Penting untuk Mencegah Rasa Haus Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan

Menghadapi bulan suci Ramadhan penting bagi anda untuk tahu cara mencegah rasa haus saat berpuasa. Menahan rasa haus saat berpuasa memang merupakan salah satu tantangan terberat. Dibanding menahan rasa lapar, menahan rasa haus bagi sebagian orang lebih sulit dilakukan. Terlebih apabila saat bulan Ramadhan. Anda harus menahan rasa haus di siang hari selama satu bulan penuh. Tentu saja hal ini akan mempengaruhi asupan cairan pada tubuh.   

Tubuh manusia pada dasarnya terdiri dari 80% cairan, sehingga wajar jika tubuh kita membutuhkan banyak air. Jadi anda tidak boleh mengesampingkan kadar konsumsi air tubuh anda. Suka tidak suka, tubuh anda harus membutuhkan kadar air yang tercukupi setiap harinya. Agar tidak menimbulkan berbagai dampak bagi kesehatan tubuh kita. Lalu bagaimana cara mengatasi konsumsi air saat berpuasa di bulan Ramadhan? Berikut sedikit ulasannya.

mencegah rasa haus saat berpuasa
Pixabay.com

Cara Mengatasi Rasa Haus Saat Berpuasa

Menjaga suhu tubuh anda adalah salah satu cara untuk mencegah rasa haus saat berpuasa. Suhu tubuh harus tetap normal agar anda tidak mudah merasa haus. Terlebih bagi anda yang harus banyak beraktivitas di luar ruangan. Banyak beraktivitas di luar ruangan dengan cuaca terik akan membuat suhu tubuh naik dan cepat merasa haus. Jadi pastikan anda selalu berusaha menurunkan suhu tubuh anda seperti mandi atau berteduh mendinginkan suhu tubuh. 

Selain mandi terdapat cara yang lebih sederhana. Anda dapat membungkus es batu di dalam handuk tipis. Kemudian letakkan handuk tersebut di area leher dan pergelangan tangan selama dua menit. Kedua area tersebut merupakan dua titik nadi yang dekat dengan permukaan kulit. Apabila anda meletakkan es batu di area tersebut, maka rasa dingin akan mudah ditransfer ke seluruh tubuh bersamaan dengan aliran darah yang mengalir ke seluruh tubuh. 

Terdapat satu bagian tubuh lagi yang dapat anda dinginkan menggunakan handuk es batu, yaitu daerah sekitar pangkal kepala dan leher. Letakkan es batu pada bagian tersebut selama sekitar 5 sampai 10 menit. Pada daerah pangkal kepala dan leher terdapat banyak pembuluh darah yang berada di dekat permukaan tubuh. Maka akan cukup membantu mendinginkan tubuh anda dengan cepat jika meletakkan es batu pada titik bagian tersebut.  

Cara Mencegah Rasa Haus Saat Berpuasa

Di atas sudah dijelaskan cara yang dapat anda lakukan saat merasa haus selama berpuasa. Sekarang kita akan membahas cara mencegahnya. Tindakan pencegahan juga diperlukan agar anda tidak cepat merasa haus selama berpuasa. Sehingga anda dapat beribadah dengan lancar tanpa terganggu dengan adanya rasa haus. Keadaan haus memang terkadang menurunkan konsentrasi kita saat beraktivitas. Sehingga lakukanlah beberapa tips berikut ini.

  • Konsumsi banyak buah-buahan selama bulan Ramadhan. Buah memang terbukti dapat mencegah rasa haus saat berpuasa. Banyak buah-buahan yang mengandung kurang lebih 90% air seperti semangka, stroberi, lemon, dan yang lainnya. Tentu apabila banyak mengonsumsi buah dapat meningkatkan kadar air dalam tubuh anda. 

  • Banyak konsumsi air putih saat sahur. Waktu sahur memang bukan waktu yang lazim untuk kita makan. Di bulan selain bulan Ramadhan kita tidak akan makan di waktu dini hari seperti itu. Jadi rasa malas untuk banyak makan atau minum pasti ada. Akan tetapi anda harus memaksa tubuh anda untuk banyak minum air putih. Karena kebiasaan ini akan membantu anda tidak kehausan di saat jam-jam puasa.

  • Siapkan yogurt di kulkas anda. Tidak hanya air dan buah-buahan. Yogurt juga ternyata dapat membantu memenuhi kadar air dalam tubuh. Yogurt setidaknya mengandung sekitar 85% air. Sehingga akan memberikan cukup asupan cairan bagi tubuh. Selain itu yogurt juga banyak mengandung nutrisi, kalsium, serta protein yang baik bagi tubuh anda.


Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi Saat Sahur

Memperhatikan jenis makanan yang kita konsumsi saat sahur juga penting untuk mencegah rasa haus saat berpuasa. Saat berpuasa di cuaca yang sedang panas, maka mulut dan tenggorokan akan terasa kering. Hal ini sangat wajar karena memang anda tidak boleh makan atau minum di siang hari saat berpuasa. Namun, ternyata terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi rasa haus selama berpuasa salah satunya yaitu jenis makanan yang anda konsumsi saat sahur. 

Jenis makanan yang dapat membuat tenggorokkan kering salah satunya adalah makanan berminyak atau bersantan. Apalagi saat berpuasa anda tidak boleh minum. Kondisi tenggorokan dan mulut akan semakin kering. Jadi sangat penting untuk anda menyiapkan menu makanan sahur yang berserat tinggi dan mengandung banyak air agar tenggorokan tidak mudah kering. Itulah dia beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mencegah rasa haus saat berpuasa. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel