Jangan Dibiarkan! Temukan Obat Asam Lambung yang Paling Cocok untuk Anda

Apakah Anda bermasalah dengan kesehatan lambung dan sedang mencari obat asam lambung yang paling ampuh? Penyakit asam lambung memang menjadi salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi. Namun, setiap penderita memiliki masalah asam lambung yang berbeda-beda. Secara umum, asam lambung termasuk ke dalam masalah pencernaan yang mana disebabkan adanya asupan makanan atau minuman yang tidak sesuai dengan kondisi lambung.

Obat Asam Lambung

Sebelum Mencari Obat Asam Lambung, Kenali Penyebabnya Terlebih Dulu

Sebelum mengetahui beberapa jenis obat asam lambung yang paling ampuh untuk Anda, ada baiknya untuk mengenali penyebab dari timbulnya masalah kesehatan yang satu ini. Asam lambung biasanya disebabkan oleh adanya fungsi LES yang menurun. LES sendiri merupakan salah satu bagian yang berfungsi sebagai gerbang masuk makanan ke dalam lambung. 

LES akan bekerja secara otomatis, yakni akan terbuka saat makanan atau minuman masuk dan menutup saat makanan dan minuman dicerna dalam lambung. Terjadinya asam lambung disebabkan oleh fungsi LES yang menurun. LES tidak dapat lagi menutup saat makanan dan minuman sudah masuk ke dalam lambung. Akibatnya, asam dan isi lambung akan kembali naik hingga ke kerongkongan. Oleh sebab itu, asam lambung akan diiringi dengan mual.

Selain itu, penyebab dari kadar asam yang meningkat dalam lambung juga menyebabkan makanan tidak terproses dengan baik. Beberapa makanan yang meningkatkan produksi asam adalah makanan berlemak tinggi, makanan pedas dan makanan atau minuman asam. Ketiga jenis makanan dan minuman tersebut membantu memperlambat proses pencernaan dalam lambung dan meningkatkan asam. Pada akhirnya, asam dan isi lambung akan kembali naik ke bagian esofagus.

Konsultasikan ke Dokter untuk Mendapat Obat Asam Lambung

Asam lambung biasanya diikuti oleh beberapa gejala, seperti mual, pusing dan rasa panas pada bagian dada. Jika sudah merasa gejala-gejala tersebut, maka Anda harus segera mencari obat asam lambung yang sesuai. Namun, Anda harus tetap berhati-hati dalam memilih obat. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui level masalah pada lambung Anda.

Setelah itu, biasanya dokter Anda memberikan resep yang sesuai dengan gejala dan masalah yang terjadi pada lambung Anda. Ketahuilah bahwa setiap penderita memiliki keluhan dan masalah lambung yang berbeda, jadi pastikan Anda tidak melalukan coba-coba untuk mengonsumsi obat-obat lambung yang bukan dari rekomendasi ahli kesehatan.

Biasanya ada beberapa jenis obat-obatan yang akan diberikan. Pertama, Antasida yang merupakan jenis obat yang mengandung simetikon. Jenis obat ini membantu untuk menyingkirkan gas berlebih yang ada di dalam tubuh. Kedua, H-2 receptor blockers juga biasa digunakan untuk membantu mengobati asam lambung. Jenis obat ini memiliki fungsi untuk mengurangi asam dalam lambung. 

Ketiga, biasaya dokter akan membrikan PPIs atau Proton pump inhibators yang memiliki fungsi mengurangi asam seperti H-2 receptor blockers. Namun, PPIs ini memiliki dosis dan tingkat keampuhan yang lebih tinggi. Bahkan Anda juga bisa menemukannya di apotek terdekat tanpa menggunakan resep dokter. Namun, selalu perhatikan petunjuk pemakaian dan efek samping. Pelajari apakah ada bahan yang memicu alergen Anda muncul.

Hindari Makanan dan Minuman Pemicu Naiknya Asam Lambung 

Selain mengonsumsi obat asam lambung, ada baiknya Anda juga menghindari beberapa makanan yang mampu memicu naiknya asam lambung ke esofagus (kerongkongan). Anda harus mengindari makan makanan yang menganduk lemak tinggi. Hal ini bertujuan untuk mengistirahatkan atau membantu meringankan kerja lambung. Makanan dengan lemak tinggi biasanya akan sangat sulit dicerna sehingga akan lebih lama menumpuk di bagian lambung.

Selain itu, makanan pedas jenis apapu juga harus Anda hindari. Makanan pedas akan memicu asam dalam lambung lebih mudah mencair yang mengakibatkan naiknya asam lambung. Oleh sebab itu, hindari makanan yang pedas dengan alasan apapun seraya membantu kerja lambung dengan konsumsi obat yang tepat dan teratur.

Jenis makanan asam, seperti lemon, tomat dan limau menjadi beberapa jenis yang harus dihindari terlebih dahulu. Salah sedikit mengonsumsi makanan yang asam, maka asam lambung Anda akan kembali bermasalah dan obat asam lambung tidak akan berfungsi dengan baik. Namun faktanya, tidak semua jenis makanan mengandung asam harus dihindari. Untuk itu, lakukan pencarian informasi yang valid mengenai jenis makanan yang boleh dikonsumsi untuk penderita asam lambung.

Selain mengonsumsi obat dari dokter, tidak ada salahnya juga mengonsumsi obat-obatan herbal lainnya. Obat herbal berarti obat alami yang bisa Anda temui sendiri di rumah. Jahe, teh chamomile, peppermint dan juga lidah buaya dapat Anda gunakan untuk membantu memulihkan masalah asam lambung pada tubuh. Jagalah kesehatan anda dengan mengetahui beberapa informasi mengenai penyebab dan obat yang paling ampuh untuk asam lambung.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel