Waspada! Ini Penyebab Terjadinya Maag Pada Ibu Hamil

Jika terjadi maag pada ibu hamil maka akan membuat keluarga khawatir, karena sakit maag dikenal sangat tidak nyaman bagi siapapun yang menderitanya. Terlebih bagi ibu hamil, mereka memiliki dua nyawa didalam satu tubuh. Sehingga apabila tiba-tiba sakit maag yang diderita kambuh, maka akan membuat kelimpungan dirinya sendiri dan juga keluarganya.

maag pada ibu hamil

Sakit maag ketika hamil memang memiliki gejala yang cukup beragam. Biasanya gejala muncul ditandai dengan perut yang terasa mulas, merasa begah meskipun makan dengan porsi yang sedikit, rasa mual yang cukup tinggi, serta rasa nyeri dibagian antara perut dan dada. Jika terjadi keluhan seperti itu, bisa jadi ibu hamil tersebut sedang mengalami gejala maag. 

Apabila tidak segera diatasi, maag pada ibu hamil bisa berakibat pada hal-hal yang tidak baik. Oleh sebab itu, bagi para suami harus tanggap jika istri sudah mengalami gejala-gejala yang sebelumnya sudah disebutkan. Sakit maag yang sering muncul tiba-tiba, bukan berarti datang tanpa sebab. Ada beberapa penyebab penyakit maag yang kambuh pada ibu hamil.

Penyebab Maag Pada Ibu Hamil


Ibu hamil mengalami maag cukup menyebabkan kekhawatiran bagi keluarganya. Jenis penyakit ini memang bisa dirasakan oleh siapa saja, baik dari mereka yang masih anak-anak sampai dengan mereka yang sudah dewasa, tidak terkecuali pada ibu hamil. Untuk ibu hamil sendiri, ada beberapa hal istimewa yang menyebabkan maag kambuh, penyebab tersebut antara lain:

  • Terjadi Perubahan Hormon

Saat masa kehamilan, para ibu biasanya akan mengalami perubahan hormon progesteron. Hormon progesteron akan meningkat drastis pada wanita yang sedang menjalani masa kehamilan. Tingginya kadar hormon yang satu ini, membuat sistem pencernaan dalam tubuh bekerja lebih lambat, karena otot pada tubuh cenderung lebih rileks. Hal inilah yang menyebabkan maag pada ibu hamil kambuh.

  • Proses pertumbuhan janin dalam rahim

Saat mengandung, janin yang berada didalam rahim wanita akan terus tumbuh besar setiap harinya. Ukuran janin yang semakin besar akan menyebabkan rahim membutuhkan banyak ruang, sehingga sampai menekan pada area lambung. Hal ini dapat mengakibatkan asam lambung naik. Kemudian terjadi keluhan tidak nyaman yang pada akhirnya menyebabkan maag kambuh saat hamil.

Cara Mencegah Maag Kambuh Saat Hamil


Sakit maag dikenal menjadi salah satu jenis penyeakit yang cukup sulit disembuhkan. Meskipun demikian, penyakit ini masih bisa dicegah agar tidak menjadi lebih buruk. Terlebih maag pada ibu hamil, anda harus lebih ekstra berhati-hati supaya penyakit ini tidak kambuh kala sedang mengandung si buah hati. Berikut cara pencegahan sakit maag saat hamil:

  • Pola Makan yang Teratur

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, sakit maag disebabkan karena pola makan yang tidak teratur. Oleh sebab itu, untuk mengantisipasi terjadinya maag pada ibu hamil, kami sarankan untuk mengatur pola makan agar lebih baik. Usahakan untuk makan tepat waktu dan jangan sampai terlambat, karena jika sampai terlambat bisa menyebabkan asam lambung naik dan akhirnya maag akan kambuh.

  • Perhatikan Jenis Makanan yang Dikonsumsi

Sebagai seorang ibu hamil tentu memiliki banyak permintaan, tidak terkecuali dalam hal makanan. Kebanyakan dari para ibu hamil sangat menyukai makanan pedas untuk mengisi perut. Jika anda merupakan seorang pengidap maag, sebaiknya hindari makanan pedas. Hal tersebut dikarenakan makanan pedas merupakan salah satu penyebab kambuhnya maag pada ibu hamil pada setiap penderitanya.

Selain makanan pedas, ibu hamil juga sangat menyukai makanan yang asam sebagai teman makanan pedas. Jika dikombinasikan makanan pedas dan asam favorit ibu hamil terdapat pada jenis rujak. Jenis makanan ini membuat para ibu hamil menjadi tidak terkontrol dengan alasan sedang nyidam. Tapi demi kebaikan buah hati yang ada diperut, sebaiknya anda menghindari jenis makanan pedas dan asam.

  • Hindari Asap Rokok

Bagi anda para ibu hamil, sebaiknya hindari asap rokok supaya asam lambung yang menjadi penyebab sakit maag tidak naik. Apabila anda seorang wanita perokok sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut ketika sedang hamil. Karena rokok tidak baik untuk kesehatan ibu dan anak. Jika yang merokok adalah suami anda, maka tegurlah sang suami demi kebaikan diri ibu sendiri dan sang buah hati.

Cara Mengatasi Maag Pada Ibu Hamil


Jika sakit maag yang diderita oleh anda para ibu hamil sudah terlanjur kambuh. Tenang saja, jangan terlalu berat berpikir karena justru bisa menyebabkan sakit maag anda semakin tambah parah. Anda bisa menggunakan air putih sebagai langkah pertama untuk mengatasi sakit maag yang berfungsi untuk menetralisir lambung. Anda bisa menggunakan ramuan herbal untuk mengatasi masalah lambung.

Tanaman herbal yang banyak dipercaya mampu mengatasi masalah lambung termasuk sakit maag antara lain adalah kunyit dan jahe. Anda bisa memilih satu diantara dua tanaman tersebut kala maag sedang kambuh. Tumbuk atau parut satu diantara tanaman tersebut lalu rebus hingga matang, kemudian minum sampai habis ramuan yang dipercaya mampu mengatasi maag pada ibu hamil. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel