Cara Menjaga Kesehatan Gigi Pada Saat Sedang Berpuasa

Kesehatan gigi merupakan hal yang sangat penting untuk dijaga, dimana hal ini harus sangat dijaga terutama pada saat puasa. Sebab pada saat puasa nanti mulut Anda akan menjadi kering dalam waktu yang lama karena Anda tidak akan makan dan minum, hal ini tentunya membuat gigi Anda menjadi sarang untuk kuman dan bakteri berkembang sehingga dapat membuat kerusakan pada gigi. 
Apalagi jika Anda tidak menjaga kesehatan gigi maka dapat membuat munculnya bau mulut yang tidak sedap, hal ini tentunya akan sangat menganggu karena orang tidak akan nyaman ketika berbincang dengan Anda. Hal ini tentunya tidak akan membuat nyaman maupun akan membuat Anda malu, oleh sebab itu terdapat beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menjaga kesehatan pada gigi.

Kesehatan gigi
Canva.com

Wajib Untuk Sikat Gigi untuk Menjaga Kesehatan Gigi

Tentunya walaupun Anda tidak makan pada saat bulan puasa, bukan berarti Anda tidak perlu menyikat gigi. Tentunya ketika puasa nanti Anda wajib untuk menyikat gigi dimana minimal 2 kali dalam sehari.  Pastikan bahwa Anda menyikat gigi dengan bersih, dimana Anda harus menyikat bagian gigi hingga ke bagian dalam maupun permukaan gigi. Tentunya jika menyikat seluruh bagian maka dapat menghilangkan sisa makanan dimana sisa makanan dapat menjadi plak.  
Apalagi sisa makanan tersebut dapat menjadi sarang bakteri sehingga dapat membuat mulut Anda menjadi bau. Jadi pastikan bahwa Anda menyikat gigi dengan bersih sehingga tidak akan membuat bau mulut berlebihan, sebab apabila mulut Anda bau maka sudah pasti Anda tidak mau berbicara sehingga akan kesulitan dalam berkomunikasi dengan orang lain. 

Membersihkan Lidah untuk Menjaga Kesehatan Pada Gigi

Tentunya dalam menjaga kesehatan gigi maka tidak hanya bagian gigi saja yang harus dijaga, namun juga bagia lidah juga. Oleh sebab itu jangan sampai Anda lupa untuk membersihkan lidah, sebab membersihkan lidah tidak kalah penting dengan menyikat gigi. Sebab campuran liur dan bakteri pada lidah dapat membuat munculnya plak, jadi tidak heran dengan lidah yang kotor maka bau mulut Anda juga tidak sedap.
Oleh sebab itu jangan lupa untuk membersihkan lidah dengan benar, maka ada baiknya jika Anda membersihkan setelah menyikat gigi. Anda bisa menyikat lidah menggunakan gosok gigi kemudian jika Anda alat khusus pembersih lidah maka Anda bisa gunakan secara perlahan. Ada baiknya jika Anda melakukan hal ini minimal 2 kali dalam sehari. 

Menggunakan Pasta Gigi yang Terdapat Kandungan Fluoride

Pastinya pasta gigi dapat memberikan pengaruh dalam menjaga kesehatan gigi Anda, sebab pasta gigi yang digunakan pada saat menyikat gigi nanti. Oleh sebab itu jangan sampai Anda salah dalam memilih pasta gigi, ada baiknya jika Anda memilih pasta gigi yang terdapat kandungan fluoride.  Fluoride sendiri merupakan kandungan alami yang bisa ditemukan pada makanan maupun minuman.
Namun kandungan ini dapat diserap pada tubuh untuk bisa memberikan kekuatan pada enamel gigi, fluoride sendiri merupakan bentuk dari pertahanan utama apabila terdapat kerusakan di gigi sehingga ada baiknya jika Anda menggunakan pasta gigi yang terdapat kandungan ini sehingga gigi Anda tidak akan mudah rapuh dan menjadi kuat. Apalagi sudah banyak sekali saat ini bermunculan pasta gigi dengan berbagai merk. 

Dilarang Keras untuk Mengonsumsi Makanan Dengan Pemanis Buatan 

Ada baiknya ketika puasa nanti Anda tidak boleh Mengonsumsi makanan dengan pemanis buatan terutama pada saat sahur, karena makanan manis dapat berumah menjadi asam oleh bakteri di dalam mulut. Hal ini tentunya dapat membuat gigi mengalami kerusakan, oleh sebab itu demi menjaga kesehatan gigi ada baiknya jika Anda tidak Mengonsumsi makanan dengan pemanis buatan baik sahur maupun berbuka.
Apabila Anda sudah terlanjur Mengonsumsi makanan dengan pemanis buatan maka ada baiknya jika Anda langsung menggosok gigi, hal ini bertujuan agar gigi Anda tidak akan mengalami kerusakan sehingga kesehatannya dapat terjaga. Sebab banyak sekali permasalahan pada gigi yang diakibatkan oleh pemanis buatan, tidak heran jika ada baiknya Anda menghindari makanan manis jika ingin gigi yang sehat.

Menggunakan Benang Gigi

Saat ini masih banyak orang yang tidak menggunakan benang gigi, padahal benang gigi ini sangatlah penting dalam menjaga kesehatan pada gigi. Sebab benang gigi dapat menghilangkan sisa  makanan pada sela-sela gigi yang tidak tersentuh oleh sikat gigi. Tidak heran jika dengan menggunakan benang gigi maka dapat membuat bau mulut berkurang serta dapat menghilangkan plak pada garis gusi. 
Sebab walaupun Anda sudah menyikat gigi belum tentu semua sisa makanan dapat terangkat, mengingat terdapat beberapa bagian pada gigi yang tidak bisa tersentuh oleh sikat gigi. Jadi dengan menggunakan benda ini maka kesehatan gigi dapat terjaga sehingga gigi Anda tidak bermasalah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel