Tips Mengonsumsi Makanan Sehat di Hari Raya

Mengonsumsi makanan sehat di hari raya memang merupakan hal yang diharuskan untuk anda lakukan agar bisa tetap menjaga kesehatan tubuh anda. pastinya lebaran merupakan salah satu moment yang ditunggu-tunggu oleh setiap masyarakat muslim yang ada di seluruh dunia. Sebab saat hari raya merupakan salah satu moment yang tepat untuk anda dan juga sanak saudara berkumpul.

Hampir sebagian besar orang yang merantau akan pulang ke kampung halamannya dan bertemu dengan kerabat di kampung halaman. Sehingga tidak ayal saat hari raya tiba, anda akan ditemukan banyak makanan yang sangat menggugah selera. Seperti yang sudah anda ketahui, bahwa hidangan hari raya pasti tidak semuanya sehat, dan banyak pula yang masuk golongan tak sehat.

Berbagai macam sajian pasti diperuntukkan untuk anda guna meramaikan hari raya. Tentu saja anda akan menikmati setiap makanan yang disediakan, mengingat anda juga pasti mengalami lapar mata. Dan anda juga tidak akan mempedulikan apakah makanan tersebut sehat atau tidak. Oleh sebab itu, anda harus bisa menjaga untuk tetap mengonsumsi makanan sehat di hari raya.

makanan sehat di hari raya
Add caption

Tips Tetap Mengonsumsi Makanan Sehat di Hari Raya


Salah satu agenda yang wajib dilakukan saat hari raya ialah mengonsumsi beragam jenis hidangan. Saat hari raya merupakan saat yang tepat untuk berkumpul dengan keluarga besar di kampung halaman. Namun tentu saja anda akan merasa kesulitan jika harus menjaga asupan makanan sehat di hari raya. Sebab saat hari raya pasti anda akan mengonsumsi makanan yang berlebih.

Meskipun sulit, untuk tetap menjaga kesehatan anda maka anda harus tetap mengonsumsi makanan sehat. Jika anda ingin menjaga makanan sehat anda, maka sebaiknya anda jangan sampai lapar mata yang artinya ialah anda harus bisa menjaga agar anda tidak tergoda mengonsumsi semua jenis hidangan yang disajikan didepan mata anda. Sebab saat hari raya ada banyak makanan.

Banyaknya makanan inilah yang akan membuat anda menjadi makan dengan porsi yang berlebihan. Terutama saat anda sedang dalam fase penyembuhan suatu penyakit atau juga diet, maka anda harus benar-benar menjaga pola makan anda untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan membuat target masuk akal. Anda bisa mengatur jadwal makan dan juga pola makan anda dengan benar.

Hindari Banyak Konsumsi Gula dan Perbanyak Sayuran


Makanan dan juga minuman yang manis memang sangat menggoda. Namun makanan dan minuman manis tersebut tentu saja tidak sehat untuk kesehatan anda. Sebaiknya anda membatasi untuk mengonsumsi makanan dan minuman tinggi gula untuk menghindari tubuh anda menimbun banyak kalori tanpa anda sadari. Setelah satu bulan berpuasa, tubuh memang memerlukan kalori, namun jangan sampai mengonsumsi berlebih.

Selain menghindari mengonsumsi gula berlebih, anda juga harus memperbanyak sayuran. Jika ada sedang dalam masa diet, maka tentu saja sayuran sangat penting untuk anda konsumsi. Sebab sayuran bisa membuat anda lebih cepat kenyang. Dengan demikian maka anda tidak akan mengonsumsi banyak makanan dengan berlebihan. Selain itu juga sayu memang makanan yang penting untuk setiap orang.

Namun anda juga harus memilih sayur yang pengolahannya tidak menggunakan santan. Anda juga harus bisa mengurangi konsumsi santan dalam masakan. Pasalnya santan alami memang tidak ada kandungan kolesterol, tetapi santan alami juga tetap punya kandungan lemak jenuh yang jumlahnya juga cukup tinggi. Sehingga akan lebih baik jika anda mengurangu jumlah konsumsi santan dalam makanan.

Hindari Makanan Berlemak


Saat hari raya, anda juga harus menghindari makanan yang mengandung tinggi lemak. Meskipun saat hari raya sebagian besar hidangan yang disajikan merupakan hidangan dengan jumlah kandungan lemak tinggi, misalnya saja daging kambing, daging sapi, atau juga daging ayam. Jenis-jenis daging tersebut memang merupakan salah satu jenis makanan yang wajib ada di hidangan hari raya.

Walaupun anda juga tidak dilarang mengonsumsi daging, namun akan lebih baik jika anda tidak mengonsumsi olahan daging yang mengandung lemak. Sebab lemak memang merupakan kandungan dalam makanan yang tidak bagus untuk kesehatan anda. selain itu anda juga harus bisa mengontrol diri saat perut anda sudah kenyang misalnya. Anda bisa mengurangi porsi makan anda agar tidak kekenyangan.

Pada saat hari raya, pasti meskipun anda merasa kenyang namun anda masih ingin makan makanan yang lainnya. Hal ini juga yang membuat anda tidak berhenti makan dan tidak bisa mengontrol makanan anda. Sebaiknya sebelum anda makan, maka anda bisa mempertimbangkan makanan apa saja yang memang ingin anda makan.

Hal ini bisa membatasi anda mengonsumsi berlebih. Makanan yang tidak sehat tentu saja akan memperburuk keadaan kesehatan anda. Sehingga anda harus bisa mengontrol pola makan anda selama anda berpuasa dan saat hari raya. Menjaga asupan makanan sehat di hari raya memang merupakan hal yang harus anda perhatikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel