Kebiasaan-kebiasaan Ini Ternyata Dapat Menjadi Penyebab Kelainan Tulang Skoliosis

Penyebab kelainan tulang skoliosis ternyata dapat disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan buruk yang anda lakukan sehari-hari. Penyakit skoliosis adalah kelainan pada tulang belakang manusia yang melengkung ke samping. Jadi tulang belakang yang tidak seharusnya melengkung ke samping, karena kebiasaan yang sering dilakukan dan dalam waktu yang lama sehingga dapat mengalami kelainan melengkung ke samping tersebut. 

Menderita skoliosis tentu akan sangat mempengaruhi penampilan serta cara jalan anda. Postur tubuh anda akan berubah karena kelainan skoliosis ini. Semua orang tentu tidak ingin dirinya mengalami kelainan tulang belakang seperti skoliosis. Untuk itu anda perlu untuk menghindari hal-hal yang dapat menjadi penyebab kelainan tulang skoliosis. Selain karena faktor genetik atau bawaan, skoliosis juga dapat disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari yang tidak benar. Seperti kebiasaan duduk, cara jalan, atau tidur. 

Penyebab kelainan tulang skoliosis
Canva.com

Duduk Menyilangkan Kaki


Kebiasaan sehari-hari penyebab kelainan tulang skoliosis yang pertama duduk menyilangkan kaki. Kebiasaan ini biasanya banyak dilakukan oleh kaum perempuan. Kebiasaan ini ternyata dapat memicu skoliosis. Mengapa demikian? Hal itu karena saat duduk menyilangkan kaki, posisi tulang punggung berputar dari posisi seharusnya. Apalagi jika kegiatan duduk menyilangkan kaki ini dilakukan terus menerus dalam waktu yang lama. Peluang mengalami skoliosis sangat besar.

Duduk menyilangkan kaki bagi sebagian perempuan memang menjadi posisi duduk yang nyaman. Dari segi sopan santun, duduk menyilangkan kaki juga memperihatkan sisi santun dan anggun dari pelakunya. Namun secara kesehatan, gerakan tersebut tidak baik untuk kesehatan anda. Hal itu juga disampaikan oleh Labana, seorang ahli tulang yang fokus mempelajari tentang kesehatan tulang. Beliau sependapat bahwa duduk menyilagkan kaki tidak baik untuk kesehatan tulang belakang anda. 

Menduduki Dompet yang Ada di Saku


Apabila pada pembahasan sebelumnya sering dilakukan kaum perempuan. Penyebab kelainan tulang skoliosis yang selanjutnya sering dilakuan oleh kaum pria. Kebiasaan itu adalah menduduki dompet yang ada di saku celana belakang. Sebagian pria menyukai hal-hal yang simpel dan tidak merepotkan. Contoh hal yang merepotkan adalah membawa tas. Tidak heran jika banyak kaum pria yang lebih suka tidak membawa tas. Cukup membawa dompet dan hape yang diletakkan di saku celana.

Duduk dengan dompet yang tebal di saku celana bagian belakang dapat menyebabkan skoliosis. Hal itu karena kebiasaan ini dapat menggeser posisi tulang punggung dan dapat menekan poisi tulang punggu yang lain. Meskipun hanya beberapa senti saja ketebalan dompet yang anda duduki, dapat menyebabkan punggung sakit. Posisi pantat yang lebih naik dibanding posisi pantat sebelahnya dalam waktu yang lama akan membuat punggung sakit dan memicu skoliosis.

Menulis Sambil Tiduran


Menulis sambil tiduran di meja memang posisi yang nyaman. Kebiasaan ini juga banyak dilakukan oleh para pelajar Indonesia. Padahal nyatanya kebiasaan ini dapat menjadi penyebab kelainan tulang skoliosis. Dengan posisi seperti itu dan dilakukan dalam kurun waktu yang lama akan membuat tulang belakang anda tidak lurus. Ruas-ruas tulang belakang akan bergeser  satu sama lain. Sehingga sangat berpotensi untuk mengalami kelainan tulang skoliosis. 

Tulang belakang akan miring ke samping dan secara tidak sadar postur tubuh anda akan menyesuaikan bentuk tulang belakang anda yang baru. Baik saat duduk, berdiri, atau tiduran bentuk tubuh anda akan melengkung ke samping. Apabila anda tidk menginginkan hal tersebut terjadi, maka lebih baik anda menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut. Agar terhindar dari kelainan tulang skoliosis. 

Membawa Beban Berat


Membawa beban berat juga sangat berpotensi untuk membuat anda mengalami kelainan tulang skoliosis. Punggung anda tentu akan sakit jika terlalu banyak menahan beban yang terlalu berat. Apalagi jika beban berat tersebut hanya dibebankan pada salah satu punggung saja. Kebiasaan tersebt dapat menjadi penyebab kelainan tulang skoliosis. Contoh kebiasaan tidak sehat ini adalah membawa tas hanya pada satu punggung saja. 

Membebankan tas hanya pada satu sisi punggung banyak dilakukan baik oleh laki-laki atau perempuan. Pada perempuan, banyak model tas perempuan yang membebankan pada satu sisi punggung saja. Pada laki-laki, kebiasaan membebankan tas pada satu punggung juga sering dilakukan. Penggunaan tas selempang atau model tote bag dalam waktu yang lama dan dengan beban yang berat dapat membuat tulang punggung anda bergeser dari tempatnya.  

Demikian beberapa kebiasaan buruk yang harus anda hindari agar tidak mengalami kelainan tulang skoliosis. Tulang belakang anda adalah aset berharga yang harus anda jaga. Tulang belakang adalah penopang utama tubuh anda. Jadi apabila terdapat kelainan pada tulang belakang, tentu akan mempengaruhi banyak hal dalam sistem tubuh anda. Penting sekali bagi anda untuk menghindari penyebab kelainan tulang skoliosis, agar tubuh anda lebih sehat dan bugar.

Sumber : http://awalbros.com/category/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel