi kopi yang dilakukan secara rutin dan juga tanpa campuran bahan lain yang berlebihan. Bahksan disaranakn untuk merasakan manfaat ini, Anda perlu mengonsumsi kopi dengan kadar kafein yang tinggi.   

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan untuk Menurunkan Resiko Penyakit Organ Hati


Manfaat kopi untuk kesehatan ternyata juga bisa dirasakan oleh organ hati. Penyakit organ hati yang cukup mengancam kehidupan manusia adalah sirosis. Sirosis atau pengerasan organ hati cukup berbahaya karena berdampak pada kematian seseorang. Begitu berbahayanya sirosis bagi manusia. Ternyata berdasarkan hasil penelitian, penyakit sirosis dapat diturunkan resikonya hingga 66 persen dengan mengonsumsi kopi. Dengan mengonsumsi dua cangkir kopi setiap harinya, dapat mengurangi resiko sirosis hingga 66 persen.  

Manfaat kopi untuk kesehatan hati lainya diantaranya dapat menurunkan resiko kanker hati, batu empedu, hingga perlemakan hati. Beberapa penyakit berbahaya ternyata bisa dicegah dengan mengonsumsi kopi. Jadi, minuman kopi tidak hanya identik dengan minuman yang tidak sehat. Nyatanya, banyak manfaat yang bisa diambil dari minuman kopi. Namun yang perlu diingat adalah menentapkan batas konsumsi kopi untuk tubuh. Manfaat kopi bagi kesehatan dapat dirasakan jika dikonsumsi dengan kadar yang sesuai. 

Referensi :
- https://www.alodokter.com/potensi-manfaat-kopi-terkandung-di-tiap-kenikmatan-seruputnya 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel