Kenali Jenis Penyakit Umum yang Terjadi Pada Saat Hari Raya

Apabila anda tidak bisa membatasi makanan dengan baik, maka anda akan terkena penyakit umum saat hari raya misalnya saja diare, sembelit, maag, kembung, begah, dan bahkan meningkatnya kadar gula dan juga kolesterol dalam darah. Berbagai macam jenis hidangan yang ada saat hari raya tidak lepas dari daging, opor ayam, rendang, sambal goreng ati, dan pedas.

Jenis-jenis makanan tersebut tentu saja bisa mengganggu kesehatan anda jika anda tidak bisa mengontrol jenis makanan yang anda konsumsi. Jika anda menderita sakit sewaktu atau setelah hari raya, tentu saja akan menghambat kegiatan anda. Untuk itu anda harus bisa mengimbangi konsumsi makanan anda dengan buah atau sayur, dengan mengonsumsi makanan sehat bisa mencegah mengalami penyakit tersebut.

Kandungan serat dalam buah dan juga sayur bisa membuat pencernaan anda lancar, sehingga anda juga bisa terhindar dari gangguan pencernaan. Selain itu juga serat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan juga membantu anda mengontrol gula darah. Kandungan mineral dan vitamin dalam buah dan sayur juga bisa membantu metabolisme tubuh.

penyakit umum saat hari raya
Foleon.com

Penyakit Diare yang Sering Dialami


Diare ialah salah satu penyakit umum saat hari raya yang memang kerap dialami oleh sebagian besar orang. Penyakit satu ini memang dikarenakan oleh beberapa jenis makanan seperti makanan pedas, asam, atau juga bersantan. Apalagi jika anda mengonsumsi makanan-makanan tersebut secara berlebihan. Oleh sebab itu, anda harus bisa menjaga pola makan anda saat hari raya.

Sebagian besar orang pasti tidak dapat mengatur dan menjaga pola makannya dengan baik saat hari raya. Setiap makanan yang dijumpai pasti akan langsung masuk kedalam mulut anda, apalagi jika anda berkunjung ke rumah saudara atau tetangga. Perasaan menolak hidangan yang sudah disiapkan menjadi salah satu penyebab mengapa anda mengonsumsi setiap jenis makanan yang disediakan untuk anda.

Untuk mencegah penyakit umum saat hari raya seperti diare ini, maka anda harus bisa menjaga kebersihan lingkungan dan juga menjaga pola makan dari makanan yang anda konsumsi. Akan lebih baik jika anda menghindari makanan pedas, bersantan, dan juga asam. Jika memang harus mengonsumi makanan tersebut, maka sebaiknya jangan mengonsumsi jenis makanan tersebut secara berlebihan.

Penyakit Maag yang Mengganggu


Saat hari raya, penyakit maag ini memang juga tidak sedikit orang yang mengalaminya. Tentu saja hal ini dikarenakan oleh perubahan pola makan yang secara drastis. Sehingga tak ayal jika maag merupakan salah satu jenis penyakit umum saat hari raya yang diderita oleh sebagian orang. Umumnya penyakit ini akan muncul jika makan berlebihan atau banyak makan pedas.

Penyakit maag ini umumnya akan kambuh jika waktu hari raya anda tidak bisa untuk menahan keinginan anda untuk makan makanan yang jumlahnya banyak. Bukan hanya itu saja, jika anda makan makanan yang pedas terlalu banyak juga bisa membuat penyakit ini kambuh. Untuk itu saat hari raya, anda harus bisa mengatur pola makan anda dengan baik.

Untuk cara mencegah penyakit umum saat hari raya ini bisa dengan cara mengatur pola makan sehat anda. Sebaiknya jangan mengonsumsi banyak makanan. Anda bisa mengubah pola makan anda dengan cara bertahap dan perlahan hingga pola makan yang anda terapkan bisa mencapai keteraturan. Dengan demikian maka anda bisa menghindari penyakit satu ini saat usai hari raya.

Kolesterol dan Meningkatnya Kadar Gula


Walaupun efek yang ditimbulkan dari penyakit umum saat hari raya ini tidak akan terlihat dengan langsung, seperti diare atau maag. Namun kolesterol dan juga peningkatan kadar gula juga kerap kali menyerang anda setelah hari raya. Keadaan ini akan muncul jika anda mengonsumsi cukup banyak makanan atau juga minuman yang manis.

Jika anda tidak bisa mengontrol asupan makanan dan juga minuman yang manis selama hari raya, maka tentu saja akan membuat kadar gula dalam darah anda akan terus mengalami peningkatan dan bahkan anda akan terkena hiperglikemia. Sama halnya dengan meningkatnnya kadar gula dalam darah anda, peningkatan kadar kolesterol juga akan muncul jika anda terlalu banyak makan makanan berlemak.

Makanan berlemak dan juga makanan manis saat hari raya memang sangat melimpah, sehingga tentu saja anda harus bisa mengontrol diri anda sendiri agar tidak mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi lemak dan tinggi gula secara berlebih. Akan lebih baik jika anda mengonsumsi makanan yang sehat dan mengindari makanan yang mengandung tinggi lemak dan gula.

Tentu saja anda akan tergiur dengan beragam jenis hidangan hari raya yang disediakan untuk anda. Namun anda juga harus sadar akan tidak sehatnya makanan di hari raya yang sebagian besar mengandung tinggi lemak dan tinggi gula. Jika anda tidak ingin mengalami penyakit umum saat hari raya, maka sebaiknya anda menjaga pola makan anda.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel