Inilah Cara Membiasakan Anak Gemar Berolahraga, Para Orang Tua Wajib Tahu

Membiasakan anak gemar berolahraga mungkin saat ini cukup sulit dilakukan. Terlebih adanya gadget dengan segala permainan yang mengasyikan untuk anak-anak. Anak-anak lebih memilih bermain gadget dibanding beraktivitas di luar ruangan. Pada kenyataannya, anak-anak usia 5 hingga 17 tahun membutuhkan aktivitas fisik yang memadai karena sedang dalam tahap perkembangan fisik dan mental. Perkembangan fisik dapat optimal apabila didukung dengan aktivitas di luar ruangan sambil belajar tentang lingkungan di luar rumah. 

Manfaat olahraga bagi anak-anak sangat banyak, diantaranya membantu pertumbuhan jaringan tubuh dan melatih koordinasi tubuh dengan baik. Olahraga dapat melatih otak untuk berkoordinasi dengan semua otot anggota gerak, sehingga keseimbangan tubuh terbentuk. Maka dari itu, olahraga sangat dibutuhkan anak-anak. Bahkan menurut rekomendasi WHO, anak-anak harus bergerak minimal selama 60 menit per hari dalam tiga hari per minggu. Mari kita selalu membiasakan anak gemar berolahraga dengan cara berikut.

Inilah Cara Membiasakan Anak Gemar Berolahraga, Para Orang Tua Wajib Tahu

Batasi Waktu Bermain Gadget

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk membiasakan anak gemar berolahraga adalah membatasi bermain gadget. Cara ini cukup ampuh untuk mengenalkan anak-anak aktivitas seru di luar ruangan selain bermain gadget. Terlebih bagi anak-anak yang sudah mengidap ketergantungan gadget. Mulailah untuk membatasi waktu bermain gadget. Buatlah jadwal tetap anak boleh bermain gadget, contoh 2 jam atau 1 jam saja dalam sehari. Atau lebih baik lagi, membatasi bermain gadget saat weekend saja. 

Apabila anda sudah berkomitmen untuk membatasi penggunaan gadget. Tentu saja anda juga harus berkomitmen untuk mengurangi penggunaan gadget pada diri anda sendiri. Akan sama saja apabila anda membatasi anak bermain gadget tetapi anda tetap dengan leluasa memainkannya di depan anak-anak dalam waktu yang lama. Sebisa mungkin anda dapat menjadi contoh bagi anak anda untuk tidak menggunakan gadget. Manfaatkan waktu anda untuk bermain bersama anak-anak tanpa menggunakan gadget.  

Bebaskan Anak Berolahraga Bersama Temannya

Membiasakan anak gemar berolahraga dapat dilakukan dengan membebaskan anak-anak bermain dan berolahraga bersama temannya. Sebagai orang tua, anda dapat memfasilitasi anak anda untuk bermain bersama teman-temannya. Fasilitasi anak anda dengan sepeda, bola atau alat olahraga lain untuk bermain bersama teman. Berikanlah dorongan serta motivasi agar mau berolahraga di luar ruangan bersama teman bermainnya. Bujuk anak anda agar ikut serta dalam aktivitas bersama seperti sepeda santai atau jalan-jalan bersama.  

Pada usia anak-anak, perkembangan sosialnya sedang dalam puncaknya. Anak-anak menyukai dunia bermain dengan teman-temannya. Pada tahap ini, keterampilan sosialisasi anak-anak juga harus digali agar anak-anak dapat berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Biarkanlah anak-anak bermain dan berolahraga bersama teman-temannya. Hal ini akan mengasah keterampilan sosial anak, sekaligus juga dapat meningkatkan minat anak terhadap dunia olahraga. Olahraga akan lebih menyenangkan apabila dilakukan bersama dengan teman-teman sepermainan.   

Tumbuhkan Pandangan Positif Tentang Olahraga

Menumbuhakan pandangan positif terhadap olahraga dapat menjadi cara terbaik untuk membiasakan anak gemar berolahraga. Anak-anak yang malas berolahraga rata-rata beranggapan bahwa berolahraga adalah  kegiatan yang membuat lelah dan berkeringat. Pandangan-pandangan negatif tentang olahraga inilah yang harus dihilangkan dari pikiran anak-anak. Untuk membuat anak menyukai olahraga, maka anda harus menumbuhkan pikiran-pikiran positif tentang olahraga. Mulailah dengan mengenalkan hal-hal menyenangkan dari olahraga. Hingga manfaat yang akan didapat dari olahraga. 

Menumbuhkan pandangan positif tentang olahraga dapat pula melalui memperkenalkan figur-figur olahragawan sukses. Memperkenalkan tokoh-tokoh sukses dalam dunia olahraga dapat meningkatkan motivasi anak-anak dalam dunia olahraga. Kenalkanlah kisah pemain sukses cabang-cabang olahraga terkenal seperti pemain sepak bola atau basket. Hal ini juga dapat meningkatkan minat anak dalam olahraga tersebut. Poin plus nya anak anda dapat menjadi atlet profesional apabila benar-benar menggeluti cabang olahraga tersebut.  

Jadikan Olahraga Rutinitas Rutin

Membiasakan anak gemar berolahraga dapat dilakukan bersama-sama dengan orang tua dan anggota keluarga lain. Biasakanlah anak untuk berolahraga bersama dengan anggota keluarga. Buatlah jadwal rutin olahraga bersama dengan keluarga, seperti olahraga bersama di akhir pekan atau setiap sore hari. Buatlah kegiatan olahraga menjadi kegiatan yang menyenangkan dan mengasyikkan. Tidak perlu olahraga yang berat, cukup dengan olahraga yang ringan saja seperti sepeda santai atau jogging santai berkeliling kompleks.

Anak-anak akan senang berolahraga apabila diajak dengan cara yang menyenangkan. Jangan pernah memaksa anak-anak untuk berolahraga. Sesuatu yang diawali dengan paksaan pasti akan berujung tidak menyenangkan. Dikhawatirkan dengan paksaan justru akan membuat anak tidak menyukai olahraga. Penuhilah dunia olahraga dengan pandangan positif pada anak. Gemar berolahraga akan tumbuh dengan sendirinya apabila anak sudah suka dengan dunia olahraga. Orang tua yang bijak adalah orang tua yang mampu membiasakan anak gemar berolahraga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel