Cara Menjaga Kesehatan Pekerja Shift Malam; Penting Diketahui

Menjaga kesehatan pekerja shift malam memang harus dilakukan. Beberpa pekerjaan memang menuntut anda harus bekerja di malam hari. Pekerjaan seperti dokter, perawat, jurnalis, customer service, hingga pegawai pabrik mengharuskan pegawainya untuk bekerja pada shift malam. Beberapa resiko kesehatan memang harus anda temui apabila mengambil shift malam. Malam hari sebagai waktu beristirahat pasti akan menimbulkan masalah apabila tidak dipenuhi. Masalah kesehatan berhubungan dengan sistem metabolisme tentu akan anda temui.

Beberapa masalah kesehatan yang beresiko pagi pekerja shift malam adalah penyakit jantung, gangguan pencernaan, obesitas, hingga penyakit kanker yang berbahaya. Selain itu, produksi hormon melatonin yang berfungsi untuk mengatur jam biologis tidur juga akan menurun. Hal itu dapat membuat keseimbangan tubuh menurun. Untuk itu, menjaga kesehatan pekerja shift malam harus anda lakukan. Berikut beberapa tips yang dapat anda lakukan saat bekerja pada shift malam.

Cara Menjaga Kesehatan Pekerja Shift Malam yang Penting Untuk Anda Ketahui

Mencukupi Kebutuhan Tidur

Menjaga kesehatan pekerja shift malam adalah dengan mencukupi kebutuhan tidur anda. Meskipun anda bekerja pada malam hari, anda tetap harus mengatur pola tidur anda. Tubuh tetap membutuhkan istirahat untuk mengisi energi kembali setelah semalaman anda terjaga. Kebutuhan tidur orang dewasa kurang lebih 7-9 jam sehari. Kebutuhan tidur tersebut harus anda penuhi. Sehingga hutang tidur yang diperlukan tubuh harus anda lakukan sesegera mungkn setelah anda selesai bekerja. 

Sebisa mungkin luangkanlah waktu antara 7 sampai 9 jam untuk tidur setelah bekerja shift malam. Segeralah tidur setelah anda selesai bekerja, menunda-nunda tidur dapat mengurangi kualitas tidur anda. Settinglah kamar tidur anda dalam keadaan gelap dan tenang agar membuat tidur anda nyaman. Bila perlu gunakan penutup telinga agar terhindar dari suara bising dari aktivitas di luar kamar. Pergunakanlah waktu tidur anda dengan sebaik-baiknya dan tetap menjaga kualitas tidur anda.

Pola Makan Yang Sehat

Pekerja shift malam memiliki potensi masalah sindrom metabolik yang mengancam. Shift malam berpotensi meningkatkan resiko obesitas karena pola makan yang buruk serta gangguan jam biologi untuk tidur. Untuk menghindari risiko obesitas dan gangguan biologi tersebut, maka anda perlu mengatur pola makan yang tepat agar tetap sehat bekerja di malam hari. Usahakan anda tetap makan dengan pola makan yang sama meski anda bekerja di malam hari. Terlalu banyak makan pada malam hari justru meningkatkan potensi obesitas. 

Mengonsumsi camilan sehat juga dapat menjaga kesehatan pekerja shift malam. Memakan camilan yang sehat dapat menghindari anda dari rasa kantuk, juga menghindarkan anda dari kenyang yang berlebihan. Anda perlu menghindari jenis makan yang sulit dicerna karena akan mengganggu saluran pencernaan anda. Lebih baik perbanyak makan buah dan sayur yang mudah dicerna serta kaya akan vitamin, mineral, serta serat. Perbanyak pula minum saat bekerja pada malam hari.

Batasi Konsumsi Kopi

Bekerja shift malam memang menuntut anda untuk dapat terjaga di malam hari. Agar dapat terjaga di malam hari, sebagian orang memanfaatkan kopi untuk menahan rasa kantuk. Kopi memang terkenal ampuh untuk menjaga kesadaran anda di malam hari. Kandungan kafein dalam kopi berperan sebagai stimulan yang mampu memberikan energi meski pada malam hari. Akan tetapi anda perlu membatasi jumlah kopi yang Anda Konsumsi untuk menjaga kesehatan pekerja shift malam seperti anda. 

Saat anda akan mengonsumsi kopi, pastikan anda tidak mengonsumsi secara berlebihan. Anda harus sesuaikan dengan dosis harian yang dapat dikonsumsi agar tidak berlebihan. Pekerjaan di malam hari tidak lantas membuat anda minum kopi secara berlebihan. Apabila anda berlebihan dalam mengonsumsi kopi dapat menyebabkan gangguan pencernaan serta kejang otot. Batasi pula minum kopi sekitar 6 jam sebelum anda tidur. Jangan sampai kopi yang anda konsumsi memengaruhi kualitas tidur anda. 

Atur Jadwal Shift

Meskipun pekerjaan anda menuntut anda untuk bekerja dengan shift malam, anda harus tetap mengatur jadwal shift Anda. Beberapa tempat kerja memungkinkan anda untuk dapat mengatur jadwal shift anda sendiri. Apabila bisa, aturlah jadwal sehigga tidak membuat anda bekerja shift malam secara berturut-turut. Bekerja shift malam secara berturut-turut akan membat pola tidur anda berantakan. Sebisa mungkin batasi melakukan shift malam untuk dapat menjaga kesehatan pekerja shift malam.

Risiko kesehatan tubuh terganggu memang harus anda terima apabila pekerjaan anda menuntut shift malam. Setiap orang pasti memiliki cara tersendiri yang berbeda untuk menjalani kerja shift malam. Beberapa ulasan di atas memang tidak sepenuhnya membuat tubuh anda sehat. Anda tetap harus menjaga pola hidup yang baik agar tetap sehat meski bekerja di malam hari. Semoga beberapa tips di atas dapat membantu menjaga kesehatan pekerja shift malam seperti anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel