Perlengkapan Obat Saat Mudik Agar Tetap Sehat Bugar

Perlengkapan obat saat mudik merupakan salah satu hal yang wajib Anda persiapkan. Terlebih lagi, mudik sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia menjelang hari raya Idul Fitri. Transportasi yang digunakan pun bisa bermacam-macam mulai dari transportasi umum seperti pesawat, kereta api, hingga bus, serta kendaraan pribadi seperti mobil dan motor.

Saking tinggi antusiasmenya, risiko kecelakaan serta kerentanan terhadap penyakit pun meningkat sewaktu arus mudik. Terlebih lagi pemudik yang memilih menggunakan jalur darat, cenderung menghabiskan banyak waktu di jalan. Tidak tanggung-tanggung, pemudik jalur darat bisa sampai berpuluh-puluh jam berada di jalan. Oleh karena itu, menjaga kesehatan sewaktu mudik sangatlah penting.

Jangan sampai momen mudik Anda terganggu akibat masalah-masalah kesehatan yang tidak Anda waspadai. Anda tentunya tidak ingin perjalanan Anda berjalan tidak lancar sehingga Anda tidak dapat menjalankan puasa karena terlalu kelelahan, bukan? Berikut ini akan dibahas mengenai pentingnya kesehatan mudik, perlengkapan obat saat mudik, serta tips mudik agar sehat bugar.

Perlengkapan Obat saat Mudik
Pixabay.com

Pentingnya Kesehatan Saat Mudik


Tradisi mudik merupakan momen yang ditunggu-tunggu masyarakat Indonesia setiap tahunnya. Akan tetapi, risiko kecelakan dan kerentanan terhadap penyakit meningkat selama perjalanan mudik. Terlebih lagi, mobilisasi manusia yang masih sewaktu mudik makin meningkatkan risiko gangguan kesehatan yang menyebabkan kecelakaan maupun terinfeksi penyakit.

Setiap tahun terdapat banyak pemberitaan mengenai kecelakaan lalu lintas selama arus mudik. Selain mengakibatkan luka-luka, kecelakaan bahkan mengakibatkan kematian. Oleh karena itu, diperlukan pemeriksa kondisi kelayakan kendaraan sebelum berangkat. Patuhi rambu lalu lintas serta kendalikan kecepatan pada kondisi jalanan rusak atau bergelombang serta sewaktu cuaca buruk seperti hujan.

Jangan memaksakan diri untuk mengemudi jika Anda sudah merasa lelah dan mengantuk. Selain itu, pastikan pula Anda membawa perlengkapan obat saat mudik dan letakkan segala obat-obatan tersebut di tempat yang mudah terjangkau. Anda tentunya tidak ingin kerepotan mencari obat sewaktu terjadi gangguan kesehatan pada Anda atau anggota keluarga Anda, bukan?

Dengan begitu, gangguan kesehatan seperti infeksi saluran pernafasan, infeksi saluran cerna, dehidrasi, nyeri otot, dan mabuk kendaraan yang kerap dialami sewaktu perjalanan mudik dapat ditanggulangi dengan cepat. Jadi, Anda pun dapat menikmati momen kebersamaan dengan keluarga besar Anda tanpa terganggu oleh masalah kesehatan.

Perlengkapan Obat Saat Mudik


Pastikan Anda membawa perlengkapan obat saat mudik mengingat betapa pentingnya kesehatan. Pertama-tama pastikan Anda membawa minyak kayu putih atau semacamnya untuk mengurangi rasa pusing, mual, hingga masuk angin yang kerap dialami sewaktu perjalanan mudik. Selain itu, bawa juga obat pusing untuk berjaga-jaga jika rasa pusingnya tidak tertahankan. 

Jangan lupa membawa perlengkapan obat saat mudik seperti obat antimabuk untuk meredakan rasa mual saat kendaraan bergerak dengan cepat atau melalui medan berkelok-kelok. Bawa juga obat-obatan pribadi atau khusus karena setiap orang memiliki kondisi kesehatan tertentu. Jangan lupa untuk membawa obat alergi yang disesuaikan dengan resep dokter.

Apabila Anda tidak membawa bekal dari rumah dan memilih untuk membeli makanan di jalan, maka jangan lupa untuk membawa obat diare dan obat maag. Hal ini dikarenakan makanan yang Anda beli belum tentu terjaga higienisitasnya sehingga dapat mengakibatkan masalah pencernaan. Selain itu, jangan lupa membawa air mineral yang cukup.

Air mineral yang cukup dertujuan untuk mengantisipasi dehidrasi. Selain itu bawalah makanan untuk berbuka dan untuk berjaga-jaga jika makanan diperlukan sebagai syarat minum obat. Bawa juga masker untuk melindungi Anda dari polusi serta penularan penyakit selama berada di perjalanan dan bawalah beberapa pak masker dan ganti masker secara rutin. 

Tips Mudik Agar Tetap Sehat Bugar


Agar mudik tetap sehat bugar, maka pertama-tama sebelum mudik, periksalah kesehatan terlebih dahulu terlebih lagi jika Anda atau anggota keluarga Anda memiliki riwayat atau keluhan terhadap penyakit tertentu. Persiapkan perlengkapan obat saat mudik yang kira-kira dibutuhkan selama perjalanan maupun di tujuan. 

Apabila Anda mudik menggunakan kendaraan pribadi, maka periksa kondisi kendaraan Anda terlebih dahulu sehingga tidak membahayakan penumpang dan kendaraan lainnya di jalur mudik. Jaga makanan agar tetap higienis dan cuci tangan sebelum makan. Perbanyak makan buah-buahan dan kurangi makanan tinggi kalori dan lemak untu menjaga stamina. Jangan buang sampah sembarangan.

Istirahat yang cukup guna menjaga tubuh tetap fit dan mencegah timbulnya penyakit. Pastikan Anda beristirahat setiap empat jam sekali untuk pengendara mobil dan dua jam sekali untuk pengendara motor. Lakukan peregangan tubuh selama 10 hingga 15 menit serta jaga emosi dan konsentrasi selama perjalanan agar dapat memperhatikan rambu-rambu lalu lintas.

Itulah informasi tentang perlengkapan obat yang harus di persiapkan saat mudik. Mudah-mudahan Anda bisa mendapatkan informasi yang Anda harapkan khususnya mengenai perlengkapan obat saat mudik agar tetap sehat bugar dan selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel