Tips Makan Sehat Saat Hari Raya Idul Fitri Tiba

Tips makan sehat saat hari raya Idul Fitri wajib anda ikuti agar kesehatan tubuh anda dapat terjaga. Untuk mengendalikan keinginan makan anda saat hari raya Idul Fitri memang sulit. Terlebih sebelumnya anda sudah menjalankan ibadah puasa selama 30 hari. Anda tidak dapat makan dan minum sembarangan selama satu bulan. Oleh karena itu saat hari raya Idul Fitri tiba, keinginan untuk makan berbagai macam makanan pasti muncul.  

Masalah yang akan dihadapi saat hari raya Idul Fitri adalah tawaran makanan saat anda berkunjung ke rumah saudara atau kerabat. Hampir semua rumah yang dikunjungi pasti menawarkan makanan dan minuman yang beraneka ragam. Belum lagi makanan berat dengan berbagai lemak yang anda konsumsi. Untuk itu, anda perlu mengontrol makanan atau minuman yang akan anda konsumsi. Ikutilah beberapa tips makan sehat saat hari raya Idul Fitri di bawah ini. 

makan sehat saat hari raya Idul Fitri
Pixabay.com

Awali Hari Dengan Sarapan Sehat


Sarapan memang sangat penting untuk kesehatan anda. Begitu pula saat hari Raya Idul Fitri. Meskipun sudah 30 hari anda tidak sarapan pagi, anda harus tetap sarapan saat hari Raya Idul Fitri. Banyaknya kegiatan yang akan anda lakukan satu hari tentu memerlukan asupan energi di pagi hari agar tubuh tetap fit. Untuk itu, tips makan sehat saat hari raya Idul Fitri yang pertama adalah mengawali hari dengan sarapan sehat. 

Tidak hanya sekadar sarapan saja, tetapi anda harus mengkonsumsi sarapan yang sehat. Penuhi piring Anda dengan bebagai macam makanan yang sehat. Hari raya Idul Fitri pasti identik dengan opor ayam. Anda dapat tetap mengkonsumsi opor ayam tetapi imbangi juga dengan makanan lain yang mengandung banyak serat seperti sayuran dan juga buah-buahan. Cukupilah gizi seimbang pada sarapan anda untuk mengawali hari anda di hari raya Idul Fitri. 

Menyediakan Camilan Sehat


Godaan terberat saat hari raya idul Fitri selain makanan yang penuh lemak adalah camilan yang beraneka ragam. Mulai dari kue-kue kering hingga makanan ringan lain. Di samping makanan-makanan ringan yang tidak jelas kandungannya. Anda tetap harus menyediakan camilan sehat. Selain untuk mengisi waktu luang, memakan camilan dapat membantu anda untuk mengendalikan keinginan makan berlebih. Oleh karen itu, tips makan sehat saat hari raya Idul Fitri adalah menyediaka camilan sehat.

Dengan mengkonsumsi camilan sehat, tentu akan menjaga tubuh anda untuk tetap kenyang. Anda juga dapat menghindari camilan yang tidak sehat. Contoh camilan sehat yang dapat anda konsumsi saat hari raya Indul Fitri seperti kacang almond, kacang kulit rebus, atau buah-buahan segar. Camilan sehat selain dapat mengndalikan keinginan makan, dapat digunakan juga untuk menyeimbangkan kadar gula di dalam darah. Sehingga anda akan tetap sehat saat hari raya Idul Fitri tiba. 

Hindari Bagian Daging yang Berlemak


Saat hari raya Idul Fitri tiba, pasti makanan yang diolah didominasi oleh olahan daging. Berbagai jenis olahan daging pasti tersedia di meja makan, seperti opor ayam, rendang, semur daging, dan yang lainnya. Anda sudah tahu bahwa kandungan daging adalah tinggi lemak jenuhnya. Sehingga jika terlalu banyak konsumsi daging, dapat meningkatkan kolesterol anda. Sebenarnya konsumsi daging juga dibutuhkan manusia, tetapi dalam batas porsi yang sewajarnya. 

Anda tetap dapat memakan daging, namun praktekkan tips makan sehat saat hari raya Idul Fitri berikut ini. Anda dapat menyiasati memakan daging dengan memilih bagian yang tidak berlemak, jadi hindarilah daging yang banyak mengandung lemak. Contohnya pada bagian ayam, lebih baik anda memakan bagian dada dibanding bagian paha atau sayap yang memiliki kadar lemak lebih banyak. Hindari pula bagan kulit, karena kadungan lemak pada unggas paling banyak berada di kulitnya. 

Jangan Tinggalkan Minuman Sehat


Tidak ada bedanya dengan godaan makanan. Saat hari raya Idul Fitri, godaan minuman tidak sehat pasti sangat tinggi. Seperti sudah menjadi tradisi sata hari raya Idul Fitri tersedia berbagai amacam minuman seperti soft drink, es sirup, atau minuman kemasan gelas langsung minum. Minuman-minuman tersebut tentu sangat banyak kandungan gulanya. Apabila anda ingin sehat tentu hindarilah minuman-minuman tidak sehat tersebut. Gantilah minuman anda dengan minuman sehat yang rendah kadar gulanya. 

Di hari raya Idul Fitri, sebaiknya anda membatasi konsumsi makanan serta minuman yang tidak sehat. Makan dan minumlah dengan dengan porsi yang sewajarnya dan secukupnya. Anda juga wajib untuk pintar-pintar memilih menu makanan yang sehat dengan gizi yang seimbang. Jangan anda tergoda dengan berbagai makanan dan minuman yang tersaji saat hari raya Idul Fitri. Semoga pembahasan tips makan sehat saat hari raya Idul Fitri ini dapat bermanfaat untuk anda. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel