10 Penyebab Sakit Kepala yang Wajib Anda Ketahui

Dari dulu hingga sekarang, penyakit sakit kepala memang hampir pernah dialami oleh semua kalangan. Penyebab sakit kepala yang banyak tidak dikenali menjadi pemicu kenapa seseorang itu mengalami penyakit yang parah. Karena tidak dihiraukan dan ditangani dengan tepat, akhirnya ada banyak dari Anda yang harus menjalani pengobatan ekstra. Maka, dari sekarang masalah kesehatan terutama kesehatan otak harus Anda jaga dan pelajari dengan baik.

penyebab sakit kepala

Pentingnya Mengenali Jenis Sakit Kepala yang Anda Alami


Kenapa Anda harus mengenali penyebab sakit kepala yang bisa saja diagnosa penyakit berbagai macam ragam? Karena, sebenarnya beda gejala dan penyebab pasti akan beda pula penanganan yang diberikan kepada mereka yang mengalami sakit kepala tersebut. Misalnya, ada beberapa kalangan yang mengalami sakit kepala disertai perih di bagian lambung yang ternyata itu gejala asam lambung. Maka, jika Anda tidak mengenal dengan baik masalah gejala yang satu ini, beda penanganan akan berdampak tidak baik. 

Apa Penyebab Sakit Kepala Tidak Terduga?


Pembahasan ini pasti membuat banyak penderita yang sebelumnya tidak pernah mengalami sakit kepala menjadi bertanya-tanya. Karena, tanpa angin tanpa hujan malah Anda mengalami gejala yang sangat ektrim dan tidak pernah dialami sebelumnya. Bisa saja hal ini pertanda awal bahwa Anda mengindap salah satu penyakit kepala aktif. Tetapi, bagi Anda yang sekiranya sudah sering mengalami sakit kepala jangan diabaikan begitu saja.

Berikut ini beberapa penyebab sakit kepala yang mungkin terjadi pada Anda secara tidak terduga:

1. Posisi tubuh
Entah bagaimana hubungannya, ternyata posisi tubuh yang buruk bisa menjadi salah satu pemicu hebat Anda mengalami sakit kepala. Posisi yang membungkuk terlalu lama atau posisi tidur yang tidak tepat tertentu ternyata juga bisa menjadi pemicunya. Maka, coba saat Anda mengerjakan suatu pekerjaan sesuaikan dengan posisi duduk mulai dari sejajarkan leher, bahu, dan posisi lainnya.

2. Makanan
Penyebab sakit kepala salah satunya bisa disebabkan oleh makanan yang Anda konsumsi seperti apa. Hal yang paling berpengaruh adalah makanan berminyak dan makanan junk food alias yang sudah disajikan dengan praktis. Untuk makanan berminyak ini lebih parahnya lagi, jika sudah dikeringkan yang kemudian dipanaskan berulang kali. 

3. Jadwal tidur yang tidak teratur
Mungkin Anda salah satu kalangan yang seringkali tidur terlambat dengan cara aktif bergadang. Untuk beberapa orang yang tidak cocok dengan sistem dan waktu tidur yang kurang, pasti akan mengalami sakit kepala. Apalagi jika Anda melanjutkan tidur di pagi hari, pasti akan sangat pusing dan malah waktu tidur Anda tidak nyenyak sama sekali. 

4. Banyak pikiran di benak Anda
Kejadian stres dan banyak pikiran memang tidak akan membuat Anda dan kondisi kesehatan baik-baik saja. Karena, jika terlalu Anda pikirkan bisa saja menjadi penyakit otak yang bahkan tidak terdeteksi lagi. Maka solusi yang bisa Anda lakukan ialah dengan cara merileksisasikan tubuh saat sebelum tidur

Mungkin bisa dengan mendengarkan alunan musik khusus yang bisa mengantarkan Anda pada tidur. Teori penyebab sakit kepala juga mengatakan bahwa, jika oksigen yang diterima oleh otak lebih sedikit, maka akan semakin banyak pembuluh darah yang menyempit. 

5. Menatap layar gadget 
Kasus ini banyak sekali dialami oleh para remaja dan orang dewasa jaman sekarang. Tidak sepenuhnya karena gadget membuat kepala mereka sakit, tetapi lebih kepada menatap layar yang terlalu terang. Ditambah lagi, jika mereka melakukan kegiatan ini di ruangan yang gelap yang bisa memberikan dampak mata yang lebih buruk. 

6. Cahaya terang matahari
Bagi penderita sakit mata tertentu, biasanya Anda sangat dilarang untuk melihat langsung ke arah langit saat matahari sedang cerah sekali. Apalagi bagi mereka yang memiliki mata normal, melihat pantulan matahari ternyata bisa menyebabkan sakit kepala. Teori penyebab sakit kepala dikarenakan cahaya yang terlihat itu dapat merangsang kerja tamulus, bagian otak yang mengirimkan sinyal rasa sakit ke dalam tubuh Anda. 

Perlukah Mengunjungi Dokter Untuk Mengenali Sakit Kepala yang Anda Alami?


Mungkin sebagian dari kita bertanya-tanya, apakah lebih baik untuk menetap saja di rumah dengan mencari tau jenis sakit kepala kita? Atau lebih baik ke dokter saja untuk menanyakan sakit kepala apa yang kita alami? Jawaban yang paling tepat itu ada pada diri Anda sendiri, dengan menanyakan keyakinan hati. Karena, apabila Anda sudah berusaha membaca dan mencari tahu informasi mengenai sakit kepala, namun jika merasa tidak maka jangan lakukan. 

Karena, sekedar keyakinan hati saja tidak cukup, karena penyakit ini masalah teori pasti yang harus Anda kenali. Dengan begitu, untuk mengetahui penyebab sakit kepala ini mengarah kemana akan lebih baik jika Anda berkunjung ke dokter terdekat. Poin pentingnya, kapan sebaiknya Anda berkunjung ke dokter?

1. Merasa tidak mempan diobati dengan obat apotik atau tradisional.
2. Rasa sakit kepala yang sering muncul secara tiba-tiba dan terasa menyakitkan.
3. Gejala yang menjadi semakin parah saat Anda pindah posisi duduk atau tidur.

Itulah beberapa hal alasan yang bisa Anda gunakan saat bertanya kepada diri sendiri, kapan waktu terbaik untuk mengunjungi dokter. Jika Anda biarkan terlalu lama, dikhawatirkan penyebab sakit kepala ini bisa lebih parah menyerang Anda. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel