Berbagai Manfaat Infused Water yang Baik Bagi Kesehatan

Manfaat infused water bagi kesehatan sangatlah banyak. Mungkin anda sudah sering mendengar istilah infused water karena akhir-akhir ini sudah banyak yang mengonsumsinya. Bagi yang belum tahu, sebenarnya apakah infused water itu? Infused water adalah campuran air mineral dengan berbagai bahan bermanfaat dari potongan buah-buahan, sayuran segar, herbal atau rempah-rempah. Tidak ada aturan suatu keharusan satu bahan saja. Tetapi dapat menggunakan berbagai bahan sesuai dengan kebutuhan dan kesukaan anda. 

Meskipun banyak macam bahan yang digunakan, infused water yang cukup terkenal adalah dari potongan buah-buahan. Disamping menyegarkan, rasa manis alami buah juga akan rasakan. Minuman campuran ini harus anda simpan terlebih dahulu kurang lebih 1-12 jam agar sari buah sudah menyatu dengan air. Cukup mudah membuatnya. Meskipun mudah tetapi kaya akan manfaat. Apa saja manfaat infused water? Mari kita bahas bersama-sama beberapa manfaat dari mengonsumsi infused water setiap saat.

Berbagai Manfaat Infused Water yang Baik Bagi Kesehatan

Membuang Racun dalam Tubuh

Manfaat infused water yang cukup mengejutkan adalah detoksifikasi. Dengan meminum infused water secara berkala, dipercaya dapat membantu membuang racun dalam tubuh. Mebuang racun yang menumpuk di tubuh tentu saja dapat membuat tubuh anda menjadi sehat, serta bonusnya dapat membantu menurunkan berat badan. Sebenarnya, fungsi detkosifikasi ini masih belum dapat dibuktikan secara rinci. Meskipun belum terbukti secara ilmiah, tetapi anda tetap dapat memanfaatkan infused water.

Tubuh manusia sebenarnya sudah mempunyai cara tersendiri untuk membuang racun dalam tubuh. Peran detoksifikasi racun dalam tubuh ini dilakukan oleh hati dan ginjal melalui urin, fese atau keringat. Untuk membantu kerja hati dan ginjal, anda disarankan untuk banyak minum air putih dan juga makanan berserat seperti sayur atau buah. Tentu saja infused water menyediakan kebutuhan yang hati dan ginjal butuhkan. Sehingga proses detoksifikasi akan berjalan dengan baik secara alami.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat infused water selanjutnya adalah melancarkan sistem pencernaan. Sistem pencernaan erat kaitannya dengan makanan atau minuman yang anda konsumsi. Gangguan sistem pencernaan yang sering dialami adalah sembelit. Saluran pencernaan tersumbat oleh berbagai materi yang tidak mudah dicerna oleh usus. Hal ini tentu saja membutuhkan cairan yang cukup untuk mempermudah kinerja usus untuk mencerna makanan. Cairan dari infused water kaya akan serat dan vitamin sehingga dapat melancarkan sistem pencernaan. 

Minum banyak air merupakan cara yang ampun untuk membantu kerja usus dalam mencerna makanan. Saluran pencernaan menjadi lebih lancar dan terhindar dari konstipasi. Pada dasarnya, air memang sangat berguna bagi tubuh. Air dapat  mengoptimalkan kerja organ-organ di dalam tubuh. Air membuat tubuh bekerja lebih optimal. Proses pembuangan zat sisa pun akan lebih maksimal. Terlebih dengan kandungan vitamin serta serat yang banyak, tentu saja manfaatnya akan lebih dirasakan tubuh anda. 

Mencegah Penuaan Kulit

Terdapat buah-buahan yang sering digunakan untuk infused water, seperti buah jeruk, lemon, stroberi dan juga kiwi. Buah-buahan tersebut banyak digunakan karena kaya akan antioksidan dan vitamin C. Bebagai buah-buahan dan sayuran memang kaya akan antioksidan dan vitamin C. Tentu saja antioksidan dan vitamin C memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit anda. Termasuk salah satunya untuk mencegah penuaan dini pada kulit. Itulah manfaat infused water bagi kulit anda. 

Antioksidan dan vitamin C sudah terbukti dapat memproduksi kolagen lebih banyak dalam tubuh. Kolagen ini berfungsi untuk mengencangkan kulit dan juga membuat kulit lebih kenyal. Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan mencegah penuaan dini tentu saja tidak semata-mata hanya minum infused water saja. Harus diimbangi pula dengan pola hidup dan makanan yang sehat. Rutin berolahraga serta menjaga asupan gizi bagi tubuh juga harus anda lakukan. 

Cara Lain Konsumsi Vitamin

Mengonsumsi vitamin memang sangat dibutuhkan bagi tubuh. Memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh salah satunya didapatkan dari infused water. Infused water kaya akan vitamin dari buah-buahan dan sayuran di dalamnya. Beberapa diantaranya mengandung vitamin yang dapat larut dalam air. Merendam buah dan sayur akan membuat vitamin keluar dan larut dalam air yang akan anda minum. Meminum infused water dapat menjadi salah satu cara lain untuk memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh.

Demikian beberapa manfaat dari infused water yang akan anda rasakan. Infused water dapat menjadi salah satu cara anda untuk memenuhi berbagai vitamin dan juga serat dalam tubuh. Bagi ada yang tidak begitu suka mengonsumsi buah dan sayur secara langsung, cara ini juga dapat menajdi alternatif anda untuk mengonsumsi buah dan sayur.  Segala manfaat infused water di atas tentu saja harus anda  imbangi dengan pola hidup yang sehat pula.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel