Ini Penyebab Munculnya Rasa Lemas dan Mual, Serta Cara Pencegahannya

Jika anda mengalami lemas dan mual sudah tentu akan mengganggu aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Sudah menjadi keharusan kita harus memiliki tubuh yang prima supaya segala bentuk aktivitas dapat dilakukan dengan baik. Namun, jika kita merasakan lemas ditambah mual, maka akan membuat semakin malas untuk melakukan aktivitas secara normal seperti biasanya.

lemas dan mual

Merasakan lemas dan mual pada setiap orang bisa jadi disebabkan oleh masalah yang berbeda-beda. Tapi yang pasti ketika rasa lemas sudah menjalar ke tubuh, maka akan menyebabkan kita tidak bisa menjalani aktivitas dengan baik. Terlebih jika rasa lemas tersebut disertai rasa mual, kita akan semakin tidak berdaya untuk menjalani aktivitas sehari-hari. 

Penyebab Munculnya Rasa Lemas dan Mual 


Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, setiap orang yang merasakan lemas atau mual tidak mesti diakibatkan oleh satu masalah yang sama. Tetapi banyak sebab, yang memungkinkan anda mengalami rasa lemas serta mual tersebut. Jika anda sedang mencari penyebab dari kedua gejala tersebut, mungkin dengan menyimak tulisan ini bisa menemukan jawabannya.

  • Hipoglikemia
Hipoglikemia merupakan penyakit yang disebabkan oleh kadar gula dalam tubuh terlalu rendah. Jika kadar gula dalam tubuh terlalu rendah dapat berakibat pada munculnya lemas serta mual. Oleh sebab itu, anda harus memastikan bahwa kadar gula dalam tubuh anda ada pada jumlah yang ideal. Pastikan memiliki pola makan yang teratur untuk menghindari hipoglikemia.
  • Kelelahan
Kelelahan karena terlalu bersemangat untuk mengerjakan suatu hal bisa barakibat pada rasa lemas pada tubuh. Jika terus dipaksakan anda juga bisa merasakan mual karena terlalu lelah bekerja, sehingga tidak menyadari perut anda membutuhkan asupan makanan. Jika rasa lemas dan mual telah dirasakan menjadi satu, bisa berdampak pada hal lain yakni menjadi rasa pusing.
  • Diet rendah Karbohidrat dan Kurang Makan
Karbohidrat merupakan salah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Banyak orang yang kini melakukan diet karbohidrat agar dapat menurunkan berat badan secara drastis. Padahal hal ini tentu sudah sangat salah dan berpotensi menyebabkan rasa mual serta lemas. Karena biasanya program diet juga diiring dengan rendahnya makanan yang masuk kedalam tubuh. Sehingga membuat tubuh kekurangan energi untuk melakukan aktivitas.
  • Gastritis
Apa itu gastritis? Gastritis merupakan kondisi dimana dinding lambung mengalami infeksi. Hal ini biasanya terjadi karena pola makan yang dilakukan oleh penderitanya sangatlah buruk, selain karena terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas dan asam. Para penderita gastritis akan meraskan lemas dan mual yang cukup hebat sakit yang disebabkan oleh infeksi pada dinding lambung yang merupakan tempat mengolah makanan.

Pengobatan yang Bisa Dilakukan 


Saat anda merasakan gejala sakit seperti penyakit yang telah dijelaskan pada sub pembahasan sebelumnya. Anda bisa melakukan langkah pengobatan dengan mengonsumsi obat antasida, obat ini dikenal mampu meredakan rasa mual yang anda alami pada perut. Biasanya rasa mual tersebut bisa menyebabkan rasa lemas pada tubuh juga turut dirasakan oleh anda.

Selain dengan mengonsumsi antasida, untuk meredakan rasa lemas maupun mual pada tubuh. Anda juga bisa melakukannya dengan mengonsumsi obat-obatan yang memiliki sifat menambah stamina untuk mengatasi masalah tubuh lemas. Selain dengan pengobatan, kami sarankan anda juga menjaga tubuh dengan mengonsumsi makanan yang dapat menjaga tubuh seperti penjelasan dibawah ini.

Cara yang Bisa Dilakukan Supaya Tubuh Tetap Fit dan Prima


  • Mengonsumsi Makanan yang Baik untuk Tubuh

Supaya anda bisa terhindar dari masalah lemas dan mual yang disebabkan dari berbagai macam hal seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya. Anda harus rajin mengonsumsi berbagai jenis makanan yang baik untuk tubuh. Pilihlah makanan yang memberikan banyak tenaga untuk tubuh, yakni jenis makanan yang memiliki karbohidrat tinggi seperti nasi, kentang, atau gandum.

Selain itu, anda juga harus mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin dan mineral. Makanlah jenis buah-buahan yang terkenal memiliki banyak vitamin, sehingga anda bisa terhindar dari masalah lemas dan mual yang kerap menghampiri orang-orang kekurangan vitamin. Sedangkan untuk mencukupi kebutuhan mineral dalam tubuh anda bisa melakukan dengan cara meminum air putih.

Meminum air putih dengan takaran 8 gelas setiap hari diyakini mampu mencukupi kebutuhan air didalam tubuh. Sehingga tubuh akan tetap fit dan bugar dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Kemudian yang tidak kalah penting, anda juga harus sering mengkonsumsi ikan. Dengan memakan ikan, akan membuat tubuh anda semakin sehat dan dapat terhindar dari rasa lemas dan mual.

  • Berolahraga dan Istirahat Cukup

Supaya tubuh anda terhindar dari rasa lemas atau mual, anda bisa mencegahnya dengan cara rajin berolahraga. Banyak kegiatan olahraga yang bisa anda lakukan tanpa membutuhkan biaya, misalnya dengan berlari. Selain berolahraga, anda juga harus mencukupi kebutuhan istirahat yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan dan terhindar dari rasa lemas.

Maka dari itu, untuk mencegah tubuh lemas atau mual dalam kegiatan sehari-hari, Anda bisa mengikuti beberapa tips-tips di atas. Selain itu, Anda juga harus mengetahui penyebab timbulnya rasa lemas dan mual dengan baik, supaya Anda bisa mengatasinya dengan baik.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel