Cara Mudah Merawat Gigi Agar Terhindar dari Gigi Berlubang

Mengetahui cara merawat gigi memang seharusnya diketahui semua orang. Gigi merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia. Gigi menjadi alat penting untuk menghaluskan makanan yang akan kita makan agar mudah dicerna organ pencernaan.  Gigi yang sehat dan kuat tentu juga akan menambah kenikmatan saat anda makan. Semua makanan, baik keras atau empuk semua dapat dihaluskan dengan baik apabila gigi anda sehat. Makanan menjadi lebih nikmat untuk dimakan.

Akan tetapi, banyak orang tidak memperhatikan kesehatan gigi. Mungkin masih banyak yang berpendapat, gigi hanya peru disikat saja secara rutin. Nyatanya itu saja tidak cukup, untuk menghindari gigi berlubang tentunya ada beberapa treatment yang harus dilakukan. Akan menjadi masalah besar apabila gigi anda sudah berlubang. Makan jadi tidak enak, terlebih saat sakit melanda. Oleh karena itu mari kita mulai menjaga kesehatan dengan mengetahui cara merawat gigi agar tidak berlubang.

Cara Mudah Merawat Gigi Agar Terhindar dari Gigi Berlubang

Selalu Menyikat Gigi Setelah Makan

Kebiasaan sikat gigi yang lazimnya dilakukan kebanyak orang adalah menyikat gigi dua kali sehari saat bangun tidur dan sebelum tidur. Akan tetapi, secara medis menyikat gigi dua kali saja tidak cukup untuk mencegah gigi berlubang. Cara merawat gigi agar terhindar dari gigi berlubang adalah disarankan untuk menyikat gigi setiap setelah makan. Saat anda makan, secara tidak sadar atau tanpa anda ketahui pasti terdapat sisa makanan yang bersembunyi di gigi. 

Sisa makanan yang menempel pada gigi dapat membuat gigi berpotensi mengalami gigi berlubang. Sisa makanan yang tidak segera dibersihkan akan membusuk sehingga menjadi sarang kuman dan bakteri. Berawal dari inilah, bagian enamel gigi mulai terkikis oleh kuman dan bakteri dari sisa makanan yang telah membusuk. Oleh karena itu sangat disarankan untuk menyikat gigi setelah makan, atau setidaknya anda berkumur dengan air agar sisa makanan dapat keluar.  

Menggunakan Pasta Gigi yang Mengandung Flouride

Cara merawat gigi yang paling ampuh adalah dengan rutin menyikat gigi anda. Menyikat gigi sebagai salah satu usaha untuk membersihkan gigi dari sisa makanan atau kotoran yang menempel. Disamping fungsinya untuk membersihkan, ternyata sikat gigi juga berfungsi untuk merawat gigi anda. Gigi anda memerlukan perlindungan agar tidak mudah terkikis, terutama pada bagian enamel. Enamel adalah bagian terluar dari lapisan gigi. Enamel gigi memerlukan bahan flouride untuk melapisinya.

Flouride pada pasta gigi dapat melindungi gigi dari senyawa-senyawa asam yang dapat membuat gigi berlubang. Flouride ini ampuh untuk mencegah tumbuhnya bakteri pada plak gigi. Perlu diketahui bahwa plak gigi akan memproduksi zat asam untuk mengikis enamel gigi. Selain itu, bahan flouride juga membantu memperbaiki lapisan enamel sehingga kuat dan tidak mudah berlubang. Begitu penting peran flouride pada gigi, sehingga anda usahakan untuk menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride. 

Menghindari Makanan Penyebab Gigi Berlubang

Mengetahui cara merawat gigi yang baik akan percuma apabila anda tidak memperhatikan juga makanan yang anda konsumsi. Langkah perawatan tentunya tidak akan berhasil apabila tidak diimbangi dengan menjaga pola makanan dan menghindari makanan yang menyebabkan gigi berlubang. Makanan yang dapat menyebabkan gigi berlubang adalah makanan yang manis serta makanan yang mudah menempel di gigi. Contohnya  seperti permen manis, permen jeli, kue kering, cake manis, coklat, atau keripik.

Mengonsumsi permen karet justru disarankan karena dapat membantu membersihkan sisa makanan dalam mulut. Disamping menghindari makanan penyebab gigi berlubang, anda juga seharusnya rajin mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan gigi. Gigi juga perlu dirawat dengan memberikan asupan nutrisi agar kuat dan sehat. Contoh makanan yang sehat untuk gigi seperti sayuran, buah, susu, keju dan juga air putih. Mengonsumsi makanan sehat tentu juga akan berdampak positif pada kesehatan tubuh anda. 

Rutin Memeriksa Kesehatan Gigi Ke Dokter

Mencegah gigi berlubang juga memerlukan pemeriksaan dan konsultasi dengan dokter gigi. Cara ini paling ampuh untuk mengetahui kesehatan gigi anda. Gigi masing-masing orang mempunyai kekuatan dan ketahanan yang berbeda sehingga diperlukan pendapat seorang ahli. Pemeriksaan gigi perlu dilakukan secara rutin agar potensi gigi berlubang dapat segera diketahui sejak dini. Sehingga dapat segera dilakukan tindakan pencegahan. Salah satu cara merawat gigi yang baik adalah dengan rutin memeriksakan ke dokter. 

Melakukan perawatan gigi memang harus dilakukan setiap hari. Jangan sampai anda terlambat untuk merawat gigi, sehingga membuat gigi anda berlubang. Merawat gigi tidak harus menunggu anda merasakan sakit gigi terlebih dahulu. Gigi yang berlubang akan sangat berpotensi untuk membuat gigi anda sakit dan menganggu kenyamanan anda menikmati makanan. Tentu saja anda harus menghindari gigi berlubang dengan mengetahui cara merawat gigi yang benar. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel