Jangan Sepelekan, Ternyata Bahaya Asam Lambung dapat Mengancam Kesehatan Organ Lainnya!

Sudahkah Anda mengetahui bahaya asam lambung? Penyakit asam lambung memang menjadi salah satu penyakit yang paling umum ditemui. Namun, jangan pernah menyepelekan penyakit yang satu ini. Jika salah penanganan dan gejala muncul secara berulang, maka akan menyebabkan kelainan fungsi lambung yang sangat parah. Lalu, apa saja bahaya dari naiknya asam lambung? Adakah cara mengatasinya? Berikut ulasannya.

Bahaya Asam Lambung

Bahaya Asam Lambung

Naiknya asam lambung dapat diartikan adanya gangguan pada pencernaan Anda. Biasanya lambung akan mencerna makanan dengan baik. Namun, jika makanan yang Anda konsumsi terlalu sulit untuk dicerna dan terlalu penuh di dalam lambung maka akan menyebabkan kembali naiknya asam dalam lambung bersamaan dengan makanan yang telah dikonsumsi.

Keadaan ini tentunya tidak boleh Anda biarkan, karena adanya ancaman bahaya asam lambung. Selain memicu kerusakan pada bagian lambung, munculnya GERD ini juga akan memicu berbagai masalah kesehatan dalam tubuh lainnya. Berikut adalah kemungkinan masalah lain yang muncul jika asam lambung dibiarkan dan tidak ditangani dengan tepat:

  • Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)
GERD hampir mirip dengan refluks asam lambung namun dalam kondisi yang lebih kronis. GERD merupakan salah satu masalah pencernaan yang sudah kronis dimana asam yang ada di lambung akan kembali naik ke kerongkongan bersamaan dengan isi perut. Tak jarang penderita juga mengalami mual dan pusing sebagai gejala dari terjadinya GERD.
Biasanya GERD ini muncul secara berulang, parahnya akan muncul minimal dua kali dalam seminggu. Bagi penderita GERD, gejala akan kambuh dalam keadaan tertentu. Bahaya asam lambung yang satu ini sebenarnya masih bisa diatasi dengan konsumsi obat dan pla makan yang tepat. Namun, jika sudah terlalu parah maka dibutuhkan tindakan operasi.

  • Radang Kerongkongan
Dalam masalah GERD sebelumnya dijelaskan bahwa asam beserta isi dalam lambung akan naik kembali menuju kerongkongan. Jika hal ini terjadi, maka kemungkinan radang terjadi pada kerongkongan. Asam lambung yang naik ke bagian kerongkongan akan melukai lapisan esofagus sehingga kerongkongan membengkak. Secara medis, masalah ini disebut sebagai esofagitis.
Jika masalah esofagitis ini tidak segera ditangani, maka kemungkinan iritasi pada kerongkongan akan berkembang menjadi luka yang sangat parah atau bahkan borok. Selain itu, keadaan ini juga akan memicu adanya penyempitan pada bagian esofagus sehingga pencernaan kembali tidak berfungsi dengan baik dan akan sakit untuk menerima makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh.

  • Esofagus Barrett
Salah satu bahaya asam lambung jika tidak segera ditangani dengan baik adalah timbulnya masalah Esofagus Barrett. Biasanya kemungkinan masalah ini akan muncul jika masalah asam lambung dibiarkan selama bertahun-tahun. Esofagus Barrett ini menjadi sebuah akumulasi yang sangat serius dari lanjutan masalah GERD yang tak kunjung ditangani dengan baik.
Esofagus Barrett merupakan kondisi dimana lapisan yang melapisi esofagus yang sebelumnya dalam kondisi normal berubah menjadi jaringan berupa lapisan usus. Yang paling membahayakan adalah kelainan ini tidak memiliki gejala khusus, hanya saja berhubungan langsung dengan GERD. Jika kondisi ini tidak segera diperbaiki, maka kemungkinan kanker esofagus akan muncul dan menggiring ke arah kematian. Salah satu penanganan dari penyakit ini adalah dengan melakukan prosedur endoskopi.

Cara Menghindari Penyakit Asam Lambung

Sebenarnya bahaya asam lambung dapat dihindari dengan beberapa langkah pencegahan yang sangat mudah. Mengingat asam lambung berhubungan dengan proses pencernaan, maka Anda harus memfokuskan asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Dengan memasukan jenis makanan atau minuman yang sulit dicerna oleh lambung, maka resiko terjadinya kerusakan pada lambung akan semakin tinggi. Untuk itu, ikuti langkah berikut untuk menghindari timbulnya penyakit asam lambung.

Pertama, atur pola makan dengan baik. Memang mengatur pola makan tidaklah mudah apalagi di tengah-tengah kegiatan yang sangat padat. Namun, Anda bisa mencoba untuk mengatur asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Pastikan bahwa Anda mendapat waktu makan pagi, siang dan malam yang sesuai dengan porsi yang tidak terlalu banyak. Akan sangat lebih baik jika Anda lebih sering makan dalam porsi yang lebih sedikit.

Kedua, hindari konsumsi air berlebih saat menyantap makanan. Salah satu hal yang paling banyak dilupakan oleh orang-orang adalah cara makan. Dengan terus menyeling minum di tengah-tengah proses makan akan membuat asam dalam lambung lebih mudah mencair. Untuk itu, hindari minum terlalu banyak saat makan untuk mengindari adanya bahaya asam lambung.

Jenis Makanan untuk Menghindari Asam Lambung

Adapun beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk menghindari adanya bahaya asam lambung. Anda bisa mengonsumsi oatmeal dan pisang untuk sarapan yang membantu menetralisir asam dalam lambung. Lalu, beberapa sayuran hijau dan jahe juga dapat membantu meringankan refluks pada lambung sehingga asam dan makanan tidak akan mudah naik kembali ke esofagus.

Karena penyakit ini berhubungan dengan pencernaan, maka anda harus memperhatikan kesehatan organ pencernaan anda dan memperhatikan asupan yang masuk kedalam tubuh. Itulah beberapa bahaya jika asam lambung tidak diatasi dengan cepat, cara untuk menghindari penyakit asam lambung dan jenis makanan yang bisa anda konsumsi untuk menghindari bahaya asam lambung, semoga bermanfaat.

Sumber : http://www.rsannisa.co.id/artikel/kesehatan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel