Sulitnya Mengatasi Rasa Lapar Saat Berpuasa Dapat Ditaklukan Dengan Cara Ini

Bagi sebagian orang mengatasi rasa lapar saat berpuasa memang menjadi tantangan tersendiri. Meskipun sudah menjadi kewajiban bagi umat muslim untuk berpuasa di bulan Ramadhan. Nyatanya masih ada saja sebagian orang yang tidak kuat menahan rasa lapar sehingga membatalkan puasanya. Sebenarnya kuat atau tidaknya puasa berasal dari diri kita sendiri. Bergantung dari cara kita dalam berpuasa. Jadi, bagaimana cara agar kuat dalam menahan lapar selama puasa? Berikut sedikit ulasannya.

mengatasi rasa lapar saat berpuasa
Freeimages.com

Bersiap Menyambut Bulan Ramadhan

Untuk dapat mengatasi rasa lapar saat berpuasa, anda harus melakukan perisapan sebelum bulan Ramadhan tiba. Tidak hanya mempersiapkan jiwa rohaniah serta keimanan anda saja. Akan tetapi anda juga perlu mempersiapkan raga atau fisik anda. Dalam rangka untuk menjaga kesehatan selama berpuasa di bulan Ramadhan. Ada baiknya anda mempersiapkan dari jauh-jauh hari sebelum memasuki bulan Ramadhan. Salah satunya dapat dilakukan dengan mengurangi frekuensi serta porsi makan anda.  

Ubahlah frekuensi makan anda yang tadinya sering jadi berkurang. Kemudian ubahlah porsi makan anda yang tadinya sedikit menjadi lebih banyak. Hal ini bertujuan agar membiasakan perut anda untuk mampu makan hanya 2 kali sehari, saat buka puasa dan sahur. Selain itu sebelum memasuki bulan Ramadhan anda juga perlu menahan diri untuk tidak ngemil. Kebiasaan ngemil di waktu siang ini akan membuat lambung anda kaget saat bulan Ramadhan tiba.  

Melakukan Kegiatan Produktif Untuk Mengatasi Rasa Lapar Saat Berpuasa

Mengatasi rasa lapar saat berpuasa dapat dilakukan dengan menyibukkan diri. Bagi anda yang masih bekerja di bulan Ramadhan, patut berbahagia. Mengapa demikian? Karena dengan menyibukkan diri selama puasa, maka akan membuat waktu lebih cepat berlalu. Dengan melakukan berbagai kegiatan, tanpa anda sadari waktu sudah berganti mendekati waktu berbuka puasa. Perut anda yang sedang keroncongan juga tidak sempat anda pikirkan jika anda sedang fokus melakukan pekerjaan anda.

Jika perlu, anda dapat melakukan hobi yang dapat menyibukkan anda. Maksimalkanlah hobi anda disaat waktu luang. Hobi seperti menggambar, menjahit, bermain alat musik, berkebun atau hobi bermanfaat lainnya dapat anda lakukan di bulan Ramadhan. Sehingga anda dapat melupakan rasa lapar yang sedang anda alami. Berpuasa lantas tidak membuat anda bermalas-malasan dan berdiam diri saja. Justru dengan tidak melakukan apa-apa akan membuat anda semakin merasakan rasa lapar. 

Mengatasi Rasa Lapar Saat Berpuasa dengan Meditasi

Untuk dapat mengendalikan rasa lapar anda, anda dapat melakukan meditasi. Meditasi tentu dapat mengatasi rasa lapar saat berpuasa. Selain dapat mengendalikan rasa lapar, meditasi juga dapat membuat emosi anda menjadi semakin stabil. Sama dengan tujuan berpuasa, untuk mengajarkan kita menahan segala nafsu termasuk nafsu makan dan emosi. Dengan melakukan meditasi, pikiran anda akan tenang sehingga jauh dari keinginan mudah lapar selama menjalankan puasa di bulan Ramadhan.  

Rutin melakukan meditasi juga akan memberikan pengaruh positif bagi diri anda. Anda dapat menjadi lebih santai, rileks, tenang, serta tidak mudah terpancing emosi. Diharapkan dengan melakukan meditasi dapat menjadikan diri anda lebih menikmati proses puasa dari waktu subuh hingga mahgrib. Sehingga akan muncul perasaan bahwa berpuasa tidak akan menjadi beban bagi anda.

Pikirkan Berbagai Manfaat Puasa

Pada dasarnya berpuasa itu banyak sekali manfaatnya. Baik bagi keimanan manusia atau bagi kesehatan tubuh manusia. Jadi, saat berpuasa cobalah anda fokuskan pikiran anda pada berbagai manfaat yang akan anda peroleh selama berpuasa. Sehingga berpuasa tidak menjadikan beban bagi anda dan menjalaninya dengan senang hati. Dalam bidang kesehatan tubuh, puasa ternyata dapat bermanfaat bagi tubuh. Puasa dapat menjadi sarana untuk mengobati serta menghilangkan racun-racun di dalam tubuh. 

Pada hari biasa anda tentu dapat makan dengan sesuka hati. Akan tetapi pada saat bulan puasa, porsi makan serta jenis makanan yang akan dimakan tentu lebih diperhatikan. Sehingga racun-racun yang selama ini berada di tubuh anda dapat tergantikan oleh makanan bergizi dan kaya manfaat. Selain itu, puasa juga secara tidak langsung dapat berdampak pada otak anda. Suasana hati menjadi lebih tenang dan akan berdampak pula pada kinerja otak anda.

Anggaplah Sebagai Sarana Diet

Bagi anda yang sudah terbiasa melakukan diet. Menganggap puasa seperti yang anda lakukan saat diet dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi rasa lapar saat berpuasa. Saat diet mungkin anda sudah terbiasa untuk menunda waktu makan atau menghindari beberapa makanan yang menjadi pantangan diet. Apabila anda memang berniat untuk diet, pasti pantangan tersebut dapat anda lakukan. Untuk itu, cobalah anda anggap bahwa berpuasa dapat menjadi sarana diet bagi anda.

Pada dasarnya, kuat tidaknya berpuasa berasal dari dalam diri anda sendiri. Semuanya berawal dari niat anda. Apabila anda memang bersungguh-sungguh meniatkan diri untuk berpuasa. Maka anda akan melewatkan satu bulan berpuasa dengan senang hati tanpa rasa beban. Andapun dapat mengatasi rasa lapar saat berpuasa selama bulan Ramadhan. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel