Waspada!! Dampak Penyakit Diabetes Bisa Menyebabkan Risiko Gigi Busuk

Berbicara tentang dampak penyakit diabetes, mungkin sejauh ini masyarakat sudah banyak yang tahu tentang apa saja risiko yang bisa ditimbulkan ketika seseorang menderita diabetes. Namun, pernahkah Anda mendengar bahwa penderita diabetes bisa mengalami gigi busuk? Kedengarannya memang mengerikan bukan? Mari kita bahas lebih lanjut.

 Waspada!! Dampak Penyakit Diabetes Bisa Menyebabkan Risiko Gigi Busuk

Risiko Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes sendiri bukan merupakan sesuatu yang asing di telinga masyarakat. Kasus penyakit ini sendiri memang cukup tinggi di Indonesia. Lalu seberapa buruk dampak penyakit diabetes? Ada banyak sekali risiko dari penyakit diabetes seperti penurunan berat badan secara drastis, komplikasi dengan berbagai penyakit, sulitnya luka untuk kering dan lainnya. 

Namun tahukah Anda, bahwa tingginya kadar gula darah pada penderita diabetes membuat anggota tubuh lainnya termasuk mulut dan gigi ikut terkena dampaknya. Salah satunya adalah risiko gigi busuk yang dialami oleh beberapa penderita diabetes. Dilihat dari segi medis, semakin tinggi kadar gula darah pasien diabetes, maka semakin tinggi pula risiko mereka untuk terkena gigi busuk. 

Risiko ini terjadi karena tingginya kadar gula darah menyebabkan peningkatan kadar pati dan gula pada makanan yang dikonsumsi. Dimana pati dan gula tersebut akan berinteraksi dengan bakteri-bakteri yang sudah ada secara alami di rongga mulut.

Pengaruh Penyakit Diabetes pada Kesehatan Gigi

Bagi penderita diabetes yang belum menjalani pengobatan atau penanganan yang tepat, umumnya akan memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Karena tingginya kadar gula darah pada tubuh akan menyebabkan melemahnya sel darah putih yang berperan dalam sistem pertahanan tubuh terhadap infeksi bakteri. Termasuk sistem pertahanan pada mulut dan gigi.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa dengan tingginya kadar gula darah pada tubuh akan menyebabkan kesehatan mulut dan gigi menjadi terganggu. Kadar pati dan gula berpotensi untuk membentuk plak dan berisiko menyebabkan gigi berlubang. 

Banyaknya plak pada gigi apabila tidak dibersihkan secara teratur, maka lama kelamaan akan mengeras dan bisa menyebabkan iritasi pada gusi atau sekitar gigi. Akibatnya akan memicu Gingivitis dimana pada kondisi seperti ini gusi akan lebih mudah bengkak dan berdarah. Lebih buruknya lagi, dapat menimbulkan Periodonitis yang dapat menghancurkan tulang, gigi serta jaringan lunak di sekitarnya. 

Padahal seperti yang kita ketahui dampak penyakit diabetes menyebabkan penderitanya sulit untuk menyembuhkan luka dan dibutuhkan waktu yang lama untuk sembuh. Sehingga apabila gusi mengalami pendarahan dan luka, dibutuhkan waktu yang lama untuk sembuh dan ditangani. Bahkan beberapa kasus diabetes, kondisinya menjadi lebih parah karena cenderung dibiarkan. Itulah mengapa penting sekali bagi para penderita diabetes untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi mereka. 

Cara Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi Pada Penderita Diabetes

Meskipun risiko gigi busuk menjadi salah satu dampak penyakit diabetes yang mengerikan, namun sebenarnya risiko tersebut masih bisa dicegah. Untuk itu, para penderita diabetes bisa disarankan untuk melakukan beberapa upaya berikut ini untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi mereka:
  • Mengendalikan Kadar Gula Darah
Kadar gula darah pada pasien diabetes yang selalu terkendali dan terpantau, maka dapat mencegah risiko gigi busuk. Oleh karena itu, ada baiknya untuk melakukan secara rutin cek kadar gula darah.
  • Menggunakan Sikat Gigi yang Tepat
Sebaiknya untuk menggunakan sikat gigi yang halus (soft) serta pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride. Jangan menyikat gigi terlalu keras sehingga dapat mengiritas gusi dan menyebabkan luka. Bila perlu, bisa menggunakan dental floss untuk menghilangkan plak yang ada di sela-sela gigi.
  • Menggosok Gigi Secara Rutin
Paling tidak, lakukan gosok gigi secara teratur minimal dua kali sehari, yakni saat pagi dan ketika menjelang tidur. Akan lebih baik jika setelah makan selalu menggosok gigi.
  • Mencukupi Kebutuhan Cairan
Jangan biarkan rongga mulut kering, Anda bisa mengonsumsi cairan yang cukup atau bisa dengan mengunyah permen bebas gula sehingga dapat merangsang produksi ludah. Upayakan untuk minum air putih 8 gelas per hari.
  • Berhenti Merokok
Jika Anda perokok, sebaiknya segera berhenti dari kebiasaan merokok. Karena merokok dapat menyebabkan dampak penyakit diabetes yang lebih buruk, seperti gangguan pada paru-paru.







Menjaga pola hidup yang lebih sehat menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan oleh penderita diabetes agar terhindari dari risiko-risiko buruk penyakit diabetes. Akan percuma jika Anda menjalani rutinitas pengobatan penyakit diabetes, namun tidak dibarengi dengan usaha untuk mengubah pola hidup yang lebih sehat. 

Mungkin itulah ulasan tentang risiko penyakit diabetes dimana salah satu dampaknya dapat menyebabkan gigi busuk. Semoga dengan informasi diatas, dapat menjadi pengetahuan bagi para penderita diabetes dan mau mengubah pola makanan yang lebih sehat untuk meminimalisir dampak penyakit diabetes

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel