Anda Seorang Penderita Diabetes? Inilah Cara Menjaga Gula Darah Normal

Mengetahui cara menjaga gula darah normal memang harus diketahui oleh penderita diabetes. Penderita diabetes sudah dinyatakan bahwa kadar gula darah di tubuhnya di atas rata-rata orang pada umumnya. Oleh karena itu harus selalu menjaga kadar gula darah agar tidak naik dengan tajam. Menjaga gula darah akan membantu anda untuk mengurangi resiko penyakit lain yang lebih ekstrim seperti penyakit jantung.  Penderita diabetes memang berpotensi untuk menimbulkan penyakit lain yang berbahaya. 

Begitu berbahayanya dampak apabila gula darah naik, membuat penderita diabetes selalu mempraktikan cara menjaga gula darah normal. Apabiala gula darah naik sedikit saja sudah membuat badan penderita mengalami gangguan. Oleh karena itu perlu untuk menjaga gula darah agar tetap normal. Terdapat banyak deretan makanan yang harus dihindari penderita diabetes. Disamping itu, ternyata beberapa tips kesehatan yang dapat anda lakukan untuk menjaga gula darah tetap normal.

Anda Seorang Penderita Diabetes? Inilah Cara Menjaga Gula Darah Normal

Merencanakan Pola Makan Sehat

Sudah menjadi kewajiban seorang penderita diabetes untuk mengetahui cara menjaga gula darah normal. Satu hal yang harus dilakukan adalah menjaga pola makan anda. Penyebab utama gula darah naik adalah mengonsumsi makanan yang membuat gula darah naik. Apabila anda sudah divonis mengidap penyakit diabetes, segeralah mengubah pola makan anda. Anda harus selektif dalam memilih makanan yang akan anda konsumsi. Ubahlah kebiasaan makan anda sebagai salah satu cara perawatan penyakit diabetes. 

Mengubah kebiasaan makan memang akan sulit pada awalnya. Anda dapat melakukannya secara bertahap. Mulai dari mengubah kebiasaan yang mudah dahulu hingga ke kebiasaan yang sulit. Apabila anda sudah terbiasa maka akan terasa nyaman, baik untuk kesehatan tubuh ataupun gula darah anda. Jika merasa kesulitan membuat rencana pola makan sehat, anda dapat meminta bantuan ahli gizi. Ahli gizi akan membantu anda dalam menyusun pola makan yang sehat untuk penderita diabetes.

Memperhatikan Asupan Karbohidrat

Perlu anda ketahui bahwa karbohidrat adalah nutrisi utama dalam makanan yang berperan untuk meningkatkan gula darah setelah makan. Bagi orang normal, mengonsumsi karbohidrat tentu tidak akan menaikkan gula darah secara cepat karena memiliki cukup insulin untuk menghambatnya. Lain hal dengan penderita diabetes, kadar insulin dalam tubuh terkadang tidak cukup saat dibutuhkan. Sehingga salah satu cara menjaga gula darah normal pada penderita diabetes adalah dengan menjaga asupan karbohidrat.  

Meskipun gula darah dapat meningkat dengan mengonsumsi karbohidrat, tidak membuat anda benar-benar menghindari karbohidrat. Penderita diabetes juga tetap membutuhkan energi yang bersumber dari karbohidrat untuk beraktivitas. Oleh karena itu anda harus pintar-pintar memperhatikan jenis asupan karbohidrat yang sehat untuk anda konsumsi. Pelajarilah cara menghitung jumlah karbohidrat yang harus anda penuhi agar tidak berlebihan mengonsumsinya. Lebih baik juga anda menghindari karbohidrat dari nasi putih atau minuman manis karena kadarnya sangat tinggi. 

Pilih Makanan Tinggi Serat

Cara menjaga gula darah normal yang selanjutnya adalah mengonsumsi makanan tinggi serat. Banyak kelebihan dari makanan tinggi serat baik bagi kesehatan anda. Bahkan terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa mengonsumsi makanan serat yang cukup dapat membuat anda tetap sehat. Serat berperan penting untuk mengurangi lemah darah, hingga dapat menurunkan gula darah dan mengurangi resistensi insulin. Mengonsumsi serat ternyata juga akan membuat anda kenyang dalam waktu yang lebih lama.
Mengonsumsi serat ternyata juga dapat membantu mencegah penyakit berbahaya lainnya seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, hingga kanker usus besar. Sungguh bermanfaat mengonsumsi serat bagi kesehatan tubuh manusia. Untuk dapat menurunkan gula darah, disarankan anda mengonsumsi serat lebih dari 25 gram sehari. Bahan makanan yang mengandung serat yang dapat dikonsumsi seperti biji-bijian, buah-buahan, sayuran dan kacang polong. Bahan-bahan tersebut sangat baik bagi tubuh apabila anda konsumsi.  

Menghindari Stres

Ternyata tidak hanya pola makanan saja yang dapat menaikkan gula darah anda. Stres juga dapat menaikkan kadar gula darah. Untuk itu, penting bagi anda untuk menjaga kesehatan mental dan emosi anda. Menghindari stres sebagai salah satu cara menjaga gula darah normal. Cobalah cara-cara untuk menenangkan dan merilekskan pikiran anda saat stres melanda. Cara sederhana seperti mengambil nafas yang lambat, memainkan musik yang menenangkan, dapat pula melakukan beberapa pose yoga.

Menurukan kadar gula darah bagi penderita diabetes memang cukup sulit. Apalagi dengan berbagai pantangan yang harus dihindarinya. Jangan sampai sulit menurunkan gula darah membuat anda putus asa hingga stres berkepanjangan. Segala pikiran tersebut justru akan meningkatkan gula darah anda. Selalu menjaga konsistensi kebiasan pola makan sehat juga harus dipertahankan. Jangan pernah lelah untuk menerapkan gaya hidup sehat setiap hari. Jangan lupa juga untuk menerapkan cara menjaga gula darah normal seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel