Wajib Tahu! Inilah Penyebab Kelelahan Otot & Cara Mengatasinya

Apa Anda tahu apa penyebab kelelahan otot yang mungkin seringkali Anda alami? Artikel kali ini akan membahas berbagai hal yang menyebabkan kelelahan otot dan juga cara mengatasinya. Namun, Anda perlu tahu dulu apa itu kondisi kelelahan otot? Kelelahan otot adalah kondisi di mana otot kekurangan energi dan juga kekuatan sehingga otot-otot tersebut perlu untuk diistirahatkan. Kelelahan otot dapat menyebabkan seseorang mengalami penurunan dalam melakukan aktivitas fisik sehari-hari.

Banyak ahli medis yang menganggap bahwa kelelahan otot juga dapat diartikan sebagai penurunan kekuatan maksimal atau juga penurunan kapasitas daya otot. Penyebab kelelahan otot biasanya dapat terjadi apabila seseorang terlalu sering bekerja keras tanpa memperhatikan kebutuhan tubuh mereka untuk beristirahat. Apakah kelelahan otot ini merupakan hal yang berbahaya? Apabila Anda tidak peduli terhadap otot yang lelah, maka kegiatan sehari-hari akan terganggu.

Penyebab Kelelahan Otot

Berikut adalah poin-poin penting yang perlu Anda ketahui mengenai apa saja yang menjadi penyebab otot mengalami kelelahan dan juga cara mengatasinya.

Penyebab Kelelahan Otot

Penyebab pertama kelelahan otot yang umum dialami banyak orang adalah aktivitas yang terlalu berlebihan. Seringkali Anda mungkin melakukan aktivitas berlebihan tanpa sadar karena terlalu asyik bekerja sampai lupa bahwa tubuh Anda butuh istirahat. Gangguan ini seringkali terjadi pada pekerja kantoran dan tidak sedikit juga para ibu rumah tangga yang seperti kita ketahui jarang memiliki waktu untuk istirahat.

Kurangnya istirahat dari aktivitas berlebihan juga menyebabkan kurangnya waktu untuk tidur yang menjadi penyebab kelelahan otot yang lain. Para ibu rumah tangga memiliki risiko lebih besar mengalami kelelahan otot karena aktivitas sehari-hari yang sangat beragam dimulai dari memasak, mencuci piring, mencuci pakaian, menjemur, setrika, mengurus anak, mengurus suami dan lain sebagainya.

Penyebab ketiga adalah olahraga yang berlebihan. Olahraga merupakan aktivitas yang dianjurkan untuk dilakukan oleh para ahli kesehatan demi mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Namun, kegiatan olahraga yang terlalu sering dan juga berat tidak akan berakibat baik untuk otot tubuh. Olahraga berlebihan akan mengakibatkan tubuh kekurangan oksigen sehingga produksi asam laktat akan meningkat.

Kadar asam laktat yang meningkat di dalam tubuh akan membuat nyeri pada otot, sakit perut dan juga mual. Selain itu, stress dan juga depresi dapat menjadi penyebab kelelahan otot yang terlalu sering. Saat seseorang mengalami stress karena adanya tekanan, hal tersebut juga akan berimbas negatif pada kesehatan fisik tubuh Anda termasuk juga otot yang menjadi cepat lelah.

Wanita yang sedang mengalami menstruasi juga dapat membuat otot menjadi cepat lelah karena perubahan hormone estrogen dan juga progesterone yang terjadi selama masa menstruasi. Menstruasi dapat menyebabkan tubuh dehidrasi ketika darah yang dikeluarkan terlalu banyak. Hal tersebut membuat tubuh menjadi cepat lelah.

Efek Kelelahan Otot

Banyak sekali efek samping yang dapat dirasakan apabila seseorang mengalami kelelahan otot. Pertama, ia pasti tidak akan memiliki motivasi dalam bekerja dan beraktivitas. Ya, saat otot sedang mengalami kelelahan, rasa semangat untuk beraktivitas pasti akan menurun. Setelah itu, konsentrasi juga akan sulit untuk dilakukan karena kelelahan yang dirasakan terus menerus. Maka dari itu, istirahat yang cukup merupakan metode terbaik untuk kembali beraktivitas dan berkonsentrasi.

Bayangkan saja apabila Anda tidak cukup waktu untuk beristirahat, dapatkan Anda melakukan aktivitas normal seperti biasa? Apakah pikiran Anda juga mampu bekerja secara maksimal? Bagaimana pun juga, energi yang cukup bisa didapatkan dari istirahat dan juga pola makan yang tepat. 

Cara Mengatasi Kelelahan Otot

Setelah mengetahui penyebab kelelahan otot, anda bisa mengetahui apa saja cara untuk mengatasinya. Cara mengatasi kondisi kelelahan otot adalah dengan istirahat yang cukup. Anda juga harus memastikan bahwa tubuh Anda terhidrasi dengan baik. Pola makan dengan asupan gizi dan nutrisi yang baik juga amat penting untuk kesehatan otot dan juga tubuh Anda. Daging ayam merupakan salah satu sumber protein, vitamin dan mineral yang bagus untuk memperbaiki sel-sel otot di dalam tubuh.

Daging ayam tersebut dapat Anda konsumsi dengan cara di sop, dijadikan ayam bakar, ayam goreng dan olahan daging ayam lainnya. Selain itu, daging ayam juga terbukti mampu meredakan kelelahan otot dan juga mampu membantu Anda untuk meningkatkan konsentrasi dalam bekerja, belajar dan beraktivitas.

Intinya, Anda harus tahu batas di mana tubuh Anda butuh untuk beristirahat. Sama hal nya seperti penggunaan smartphone yang tidak bisa terus-terusan digunakan. Smartphone juga butuh untuk diberikan waktu untuk istirahat seperti diisi penggunaan daya-nya dan juga dimatikan beberapa saat. Begitu juga dengan tubuh Anda, banyak organ-organ di dalam tubuh yang perlu diistirahatkan agar bisa beraktivitas normal seperti biasanya.

Hindarilah hal-hal yang menjadi penyebab kelelahan otot dan mulailah pola hidup sehat dimulai dari sekarang.

sumber : http://www.ringkaskata.com/tag/kesehatan/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel