Tanpa Anda Sadari Inilah 6 Kebiasaan Penyebab Sembelit

Tanpa anda sadari ternyata ada beberapa kebiasaan penyebab sembelit. Sembelit menjadi salah satu kondisi dimana seseorang akan kesulitan untuk buang air besar. Kondisi seperti juga sering disebut dengan konstipasi. Selain itu, kondisi ini juga bisa dipicu karena pergerakan usus yang lebih lambat dan kondisi ini sebenarnya tidak terlalu serius. Sayangnya, jika kondisi ini kerap terjadi pada diri anda, bisa jadi ini menjadi gejala penyakit serius. 

kebiasaan penyebab sembelit

Ada beberapa hal yang ternyata dipercaya sebagai penyebab sembelit yang paling umum terjadi. Tanpa anda sadari, kebiasaan tersebutlah yang menjadi penyebabnya. Gangguan ini biasanya juga bisa menyerang siapapun termasuk ibu hamil. Berikut ini beberapa kebiasaan penyebab sembelit. 

Konsumsi Makanan yang Tidak Sehat


Kebiasaan pertama yang menyebabkan sembelit terjadi pada diri anda adalah karena kebiasaan anda untuk mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Tak bisa dipungkiri jika semakin berkembangnya zaman, berbagai macam jenis makanan yang lezat memang semakin bermunculan. Tetapi apakah anda pernah memikirkan apabila makanan yang anda konsumsi tersebut menjadi penyebab sembelit?

Ada beberapa jenis makanan yang ternyata dipercaya mampu meningkatkan risiko sembeli ini seperti makanan yang mengandung lemak tinggi. Di dalam tubuh sendiri, lemak memang menjadi kandungan yang penting untuk cadangan energy. Tetapi jika ternyata lemak tersebut merupakan lemak jahat, maka yang terjadi kesehatan tubuh anda akan terganggu.

Selain makanan yang mengandung lemak, makanan yang bertepung hingga fast food ternyata bisa menyebabkan risiko terkena sembelit lebih tinggi. Pada fast food sendiri memiliki kandungan garam dan lemak yang cukup tinggi, dimana bisa menghambat system pencernaan yang anda miliki. 

Waktu Makan yang Kurang Teratur 


Selain sering mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, kebiasaan penyebab sembelit lainnya adalah waktu makan yang kurang teratur. Tak bisa dipungkiri jika seseorang memang terkadang lebih mengendepankan kesibukan, hingga akhirnya melupakan kebutuhan perut mereka. Hal inilah yang menyebabkan mereka memiliki kebiasaan waktu makan yang berantakan. 

Dan ternyata ini juga menjadi salah satu penyebab mengapa sembelit bisa terjadi. Banyak orang yang akhirnya memutuskan untuk mengganti waktu makan untuk ngemil. Padahal jika terus dibiarkan kebiasaan ini bisa menghilangkan nutrisi yang ada didalam tubuh anda termasuk serat. Secara langsung akan menyebabkan anda untuk kesulitan untuk buang air besar. 

Mengkonsumsi Minuman Beralkohol


Penyebab yang satu ini sering terjadi pada orang dewasa yang memiliki kebiasaan untuk mengkonsumsi minuman beralkohol, terutama apabila mereka sedang berkumpul dengan teman. Memang terkadang bagi beberapa orang kurang lengkap rasanya, jika nongkrong tidak dilengkapi dengan alkohol. 

Tetapi tahukan anda jika minuman yang mengandung alkohol ini bisa meningkatkan sembelit untuk terjadi. Hal ini tidak lain karena minuman beralkohol ini memiliki sifat diuretic alias bisa menguras cairan yang ada didalam tubuh, sehingga potensi konstipasi lebih tinggi.

Sering Mengkonsumsi Minuman Berkafein 


Selain mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol, minuman yang mengandung cafein juga dipercaya sebagai penyebab mengapa seseorang kesulitan untuk buang air besar. Mengkonsumsi minuman dengan cafein seperti kopi memang bisa membantu anda untuk bersemangat dan menghilangkan rasa kantuk. Tetapi sayangnya kebiasaan mengkonsumsi minuman bercafein ini menjadi kebiasaan penyebab sembelit. 

Tak hanya itu saja, minuman dengan kandungan cafein yang tinggi ternyata juga bisa mengakibatkan jantung anda berdetak lebih kencang dan dapat membuat anda dehidrasi. Sehingga kekurangan cairan dan otomatis akan membuat anda kesulitan untuk buang air besar. 


Memiliki Kebiasaan Merokok 


Merokok menjadi kebiasaan yang paling umum dilakukan oleh orang dan menjadi kebiasaan yang paling tidak sehat untuk tubuh. Hal ini bukan tanpa alasan karena ternyata rokok menjadi salah satu penyebab dari sembelit. Ini bukan tidak lain adalah karena kandungan nikotin yang ada didalamnya.

Tak hanya itu saja, kebiasaan ini ternyata juga bisa mengakibatkan beberapa penyakit berbahaya lainnya seperti gangguan pernapasan hingga kanker paru-paru. Inilah sebabnya, ada baiknya untuk menghindari kebiasaan yang tidak memberikan keuntungan bagi tubuh anda ini. 

Lebih Memilih Minuman Manis Dibandingkan Air Putih 


Minuman manis memang bisa membuat siapapun tidak bisa menolak untuk tidak meminumnya. Nah, saat suhu udara sedang meningkat drastic, minuman manis yang dingin memang akan lebih menggiurkan dibandingkan air putih. Tetapi tahukan anda salah satu kebiasaan penyebab sembelit adalah kurangnya mengkonsumsi air putih? 

Padahal sebenarnya peran air putih ini sangat penting terutama untuk membuat sistem pencernaan anda semakin lancar. Inilah sebabnya agar anda tidak ingin terkena sembelit, anda bisa segera mengkonsumsi air yang cukup. Adapun kebiasan buruk lainnya yang bisa meningkatkan sembelit seperti gaya hidup yang tidak sehat hingga waktu istirahat yang tidak cukup. Dengan mengetahui 6 kebiasaan penyebab sembelit, maka anda bisa terhindar dari sembelit dan hidup lebih sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel