Sering Buang Air Kecil Malam Hari, Normalkah?

Banyak orang yang waktu tidurnya terganggu, karena sering buang air kecil atau kencing pada malam hari. Dalam kondisi normal, buang air pada malam hari sebenarnya adalah hal yang wajar. Akan tetapi bagaimana dengan orang yang terlalu sering kencing saat malam hari. Apakah itu hal biasa? Pasalnya beberapa orang merasa terganggu dan khawatir akan kondisi tersebut.

Sebuah studi baru yang dilakukan di Jepang menemukan fakta bahwa, buang air kecil saat malam hari, disebut dengan kondisi nocturia. Kondisi ini berkaitan erat dengan gangguan hipertensi dan asupan garam tinggi. Nocturia sendiri merupakan kondisi dimana seseorang sering terbangun pada malam hari, karena harus buang air kecil.

Orang normal yang tidak mengidap nocturia bisa tidur hingga 8 jam tanpa harus buang air kecil. Sedangkan penderita nocturia bisa terbangun dari tidur sebanyak 2-6 kali pada malam hari, karena sering buang air kecil. Hal ini pastinya sangat menganggu, sehingga waktu istirahat menjadi tidak maksimal.

Waspadai Kondisi Medis dengan Gejala Sering Buang Air Kecil


Orang yang terlalu sering terbangun pada malam hari karena merasa harus buang air kecil artinya sedang ada gangguan dalam tubuhnya. Pasalnya, orang normal bisa menahan tidur tanpa buang air selama 8 jam. Berdasarkan studi yang dilakukan di Jepang, orang yang sering buang air kecil malam hari memiliki resiko besar masalah pada kandung kemih, tumor kandung kemih ataupun prostat.

Selain itu, ganguan control otot sfingter, wanita yang sedang hamil, penderita gagal jantung atau hati dan juga mengalami nocturia. Bertambahnya usia juga bisa menjadi faktor lain, kenapa Anda mengalami buang air kecil terlalu sering. Hal ini dikarenakan tubuh hanya bisa menghasilkan lebih sedikit hormone antidiuretik yang berfungsi menahan cairan.

Orang yang mengidap infeksi ginjal biasanya juga ditandai dengan sering buang air kecil. Kondisi ini ditambah dengan gejala sakit punggung, demam hingga menggigil. Selain itu, kerusakan pada saraf juga bisa memicu kondisi buang air kecil terlalu sering. Maka dari itu, jika Anda mengalami kondisi buang air kecil menjadi tidak normal, bisa jadi tengah mengidap salah satu penyakit tersebut.

Sering Buang Air Kecil
Sumber Gambar : freeimage.com

Cara Menangani Kondisi Sering Buang Air Kecil Malam Hari


Untuk penanganan gangguan buang air kecil ini harus disesuaikan dengan penyebabnya. Jika terjadi karena infeksi, maka penanganannya adalah dengan memberikan obat antibiotic. Untuk penyebab karena penyakit diabetes, maka penanganannya dengan mengontrol gula darah. Sedangkan jika sering buang air kecil disebabkan gangguan pada kandung kemih (overactive bladder) bisa ditanggani dengan langkah-langkah berikut :

1. Melatih kandung kemih

Cara pertama untuk menangani gangguan buang air kecil adalah dengan melatih kandung kemih. Caranya yaitu dengan berusaha mengendalikan jarak waktu buang air kecil, sehingga frekuensinya menjadi tidak terlalu sering. Dengan begitu kandung kemih Anda akan terbiasa menyimpan urine lebih lama sehingga Anda tidak sering buang air kecil lagi.

2. Mengubah pol makan

Selain dengan melatih kandung kemih, buang air kecil tidak normal juga bisa Anda atasi dengan mengatur pola makan menjadi lebih baik. Ada baiknya Anda mulai membatasi konsumsi kafein, soda, tomat, cokelat, makanan pedas dan pemanis buatan. Makanan-makanan tersebut memicu produksi urine berlebih yang membuat Anda buang air kecil terus menerus.

3. Akupuntur

Gangguan sering buang air kecil juga bisa Anda tanggani dengan pengobatan alternatif seperti akupuntur. Caranya yaitu dengan memanipulasi titik-titik tertentu pada permukaan tubuh. Cara ini bisa Anda pakai jika ingin mendapatkan hasil lebih cepat yang pastinya diimbangi dengan obat dokter.

Kurangi Asupan Garam Agar Tidak Sering Buang Air Kecil Saat Malam Hari


Selain dengan melatih kandung kemih, mencegah buang air kecil terlalu sering pada malam hari adalah dengan mengontrol asupan garam yang Anda konsumsi. Kadar garam berlebih memicu tubuh untuk mengeluarkan cairan lebih banyak baik melalui keringat maupun urine. Jika kandungan garam pada tubuh Anda terlalu banyak maka bisa membuat Anda lebih sering buang air kecil.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Nagasaki Jepang yang dilakukan oleh Dr. Matsuo Tomohiro, membuktikan bahwa pria dan wanita yang memiliki asupan garam tinggi lebih sering mengalami masalah tidur disebabkan oleh buang air kecil berlebih. Hal ini karena kandung kemih lebih cepat memproses urine dan langsung mengeluarkannya.

Itulah ulasan seputar gangguan kesehatan yang memicu gangguan pada frekuensi buang air kecil. Semua diagnosis dan penanganan di atas barulah analisa semata. Untuk memastikannya Anda harus memeriksakan kondisi Anda pada dokter berkompeten, agar kondisi sering buang air kecil yang Anda alami bisa ditangani dengan tepat dan Anda bisa kembali tidur malam dengan nyenyak.

Referensi :
- https://www.aladokter.com/Penyebab-Sering-Buang-Air-Kecil
-https://www.google.com/amp/s/hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/cara-mengurangi-sering-kencing-malam-hari/amp/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel