Menjaga Kesehatan Tulang dengan Aktivitas Mudah Sehari-Hari

Menjaga kesehatan tulang menjadi hal yang penting dan wajib ada lakukan. Sudah Anda ketahui jika fungsi tulang bagi tubuh manusia sangat beragam. Mulai dari memberi bentuk pada tubuh, hingga menjadi tumpuan tubuh untuk bisa bergerak dan beraktifitas. Apakah Anda bisa membayangkan jika manusia tidak mempuyai tulang? Tentu tubuh manusia tidak akan sesempurna saat ini. Untuk itu, Anda perlu menjaganya sebagai salah satu wujud rasa syukur. 

Pentingnya menjaga kesehatan tulang ini teryata tidak banyak diketahui. Banyak manusia yang masih acuh tak acuh dengan kesehatan tulang. Sehingga sembarangan menerapkan pola hidup tidak sehat. Jarang berolahraga, malas bergerak, malas berjalan adalah salah satu contoh tindakan yang tidak merawat kesehatan tulang Anda. Sama dengan anggota tubuh yang lainnya. Tulang juga beresiko mengalami berbagai kelainan dan juga gangguan jika tidak dirawat dengan baik.

Masalah umum tentang kesehatan tulang yang sering ditemukan adalah pengeroposan tulang. Jaman dahulu mungkin pengeroposan tulang hanya dialami oleh orang-orang lanjut usia yang memang kesehatan tulangnya sudah menurun. Namun saat ini, tidak sedikit diusia muda yang sudah mengalami pengeroposan tulang. Bagi Anda yang belum mengalaminya, tentu sebisa mungkin harus mencegahnya. Ada banyak aktifitas mudah sehari-hari yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tulang Anda.

Menjaga Kesehatan Tulang
Sumber Gambar : pixabay.com

Banyak Konsumsi Ikan dan Tahu untuk Menjaga Kesehatan Tulang


Menjaga kesehatan tulang dengan cara yang mudah dapat dimulai dengan menjaga pola makan yang sehat. Makanan yang Anda konsumsi juga bisa berpengaruh terhadap kesehatan tulang Anda. Jenis bahan makanan yang bisa Anda konsumsi untuk kesehatan tulang adalah ikan dan tahu. Kedua bahan makanan ini dipercaya dapat meningkatkan kesehatan tulang. Sehingga mencegah segala kelainan atau penyakit pada tulan Anda.

Ikan yang tinggi protein dan juga asam amino, tidak hanya baik untuk kesehatan otak saja. Ikan juga ternyata sangat baik digunakan untuk memelihara kesehatan tulang Anda. Berbagai jenis ikan laut mengandung bahan aktif yang baik untuk kesehatan tulang. Dalam 3 ons ikan salmon matang saja, mengandung 447 IU yang baik untuk kesehatan tubuh. Dalam ikan tuna kalengan juga mengandung 154 IU. Dan banyak jenis ikan lain yang bermanfaat.

Tahu juga sangat bagus dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tulang. Di dalam tahu terdapat kandung berupa isoflavon. Isoflavon ini termasuk bahan kimia yang dihasilkan oleh tanaman, salah satunya dari kedelai. Isoflavon ini memiliki efek serupa dengan hormon estrogen pada manusia. Padahal estrogen ini sangat membantu untuk melindungi tulang dari osteoporosis. Jadi, sangat jelas jika tahu atau oalhan kedelai alami bisa untuk melindungi tulang dari bahaya osteoporosis.

Manfaatkan Sinar Matahari untuk Menjaga Kesehatan Tulang 


Tentu Anda sudah mengetahui jika sinar matahari adalah salah satu penyedia vitamin D yang sangat diperukan oleh tulang. Melalui paparan sinar matahari, dapat membuat kulit manusia untuk membentuk vitamin D. Sedangkan vitamin D ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan tulang agar selalu kuat dan kokoh. Jika Anda menginginkan tulang dan kulit yang sehat, Anda perlu rajin berjemur untuk mendapatkan vitamin D yang lebih banyak. 

Meskipun sinar matahari sangat bermanfaat, tetapi selalu terpapar sinar matahari juga tidak diperbolehkan. Sinar matahari di siang hari nyatanya cuku berbahaya bagi kesehatan kulit. Terlebih dengan bahaya sinar UV yang bisa menyebabkan kanker kulit. Waktu berjemur yang disarankan untuk memperoleh manfaat sinar matahari adalah diwaktu pagi hari dan sore hari. Jadi manfaatkanlah sinar matahari di pagi dan sore hari untuk merawat kesehatan tulang Anda.  

Aktif Bergerak untuk Menjaga Kesehatan Tulang


Salah satu cara yang tergolong ampuh untuk menjaga kesehatan tulang adalah dengan aktif bergerak. Aktif bergerak salah satunya dapat dwujudkna dengan melakukan berbagai permainan olahraga yang seru. Mengapa ditekankan kata seru? Dengan permainan olahraga yang seru, maka Anda akan lebih semangat dalam melakukannya. Tanpa rasa terpaksa dan juga tertekan. Lakukanlah kegiatan olahraga sesuai kegemaran Anda, yang penting Anda aktif bergerak. Sehingga tulang Anda terlibat dalam aktifitas fisik yang menyehatkan.

Selain berolahraga, Anda juga bisa aktif bergerak dengan menari untuk menjaga kesehatan tulang. Menari ini jika rutin dilakukan ternyata bisa meningkatkan kepadatan tulang. Tidak hanya aktivitas fisik saja, Anda juga bisa melakukan olahraga yoga. Olahraga yoga ini juga mampu untuk menurunkan resiko pengeorposan tulang atau osteoporosis. Dengan olahraga yoga juga bisa membuat Anda rileks dan tenang. Perasaan yang tenang tentu akan berdampak positif untuk kesehatan tubuh.

Merawat kesehatan tulang adalah kewajiban semua orang. Tulang tentu saja merupakan organ tubuh penting yang perlu Anda jaga. Tulang yang sehat adalah aset berharga yang bisa Anda rasakan kelak disaat usia senja. Jadi lindungilah tulang Anda sejak dini agar tidak menyesal dikemudian hari. Tidak ada kata terlambat untuk menjaga kesehatan tulang Anda yang penting ada kemauan untuk berubah. 

Referensi :

- https://m.klikdokter.com/amp/3625953/8-cara-mudah-untuk-menjaga-kesehatan-tulang 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel