Makan Banyak Tapi Tetap Langsing! Ikuti Pola Makan Sehat Berikut Ini

Banyak yang beranggapan bahwa pola makan sehat identik dengan menu diet yang tidak enak dan harus dikonsumsi dengan porsi yang sedikit. Nyatanya, kedua hal tersebut sangatlah berbeda. Karena walaupun tengah menjalani hidup sehat, anda masih bisa makan banyak dan enak sesuai yang anda inginkan. Hanya saja ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, agar semua asupan yang masuk dalam tubuh anda seimbang dan tidak berlebihan.

pola makan sehat

Saat menjalani pola makan sehat, anda masih bisa makan daging, nasi, makanan yang manis, bahkan camilan sekalipun. Hanya saja anda perlu memilih makanan-makanan tersebut lebih sehat seperti menganti nasi putih dengan nasi merah, mengkonsumsi daging merah yang tidak berlemak, dan memilih camilan yang berbahan organik agar lebih sehat. Dengan begitu anda tetap bisa makan enak dan banyak namun tetap sehat. 

Selain menyeleksi jenis makanan yang anda konsumsi, agar makanan dan hidup anda lebih sehat, ada beberapa kebiasaan yang bisa anda mulai dari sekarang. Salah satunya adalah kebiasaan mencuci tangan sebelum makan. Walaupun sepele, kebiasaan ini memberikan dampak yang besar untuk pola hidup sehat yang anda jalankan. Agar lebih sehat, kebiasaan-kebiasaan makan berikut ini juga perlu anda lakukan.

Kebiasaan Makan yang Buat Hidup Anda Lebih Sehat


Salah satu kebiasaan makan yang membuat hidup anda bisa lebih sehat adalah mengunyah makanan secara perlahan. Selain membantu kerja lambung agar tidak terlelu berat, mengunyah makan dengan perlahan ternyata bisa menurunkan kadar kalori yang diserap oleh tubuh. Mengunyah makanan dengan perlahan juga bisa menurunkan resiko penyakit jantung. Hal ini disampaikan dalam presentasi penelitian di America Scientific Sessions 2017. 

Saat menjalani pola makan sehat, tak ada salahnya anda juga mengurangi kebiasaan mengkonsumsi garam berlebih. Menurut riset yang dilakukan di Amerika Serikat, kelebihan sodium bisa meningkatkan resiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung serta stroke. Maka dari itu mulai dari sekarang, anda harus mengkontrol jumlah garam yang anda konsumsi, agar hidup anda bisa lebih sehat dan terhindar dari ancaman penyakit-penyakit tersebut.

Kebiasaan makan dengan ditemani minuman bersoda juga perlu anda kurangi, jika anda ingin menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain tidak sehat karena mengandung banyak gula, minuman bersoda ternyata juga juga bisa menghambat penyerapan nutrisi jika anda konsumsi bersama dengan makanan lainnya. Hal inilah yang akan menyebabkan obesitas.

Cara Mudah Mengatur Pola Makan Sehat


Mengatur pola makan sehat bukanlah hal yang sulit jika anda tahu caranya. Pertama anda harus tahu bahwa karbohidrat bukanlah musuh. Banyak yang beranggapan bahwa karbohidrat tidak baik untuk tubuh. Padahal faktanya tubuh membutuhkan karbohidrat sebagai sumber tenaga. Cara terbaik untuk mengkonsumsinya adalah pilihlah karbohidrat komplek yang rendah gula, namun kaya serat seperti beras merah sebagai pola makan harian anda.

Kedua, pilihlah sumber protein yang tepat seperti telur dan daging putih. Kedua bahan ini mengandung protein yang tinggi dan zat aktif alami yang membantu mendorong pembakaran lemak lebih maksimal. Ketiga, anda bisa menambahkan porsi sayuran dalam menu makan anda. Sayuran berfungsi untuk menyeimbangkan nutrisi yang masuk dalam tubuh anda serta bisa mengurangi jumlah karbohidrat yang anda konsumsi. 

Kemudian yang ketiga kurangi jumlah MSG yang anda konsumsi saat menjalani pola makan sehat. MSG mengandung zat yang kurang baik untuk tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Menurut penelitian, konsumsi MSG berlebih mampu meningkatkan resiko penyakit kanker terutama bagi perempuan. Sebagai alternatif, anda bisa menganti MSG dengan bahan alami lainnya seperti gula dan aneka rempah untuk penyedap masakan anda. 

Konsumsi Lebih Banyak Air Putih Untuk Hidup Lebih Sehat


Menjalani pola makan sehat harus diimbangi dengan mengkonsumsi air putih yang cukup. Faktanya lebih dari 60 persen tubuh manusia terdiri dari air. Maka dari itu, konsumsi air putih yang cukup sangat disarankan untuk menjaga kestabilan tubuh. Air putih juga bebas kalori dan gula, sehingga lebih sehat dan aman untuk kesehatan tubuh anda. 

Air putih juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain menjaga kadar caira tubuh, air putih juga membantu member energy pada otot dan melumasi sendi agar tetap lentur. Tak hanya itu, air putih juga berperan peting dalam melindungi saraf tulang belakang dan jaringan sensitif pada tubuh lainnya. Inilah yang membuat peran air putih sangat penting tubuh anda.

Mengimbangi konsumsi air putih dalam gaya hidup sehat juga mampu membantu mengendalikan asupan kalori tubuh, sehingga mencegah peningkatan berat badan. Dengan mengkosumsi air putih, kulit juga akan terlihat lebih segar dan sehat. Itulah mengapa mengkonsumsi air putih yang cukup sangat penting untuk mengimbangi pola makan sehat yang anda jalankan saat ini. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel