Inilah Penyebab Rasa Lapar Cepat Muncul yang Harus Dihindari Saat Berpuasa

Mungkin anda sering bertanya-tanya apa penyebab rasa lapar cepat muncul? Terlebih pada saat anda sedang berpuasa di bulan Ramadhan. Pada saat puasa, anda wajib untuk dapat menahan lapar serta haus dari waktu terbitnya matahari hingga waktu terbenamnya matahari. Padahal anda sudah merasa makan dengan porsi yang secukupnya pada saat sahur. Akan tetapi di pagi hari, anda sudah merasakan lapar kembali.

Rasa lapar memang wajar terjadi saat puasa. Akan tetapi tidak biasa jika rasa lapar tersebut cepat muncul meskipun masih berdekatan dengan waktu sahur atau berbuka puasa. Ternyata terdapat beberapa penyebab yang membuat rasa lapar cepat anda rasakan. Selain jenis makanan yang anda konsumsi, terdapat beberapa kebiasaan yang dapat membuat anda cepat merasa lapar. Apa saja kira-kira penyebab rasa lapar cepat muncul? Berikut kita ulas sedikit pada pembahasan di bawah ini. 

penyebab rasa lapar cepat muncul
Canva.com

Kadar Gula Pada Makanan

Salah satu penyebab rasa lapar cepat muncul adalah kadar gula pada makanan yang anda konsumsi. Apabila anda mengonsumsi makanan yang mengandung gula. Maka gula akan dicerna tubuh dengan cepat. Hal itu dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat dengan cepat. Setelah meningkat, kadar gula darah akan turun dengan cepat pula. Sehingga akan menstimulasi produksi hormon ghrelin.  

Hormon ghrelin dapat kita artikan sebagai hormon kelaparan. Dengan meningkatnya produksi hormon ghrelin, maka anda akan merasa lesu dan juga lapar. Inilah salah satu penyebab anda cepat merasa lapar. Terdapat sebuah studi yang menyebutkan bahwa makanan yang mengandung karbohidrat olahan dapat mempengaruhi otak. Mengonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi lebih cepat menyebabkan anda merasa lapar. 

Jadi agar anda terhindar dari rasa cepat lapar terutama saat berpuasa, anda harus mengurangi makanan yang banyak mengandung gula. Dalam hal ini bukan tidak mengonsumsi sama sekali, melainkan mengurangi. Anda tetap membutuhkan gula tetapi dalam kadar yang sedikit. Contoh makanan yang dapat membuat cepat lapar adalah roti tawar putih, sereal, jus buah, camilan asin, makanan cepat saji, dan berbagai jenis makanan lainnya yang banyak mengandung gula atau karbohidrat.

Kurang Konsumsi Protein dan Juga Lemak

Tenyata kadar protein dan juga lemak tak jenuh berpengaruh pada perasaan kenyang tubuh anda. Mengonsumsi protein dan lemak dalam kadar yang sesuai, dalam hal ini tidak kekurangan dan tidak berlebihan. Terbukti efektif dapat menekan nafsu makan anda. Kebutuhan protein harian orang Indonesia adalah 60 gram per hari. Sedangkan kebutuhan lemaak berkisar antara 20 hingga 35% dari total kalori harian tubuh.    

Penyebab Rasa Lapar Cepat Muncul Adalah Kurang Tidur

Penyebab rasa lapar yang selanjutnya adalah anda kurang tidur. Kebiasaan begadang atau insomnia ternyata juga dapat mempengaruhi kadar rasa lapar yang anda alami. Mengapa kurang tidur menjadi penyebab rasa lapar cepat muncul? Kurang tidur ternyata dapat menyebabkan lonjakan produksi hormon ghrelin yang berlebihan, sedangkan hormon leptin menurun. Hormon leptin adalah hormon yang menyebabkan perasaan kenyang. 

Sudah dijelaskan di atas bahwa hormon ghrelin adalah hormon yang membuat anda merasa lapar. Sehingga tidur yang sedikit akan membuat anda cepat lapar. Waktu tidur sedikit biasanya juga akan membuat tubuh anda lelah ketika bangun. Dengan begitu sistem tubuh membutuhkan banyak energi. Salah satunya dapat diperoleh dari makanan. Di bulan Ramadhan sebaiknya anda mengatur waktu tidur yang cukup. Menghindari begadang juga dapat menghindarkan anda dari rasa cepat lapar. 

Banyak Pikiran Berujung Stres

Mungkin kata stres terdengar simpel dan dengan mudahnya orang menyebutkan bahwa dirinya stres. Padahal stres itu banyak penyebabnya dan banyak pula dampaknya. Salah satu dampak tidak langsung dari stres adalah tingginya nafsu makan anda. Stres dapat menjadi salah satu penyebab rasa lapar cepat muncul. Pada saat stres, tubuh dan pikiran anda akan merasa tegang. Perasaan tegang inilah yang dapat meningkatkan produksi hormon stres adrenalin dan kortisol.  

Peningkatan kedua hormon tersebut dapat menipu sistem tubuh anda. Anda akan berpikir bahwa terdapat serangan pada tubuh anda yang membuatnya membutuhkan banyak energi. Sehingga tentu saja nafsu makan anda akan sangat tinggi. Hal itulah yang membuat anda cepat merasa lapar jika sedang stres. Selain itu, pada saat stres juga mengurangi kadar seretonin kimia otak. Hal itu dapat membuat anda merasa lapar sekalipun saat sedang tidur.  

Itulah beberapa penyebab anda cepat lapar. Jadi, apabila anda tidak ingin cepat lapar saat puasa di bulan Ramadhan. Tinggalkanlah kebiasan begadang. Anda juga harus berusaha terhindar dari stres. Dan tidak kalah penting untuk selalu menjaga konsumsi makanan yang akan anda makan. Hindari gula berlebih dan juga cukupi kebutuhan protein serta lemak tubuh. Jangan biarkan penyebab rasa lapar cepat muncul tersebut mengganggu ibadah puasa anda di bulan Ramadhan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel