Jangan Anggap Sepele! 9 Gejala Awal Kanker ini Harus Anda Ketahui

Masih banyak masyarakat kita yang kurang peduli dengan kesehatan mereka, termasuk untuk mengenali gejala awal kanker. Kebanyakan pasien kanker yang memeriksakan dirinya ke dokter justru ketika sudah tahap yang serius. Padahal ketika kita bisa mengenali lebih dini tentang gejala kanker tahap awal, mungkin pasien akan memiliki kesempatan untuk sembuh lebih besar. 

Jangan Anggap Sepele! 9 Gejala Awal Kanker ini Harus Anda Ketahui

Apa itu Penyakit Kanker?

Mendengar kata kanker, ini merupakan salah satu penyakit yang menjadi momok yang mengerikan bagi setiap orang. Hal yang timbul di benak Anda ketika mendengar seseorang mengidap kanker, pasti akan berpikir bahwa itu adalah penyakit yang ganas dimana pasien memiliki harapan hidup yang rendah.

Lalu sebenarnya apa yang dimaksud dengan penyakit kanker? Kanker merupakan penyakit yang timbul, karena adanya pertumbuhan sel-sel yang tidak normal serta tidak terkendali. Pertumbuhan dari sel tersebut menyebabkan kerusakan pada jaringan atau organ tertentu yang diserangnya. Sel-sel tersebut juga akan terus berkembang dan tumbuh menjadi sel baru meskipun sel-sel yang tua akan mati dengan sendirinya. 

Sel kanker akan terus tumbuh menggandakan dirinya hingga tidak bisa dikendalikan lagi. Sel kanker sendiri dapat menyerang bagian tubuh manapun. Sehingga ada banyak sekali jenis penyakit kanker yang dapat diderita oleh manusia. Kurang lebih, ada sedikitnya 200 jenis penyakit kanker yang sudah terdeteksi oleh medis. 

Gejala Kanker pada Tahap Awal

Mengingat bahwa kanker adalah sejenis penyakit yang mengerikan sekaligus mematikan, maka perlu adanya kesadaran dari masyarakat untuk mengenali lebih dini gejala awal kanker. Sehingga mereka bisa sesegera mungkin untuk memeriksakan diri ke dokter dan mendapatkan penanganan lebih lanjut. 

Karena untuk sel kanker yang sudah tumbuh dalam stadium yang kronis, harapan pasien untuk sembuh sangat kecil sekali. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda mengetahui beberapa gejala awal kanker berikut ini:
  • Mengalami Penurunan Berat Badan secara Drastis
Berat badan yang menurun tidak selalu menjadi gejala pada penyakit kanker. Namun ketika berat badan turun dalam waktu yang cepat tanpa disertai dengan sebab yang jelas, bisa jadi ini merupakan tanda gejala awal pada penyakit kanker seperti kanker paru-paru, kanker lambung, kanker esophagus dan kanker pankreas. 
  • Demam
Demam juga merupakan salah satu bentuk reaksi tubuh untuk merespon suatu penyakit. Namun ketika seseorang mengalami demam tanpa sebab. Bahkan ketika dirinya sedang tidak merasakan sakit apapun dan terjadi berulang kali, bisa jadi itu merupakan gejala awal pada kanker jenis leukemia atau limfoma.
  • Pendarahan
Pernah mengalami pendarahan saat buang air besar? Jangan diabaikan. Perlu Anda ketahui bahwa jenis kanker anus ditandai dengan gejala pendarahan pada saat buang air besar. Sedangkan jika seseorang mengalami pendarahan pada saat buang air kecil, bisa jadi itu merupakan gejala penyakit kanker kandung kemih. 
  • Benjolan pada Anggota Tubuh
Salah satu gejala awal kanker yang paling umum adalah munculnya benjolan pada anggota tubuh tertentu. Untuk gejala yang satu ini memang cukup membuat seseorang akan merasa panik ketika menyadarinya. Biasanya benjolan kanker akan muncul di sekitar payudara, sebagai tanda dari penyakit kanker payudara atau bisa juga di leher sebagai tanda kanker esophagus dan tiroid. 
  • Perubahan Warna Kulit
Tahukah Anda, ternyata tahi lalat bisa menjadi salah satu gejala kanker pada tahap awal. Apabila Anda memiliki tahi lalat dengan bentuk yang tidak beraturan atau tidak simetris serta terus bertambah besar, maka segera periksa ke dokter. Ini bisa menjadi salah satu tanda penyakit kanker kulit. Apalagi ketika diikuti dengan perubahan pada kulit yang menguning dan pertumbuhan rambut yang tidak normal.
  • Batuk yang Tidak Kunjung Sembuh
Waspada, batuk juga bisa menjadi salah satu indikasi gejala awal kanker. Apalagi jika Anda mengalami batuk lebih dari 3 minggu yang tidak kunjung sembuh dan disertai dengan nyeri dada, sesak napas dan dahak berdarah. 
  • Berkeringat di Malam Hari
Gejala yang satu ini memang sering diabaikan, karena banyak yang mengira bahwa berkeringat di malam hari adalah hal yang biasa. Namun ternyata, ini juga menjadi salah satu gejala kanker leukemia dan kanker hati pada tahap awal. 

Pencegahan Penyakit Kanker

Mengingat bahaya dan dampak dari penyakit kanker yang merugikan, maka dari itu perlu upaya pencegahan supaya terhindar dari penyakit kanker. Berikut beberapa diantaranya yang bisa Anda lakukan untuk merubah gaya hidup yang lebih sehat:
  • Menghilangkan kebiasaan merokok
  • Meningkatkan konsumsi buah dan sayuran
  • Membatasi makanan dari daging olahan
  • Mempertahankan berat badan yang ideal
  • Mengurangi paparan sinar matahari langsung
  • Rutin melakukan check up

Kapan Anda harus ke dokter? Apabila Anda mengalami beberapa gejala awal penyakit kanker seperti yang sudah disebutkan diatas, ada baiknya Anda langsung berkonsultasi ke dokter tanpa harus menunggu keadaan yang lebih parah. Jangan pernah menganggap sepele suatu gejala yang patut untuk diwaspadai. Itulah mengapa Anda harus mengetahui gejala awal kanker agar tahu kapan harus ke dokter. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel