Sering Lelah? Ikuti 3 Cara Mengatasi Kelelahan Ini

Anda sering merasa cepar lelah saat melakukan fisik dan ingin mengetahui cara mengatasi kelelahan tersebut? Pada artikel kali ini, kami akan membahas beberapa penyebab mengapa seseorang seringkali merasa terlalu cepat lelah dan juga tips mengatasi kelelahan tersebut. Bagaimana pun juga, memiliki tubuh dengan stamina prima tanpa cepat merasa lelah adalah hal yang diidamkan banyak orang. Kebugaran tubuh akan membantu Anda mengerjakan kegiatan sehari-hari tanpa hambatan.

Terlalu cepat lelah tentunya akan membuat Anda merasa terganggu dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari. Pekerjaan yang sedang dilakukan pasti akan terhambat. Bahkan, pekerjaan ringan juga akan menjadi jauh lebih berat karena tubuh yang merasa lelah. Untuk itu, Anda perlu mengetahui akibat-akibat dari kondisi tersebut dan kenali juga cara mengatasi kelelahan agar aktivitas keseharian Anda tidak lagi terhambat. 

Cara Mengatasi Kelelahan

Perhatikan Pola Makan

Poin pertama yang penting untuk Anda lakukan adalah dengan memperhatikan pola makan Anda. Ya, pola makan yang baik dan juga teratur akan membantu Anda mengatasi rasa mudah lelah yang mungkin seringkali terjadi. Pastikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda berupa vitamin dan zat besi yang penting sebagai energi ketika Anda sedang beraktivitas. Batasi juga konsumsi gula dan kafein dan tingkatkanlah asupan protein.

Konsumsi gula yang berlebihan bagi sebagian orang adalah sumber energi utama. Padahal, gula yang berlebihan akan menyebabkan fluktuasi gula darah yang berlanjut kepada penurunan energi. Anda tidak ingin hal tersebut terjadi bukan? Konsumsilah gula secukupnya tanpa harus berlebihan. Bila perlu, dapatkan glukosa atau gula alami melalui buah-buahan dan sayuran.

Jangan lupa untuk mengonsumsi air mineral yang cukup. Ya, hal ini sangatlah penting mengingat 90% tubuh manusia terdiri dari air. Darah yang beredar di dalam tubuh juga membutuhkan air agar dapat beredar dengan baik tanpa terjadi pengentalan dan penggumpalan darah. Tubuh yang mengalami dehidrasi akan lebih cepat merasa lelah dibandingkan tubuh yang terhidrasi dengan baik.

Anda juga perlu menghindari makan-makanan cepat saji karena biasanya makanan cepat saji mengandung lebih banyak pengawet dan juga garam yang tentunya tidak terlalu baik bagi tubuh apabila terlalu sering dikonsumsi. Ganti saja makanan tersebut dengan konsumsi kacang-kacangan sebagai pemasok energi bagi tubuh Anda. Pada intinya, memperhatikan pola makan dapat menjadi salah satu cara mengatasi kelelahan.

Kelola Stres dengan Baik

Cara mengatasi kelelahan yang kedua adalah dengan melakukan kelola stress yang baik. Bagi Anda yang rentan terserang stress, ada baiknya Anda segera mengelolanya dengan baik. Hal ini penting juga untuk menjaga kesehatan tubuh Anda meski pun stress dan depresi merupakan gangguan yang berada di dalam pikiran dan psikologis. Banyak ahli medis beranggapan bahwa faktor cepat lelah pemicu terbesarnya adalah stress yang tidak dikelola dengan baik.

Lalukanlah metode-metode relaksasi sebagai cara mengatasi kelelahan untuk membantu Anda rileks. Anda juga perlu belajar untuk berkata ‘tidak’ atas hal-hal yang membuat Anda tidak bahagia dan membuat Anda keberatan. Pekerjaan menumpuk juga dapat menjadi pemicu stress, untuk itu sesekali ambilah waktu untuk berlibur, istirahat dan ‘melarikan diri’ sejenak dari aktivitas yang membosankan. Hal Selesaikan juga masalah dengan komunikasi yang baik tanpa harus memaksakan diri sendiri.

Cukupi Kebutuhan Istirahat

Poin terakhir ini merupakan cara paling penting yang wajib Anda patuhi. Cukupilah kebutuhan istirahat Anda. Jika Anda merasa mengalami kesulitan untuk tidur atau insomnia, segeralah periksakan diri Anda ke dokter. Jangan meminum obat asal-asalan tanpa anjuran dari dokter. Perlu Anda ketahui juga, tidur siang juga merupakan cara terbaik untuk meningkatkan stamina Anda. Coba tidur siang sekitar 10-20 menit setelah istirahat, dijamin konsentrasi Anda akan kembali.

Tiga cara mengatasi kelelahan di atas merupakan metode mudah dan penting untuk dilakukan. Karena, penyebab utama seseorang mengalami kelelahan pastinya adalah karena kurangnya waktu istirahat dan pola makan dan konsumsi air mineral yang belum baik. Namun, apabila Anda sudah menjalani cara-cara di atas dan masih merasa sangat kelelahan ada baiknya jika Anda segera memeriksakan diri Anda ke dokter.

Ada banyak penyebab mengapa seseorang begitu cepat mengalami kelelahan. Penyakit-penyakit kronis seperti anemia, diabetes, tiroid, gangguan saraf dan jantung dapat menjadi penyebab kelelahan yang akut. Tidak hanya itu, sering mengonsumsi obat-obatan tertentu juga dapat menjadi pemicu terjadinya kelelahan yang amat sangat. Konsultasikanlah ke dokter dan ahli medis mengenai obat-obatan yang Anda konsumsi dan juga kondisi tubuh yang sedang Anda alami.

Jagalah selalu kesehatan diri Anda dengan pola hidup yang sehat, konsumsi air mineral yang cukup, olahraga yang cukup yang merupakan cara mengatasi kelelahan yang Anda rasakan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel