Ternyata Ini Berbagai Jenis Sakit Kepala yang Wajib Anda Kenali

Sakit kepala memang bisa menyerang siapa saja, maka penting untuk mencari tau jenis sakit kepala yang berbeda-beda. Penyakit belakangan ini memang kurang dipeduli oleh banyak masyarakat dengan alasan yang berbeda. Ada yang mengaku kurang dalam pendanaan dan juga jauh dari akses mendukung sehingga tidak memperdulikan penyakit. Namun, meski ada beberapa diantara yang mengalami kesusahan seperti ini yang terpenting harus memperdulikan sakit kepala. 

Jenis Sakit Kepala

Apa Saja Jenis-jenis Sakit Kepala?

Untuk mengetahui jenis dari sakit kepala apa yang Anda alami, berikut ini beberapa jenis penyakit yang harusnya Anda kenali. Diketahui bahwa ada 150 jenis sakit kepala dengan jenis berbeda di dunia.

1. Sakit kepala tegang 
Jenis dari sakit kepala ini menjadi kondisi yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang. Bahkan, diketahui hampir semua orang pernah mengalami sakit kepala ini dalam hidup mereka. Penyakit ini ditandai dengan adanya sakit di bagian kanan yang terjadi secara terus-menerus alias secara konstan. Penyebab sakit kepala ini belum diketahui secara pasti ada penyebabnya, namun Anda pasti akan mengalami tekanan di belakang mata dan rahang.

Namun, jangan khawatir karena jenis sakit kepala tegang ini tidak akan mengganggu kehidupan sehari-hari. Ada beberapa kasus yang mengatakan bahwa salah satu dari berbagai jenis dari sakit kepala ini akan hilang setelah 30 menit. Tetapi, tetap harus Anda tuntaskan karena akan sangat mengganggu aktivitas yang dilakukan sehari-hari. 

2. Migrain
Serangan sakit kepala yang terjadi secara berulang-ulang dengan diikuti rasa nyeri ini memang biasa kondisinya parah. Sakit yang juga ditandai dengan hanya sakit kepala sebelah saja, akan merasa denyut yang intens. Rasa sakit yang Anda alami juga terasa seperti adanya hantaman benda keras. Meski begitu, kondisi ini termasuk salah satu gangguan neurologis turunan yang diakibatkan oleh ketahanan yang lebih rendah terhadap rangsangan.

3. Sakit kepala cluster 
Jenis sakit kepala ini hampir sama seperti migrain yang ditandai dengan sakit di salah satu bagian kepala. Yang membedakan sakit kepala cluster ini dengan berbagai jenis dari sakit kepala lainnya adalah rasa nyeri yang intens terjadi. Sakit kepala ini juga terjadi secara tiba-tiba dan juga bisa muncul di belakang mata atau area sekitarnya. Selain rasa nyeri yang muncul, saat Anda terserang sakit ini juga akan mengalami mata memerah dan berair. 

4. Sakit kepala sinus
Jenis sakit kepala ini ditandai dengan rasa nyeri yang intens dan konstan di tulang pipi, batang hidung, dan dahi. Namun, Anda harus pandai-pandai memahami sakit kepala sinus ini karena hampir sama dengan sinus. Dikhawatirkan virus ini akan menyebar ke rongga sinus melalui saluran pernapasan atas. Sehingga, jika sudah tersebar maka dapat menyebabkan dinding sinus mengalami peradangan.

5. Sakit kepala hormon
Yang terakhir, jenis dari sakit kepala yang diketahui adalah sakit kepala hormon yang terjadi pada wania yang sudah mendekati menopause. Pemicu dari sakit kepala ini adalah setelah kehamilan atau konsumsi pil KB. Jika Anda mengalami keadaan seperti ini, jangan diabaikan karena dapat mengganggu kondisi kesehatan yang lebih serius, seperti stroke. 

Tips Mendiagnosis Kondisi Sakit Kepala

Untuk melakukan diagnosis terhadap salah satu dari berbagai jenis sakit kepala ini sama juga dengan penyakit lain. Dimana Anda seharusnya menjumpai dokter dan menanyakan riwayat kesehatan yang Anda alami. Jika sudah, maka dokter nantinya akan memberikan pertanyaan yang lebih rinci dan juga melakukan pemeriksaan fisik. Tidak hanya itu, dokter juga akan menanyakan tentang gejala lain yang mungkin Anda alami. 

Nantinya, setelah Anda mendengarkan penjelasan dari dokter baru Anda bisa mengambil keputusan berdasarkan kesepakatan bersama dokter. Apakah itu akan dilakukan pemeriksaan seperti tes urin, tes darah, CT Scan, MRI, ataupun EEG.

Tips Mengobati Sakit Kepala Yang Bisa Anda Terapkan

Berikut ini beberapa cara atau tips yang bisa Anda terapkan untuk cara mengobati sakit kepala yang ampuh sebelum dengan konsumsi obat:

1. Relaksasi 
Untuk Anda yang sering melakukan kegiatan meditasi, bisa menggunakan teknik ini untuk meredakan sakit kepala. Namun, jika Anda belum pernah melakukan sebelumnya mungkin akan terasa sulit untuk melakukannya. Untuk tahapan caranya, bisa Anda lakukan dengan memejamkan mata dan kemudian atur napas Anda. Coba bayangkan Anda berada di tempat yang Anda inginkan alias tempat favorit yang nyaman. 

2. Istirahat di ruangan gelap
Saat sakit kepala menyerang, Anda mungkin akan mencari tempat nyaman yang bisa untuk istirahat. Ruangan gelap menjadi pilihan yang tepat untuk Anda jadikan tempat istirahat. Pastikan tempatnya gelap agar Anda bisa istirahat secara maksimal. 

3. Kompres
Tidak hanya bisa Anda lakukan saat terkena demam, namun kompres juga bisa Anda lakukan sebagai alternatif saat sakit kepala. Coba teknik kompres dengan menggunakan air dingin dan panas secara bergantian. Kompres di bagian kening dan leher menggunakan lap hangat. Air hangat dapat membantu peredaran darah Anda menjadi normal kembali. Baru kemudian bisa Anda lanjutkan kompres pada bagian yang sama dengan menggunakan air dingin. 

4. Pijat ringan
Proses penyembuhan pada berbagai jenis sakit kepala yang satu ini bisa dengan cara pijat ringan. Pada saat Anda merasakan sakit seperti ini, mungkin sulit rasanya jika Anda lakukan sendiri. Coba dengan minta bantuan anak atau keluarga untuk memijat agar proses penyembuhan bisa lebih cepat.

Untuk itu jaga kesehatan anda dengan melakukan beberapa tips diatas agar terhindar dari sakit kepala. Itulah beberapa penjelasan yang mungkin Anda butuhkan mengenai berbagai jenis sakit kepala, semoga bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel