Inilah Tips Untuk Mencegah Kolesterol Saat Hari Raya

Mencegah kolesterol saat hari raya agar tidak tinggi? Tentu saja hal ini merupakan hal penting yang harus anda lakukan. Sebab kolesterol yang berlebihan bisa mengakibatkan berbagai macam penyakit berbahaya hinggap ke tubuh anda dan juga bisa menyumbat pembuluh darah anda. beberapa penyakit berbahaya yang bisa muncul karena kolesterol misalnya saja stroke, jantung, dan yang lainnya.

Menu makanan yang dihidangkan saat hari raya memang terlihat kezat semuanya dan juga membuat anda ingin mengonsumsi semua jenis makanan yang disajikan untuk anda. Seperti sate ayam, sate kambing, rendang, opor ayam, sambal goreng ati, dan lain sebagainya. Semua jenis makanan tersebut mengandung tinggi kolesterol dan tentunya membahayakan tubuh anda serta membuat tubuh jadi tidak sehat.

Saat hari raya, memang semua jenis makanan yang mengandung tinggi kolesterol tersebut selalu anda konsumsi. Untuk itu anda juga harus bisa mencegah kolesterol saat hari raya dengan mengurangi atau menghindari makanan yang mengandung tinggi kolesterol. Anda bisa melakukan beberapa hal untuk bisa mencegah tingginya kolesterol dan melakukan cara untuk bisa menetralkan kolesterol dalam tubuh anda.

Mencegah kolesterol saat hari raya
Unsplash.com

Hindari Makanan Tinggi Kolesterol


Untuk bisa mencegah kolesterol saat hari raya maka anda bisa menghindari makanan yang mengandung tinggi kolesterol. Misalnya saja anda menghindari mengonsumsi makanan daging yang mengandung banyak lemak. Saat hari raya, anda bisa mengonsumsi makanan olahan daging, namun hindari mengonsumsi daging berlemak sebab bisa menaikkan kolesterol dalam tubuh anda. Selain itu juga hindari mengonsumsi kulit ayam.

Sebagian besar orang pasti suka mengonsumsi kulit ayam, apalagi jika digoreng atau jika dijadikan sate. Namun kulit ayam juga mengandung tinggi kolesterol dan sebaiknya jangan dikonsumsi. Saat lebaran, memang makanan yang mengandung santan merupakan makanan yang wajib ada untuk dihidangkan. Jika anda ingin mengonsumsi makanan berkuah santan, maka jangan mengambil kuahnya dan anda bisa ambil ampasnya.

Jangan mengambil santan untuk kuahnya. Selanjutnya anda juga harus menghindari minuman manis atau minuman dengan soda. Sebab minuman tersebut mengandung tinggi gula. Akan lebih baik jika anda mengonsumsi air putih yang banyak. Jangan melupakan untuk mengonsumsi sayuran untuk pendamping makanan saat hari raya. Jika anda mengonsumsi makanan sehat, maka bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Mencegah Kolesterol Saat Hari Raya


Ketika anda akan mengolah daging atau jenis makanan yang lainnya, maka akan lebih baik jika anda menggunakan minyak zaitun untuk pengganti minyak yang ada pakai memasak. Cara ini cukup tepat untuk mencegah kolesterol saat hari raya sebab minyak zaitun bisa mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh anda sampai kurang lebih 15 persen. Minyak zaitun mengandung antioksidan.

Selain itu juga anda bisa mengonsumsi kacang untuk camilan anda guna mencegah kolesterol supaya tidak terlalu tinggi. Namun anda juga harus berhati-hati, sebab kacang juga mengandung tinggi kalori. Untuk mencegah kolesterol, maka anda juga harus menggunakan bumbu atau rmpah yang cukup banyak dalam masakan anda, misalnya saja lada hitam, bawang putih, jahe, dan kayu manis.

Menu makanan saat hari raya, akan lebih baik jika anda mengonsumsi banyak serat untuk makanan pendamping guna mencegah kolesterol saat hari raya. Jenis makana yang mengandung tinggi serat misalnya saja biji-bijian, kacang-kacangan, dan juga buah-buahan. Selain itu anda juga mengonsumsi ikan yang mengandung omega 3 guna mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, misalnysa saja salmon, tuna.

Menetralkan Kolesterol Saat Hari Raya


Salah satu cara mencegah kolesterol saat hari raya ialah anda harus bisa menetralkan kadar kolesterol yang ada dalam tubuh anda dengan mengonsumsi minuman seperti jahe. Jahe memang terkenal bisa membantu mengatasi berbagai macam penyakit misalnya saja diare, mual, bahkan asma. Namun jahe juga bisa membantu untuk menurunkan kadar kolesterol dan mencegah penyempitan pembuluh darah.

Selain jahe, buah yang bisa membantu menetralkan kolesterol dalam tubuh ialah apel dan delima. Kandungan pektin dalam apel bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Apel juga mengandung polifenol yaitu antioksidan yang terdapat di apel untuk bisa melambatkan oksidasi kolesterol jahat. Selain apel ada buah delima yang bisa membantu menurunkan kolesterol dalam darah.

Kandungan fitosterol dalam delima bisa memperlambat penyerapak kolesterol dan bisa meningkatkan garam empedu keluar. Jika garam empedu keluar, maka kolesterol yang ada dalam darah dan juga hati juga bisa berkurang. Sebab garam empedu bahan dasarnya ialah kolesterol. Anda bisa mengolah buah apel dan delima sebagai jus yang nikmat diminum.

Mengonsumsi teh hijau bukan hanya bisa membantu menurunkan berat badan saja, melainkan juga bisa menurunkan kolesterol. Teh hijau mengandung flavanoid atau katekin yang bisa mengurangi penyerapan kolesterol dalam tubuh. Selain itu juga bisa membuang kolesterol melalui feses. Anda bisa mencegah kolesterol saat hari raya dengan mengonsumsi makanan sehat dan menetralkan dengan minuman sehat tersebut.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel