Makan Mie Instan Saat Hamil? Ini Kata Pakar Kesehatan Ibu Hamil

Bagi para wanita yang sedang mengandung, pastinya sering mencari informasi seputar kesehatan ibu hamil. Apalagi, saat hamil seringkali Anda merasa lapar ketika malam hari, sehingga ingin menikmati mie instan karena lebih praktis. Tapi, apakah mie instan aman untuk dikonsumsi ibu hamil dan janinnya? Mari kita bahas lebih lanjut.

Bolehkah Makan Mie Instan Saat Hamil, Ini Kata Pakar Kesehatan Ibu Hamil

Kandungan pada Mie Instan

Sebelum membahas lebih lanjut tentang bolehkan ibu hamil mengonsumsi mie instan, mari ketahui terlebih dahulu apa saja kandungan dalam mie instan. Hampir sebagian besar orang menyukai mie instan. Bukan hanya karena rasanya yang enak dengan banyak varian rasa, namun mie instan adalah salah satu makan praktis untuk dikonsumsi kapan saja. Penggemar mie instan sendiri meningkat 5% setiap tahunnya. 

Mie intan dibuat dari bahan dasar tepun terigu. Menurut WHO, setiap produk mie instan seharusnya mulai ditambahkan nutrisi seperti vitamin B, vitamin A, asam folat, zinc dan zat besi. Namun disisi lain, mie instan juga mengandung zat pengawet, perasa dan pewarna dalam kadar yang sudah dikatakan aman. Akan tetapi tetap saja tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. 

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi mie instan dua kali setiap minggu bisa menimbulkan risiko sindrom metabolik dimana merupakan gangguan seperti penumpukan lemak berlebihan di perut, tekanan darah tinggi, kadar kolesterol baik cukup rendah dan naiknya kadar gula darah. Hal tersebut karena tingginya jumlah kalori, gula, lemak jenuh dan garam pada mie instan yang menyebabkan kondisi gangguan tersebut.

Makan Mie Instan Saat Hamil Bisa Cepat Lapar

Dari sudut pandang kesehatan ibu hamil, ternyata mengonsumsi mie instan saat hamil bisa menyebabkan Anda mudah lapar. Perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya mie instan tidak boleh dikonsumsi sebagai lauk tunggal karena makanan ini sangat minim sekali mineral, vitamin, serat dan protein. Apalagi pada saat mengandung, ibu hamil wajib untuk memenuhi nutrisi penting demi menunjang kesehatannya dan janin yang dikandungnya. 

Selain itu, mie instan memiliki kandungan garam dan monosodium glutaman (MSG) yang sangat tinggi sehingga memiliki cita rasa asin. Jika ibu hamil terlalu sering mengonsumsi garam, maka dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi pada kesehatan ibu hamil. 

Memang tidak selalu berbahaya, namun bisa menyebabkan komplikasi kesehatan yang lebih buruk. Apalagi untuk ibu hamil yang juga memiiki hipertensi, maka sering makan mie instan dapat berbahaya bagi kesehatan ibu hamil dan bayi.

Mie instan juga akan membuat ibu hamil menjadi cepat lapar karena tingginya kandungan karbohidrat yang dapat menaikkan gula darah dengan cepat, sehingga waktu untuk dicerna menjadi lebih lama. Karena waktu cerna yang lama tersebut maka akan menyebabkan saluran pencernaan bekerja keras dan dipaksa untuk memecah nutrisi mie dalam waktu berjam-jam. Sehingga penyerapan nutrisi oleh tubuh pun menjadi kurang.

Apabila tubuh kekurangan nutrisi, maka tubuh akan menjadi lebih cepat lapar sekaligus akan melepaskan sejumlah insulin dalam jumlah yang banyak. Sehingga kadar gula darah pun bisa turun secara drastis. Karena penurunan gula darah yang cepat inilah akan membuat Anda merasa lesu dan lapar lebih cepat. Meskipun begitu, memakan mie instan saat hamil sebenarnya masih diperbolehkan. Asalkan masih dalam kadar yang wajar dan cara memakan yang tepat.

Tips Makan Mie Instan Saat Hamil 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa makan mie instan juga dapat mempengaruhi kesehatan ibu hamil. Apalagi untuk ibu hamil yang memiliki risiko terhadap tekanan darah tinggi, sebaiknya hindari untuk makan mie instan karena bisa membahayakan bagi kesehatan ibu dan juga janinnya. 

Tidak ada riset pasti yang dapat menjelaskan berapa porsi aman untuk ibu hamil yang ingin makan mie instan. Namun jika ibu hamil memang ingin menikmati mie instan, masih diperbolehkan dan jangan terlalu sering. Ibu hamil bisa menggunakan beberapa tips berikut untuk makan mie instan agar lebih sehat:
  • Mengurangi jumlah bumbu yang dipakai atau jika perlu Anda bisa meracik bumbu sendiri.
  • Tambahkan sumber protein, misalnya telur, daging atau seafood.
  • Menambahkan sayuran seperti sawi, brokoli, wortel, bayam, tomat atau lainnya dan pastikan semua harus dimasak matang.

Menjaga kesehatan ibu hamil adalah kewajiban Anda ketika dalam masa mengandung. Karena kesehatan Anda tentunya akan berpengaruh pada kesehatan janin. Sesekali mungkin tidak masalah jika ingin makan mie instan. Namun jika masih memungkinkan, sebaiknya menghindari makanan tersebut dan menggantinya dengan makanan-makanan yang lebih sehat.

Tentu saja Anda tidak ingin jika kesehatan janin dalam kandungan Anda terganggu bukan? Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda mulai merubah pola makanan yang lebih sehat untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel