Pola Hidup Sehat Saat Puasa Untuk Menghindari Asam Lambung Naik

Menghindari asam lambung naik saat bulan Ramadhan merupakan hal yang wajib dilakukan. Saat menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan memang dapat memicu kondisi asam lambung naik. Gejala saat asam lambung naik biasanya ditandai dengan rasa sakit seperti tertsuk-tusuk di area perut. Selain itu mulut juga terasa pait dan perut mual akan tetapi tidak ada yang dikeluarkan. Apabila asam lambung naik saat puasa, pasti akan mengganggu semua aktivitas yang sedang anda lakukan.  

Jika asam lambung naik saat berpuasa pastinya juga akan mengganggu ibadah anda selama bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan adalah bulan penuh rahmat. Bulan dimana orang berlomba-lomba dalam kebaikan untuk mendapatkan pahala. Sangat disayangkan jika ibadah anda diganggu oleh asam lambung yang menyerang. Untuk itu anda perlu menerapkan beberapa pola hidup sehat untuk menghindari asam lambung naik saat puasa. 

Menghindari asam lambung naik
Pixabay.com

Memperhatikan Makanan dan Minuman Saat Sahur dan Berbuka

Makanan serta minuman yang akan anda konsumsi jelas akan menghindari asam lambung naik. Salah satu cara menghindari asam lambung yang naik adalah memperhatikan makanan serta minumanya. Anda perlu memilih makanan serta minuman yang dapat mencegah asam lambung naik. Jika perlu hindari pula makanan penyebab asam lambung naik seperti makanan pedas, asam, berlemak, kopi, dan yang lainnya. Selain itu siapkan menu berbuka dan sahur yang sehat seperti di bawah ini.

1. Saat Sahur

Pada saat sahur usahakan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi, terdiri dari lauk dan sayuran hijau. Sayuran seperti brokoli, kacang hijau, kol, seledri, dan bayam bagus untuk kesehatan lambung anda. Semua sayur tersebut mengandung asam. Sehingga dapat sedikit meredakan kondisi refluks di perut anda.

2. Saat Berbuka Puasa

Disarankan saat berbuka puasa, anda membuat minuman jahe. Jahe dipercaya sangat berkhasiat bagi anda yang menderita asam lambung. Jahe memiliki sifat anti radang alami yang dapat berfungsi untuk mengatasi masalah terkait organ pencernaan.

Menghindari Asam Lambung Naik dengan Makan dan Minum Secara Teratur

Asam lambung dapat naik jika pola makan anda tidak benar. Sedangkan pada saat bulan Ramadhan, lambung anda harus terbiasa untk makan dua kali sehari saja. Di siang hari anda juga tidak boleh makan. Maka akan sangat wajar jika asam lambung anda akan naik. Mengetahui hal tersebut, untuk menghindari asam lambung naik sebaiknya anda makan dan minum secara teratur. Jangan menunda-nunda berbuka apabila sudah memasuki waktu berbuka. 

Sesuai dengan sunah Rasul yang mengajarkan untuk menyegerakan berbuka. Sebaiknya anda juga menyegerakan berbuka puasa. Apabila anda makan minum teratur maka lambung anda juga akan terbiasa dengan perubahan pola makan tersebut. Jika perlu, anda juga dapat meminum obat asam lambung jika sudah merasakan gejala tanda-tanda asam lambung naik setelah berbuka puasa. 

Kunyah Makanan Sampai Halus untuk Menghindari Asam Lambung Naik 

Selain pola makan dan jenis makanan, cara atau perilaku anda saat makan juga dapat menjadi penyebab asam lambung naik. Salah satunya apabila anda termasuk orang yang suka makan dengan cepat tanpa mengunyah dengan benar. Makanan yang yang masih kasar ditelan, maka akan meningkatkan kinerja lambung. Kerja enzim pencernaan di dalam lambung juga akan semakin berat Hal ini dapat menjadi penyebab asam lambung berpotensi naik.  

Cara makan yang benar adalah dengan mengunyah makanan hingga sangat lembut. Makan juga harus dengan perlahan tidak terburu-buru. Makan dengan perlahan, selain menghindari tersedak ternyata juga dapat mengurangi resiko asam lambung naik. Lambung dapat secara bertahap mencerna makanan. Enzim pencernaan juga akan mengolah dan mencerna makan dengan lebih mudah. Sehingga hal tersebut dapat mengurangi resiko asam lambung naik.

Hindari Menggunakan Celana Ketat 

Ternyata faktor pakaian juga dapat menjadi faktor penyebab asam lambung naik. Terutama celana atau rok yang anda pakai. Sebaiknya anda menghindari menggunakan celana ketat yang menekan area perut. Sebaiknya anda memakai celana atau rok yang longgar di bagian perut untuk menghindari asam lambung naik. Hal-hal kecil seperti ini juga harus anda perhatikan. Pola hidup yang benar dan sehat akan membuat hidup anda terhindar dari berbagai penyakit.

Menggunakan celana yang ketat di bagian perut, tentu akan sangat menekan perut anda. Apalagi dalam waktu yang lama. Tekanan pada perut tersebut, akan memicu isi perut termasuk asam lambung terpancing keluar ke esofagus. Inilah yang menyebabkan gejala asam lambung naik adalah merasa mual atau bahkan sampai muntah. Selain lebih nyaman, memakai celana atau rok yang longgar dapat menghindari asam lambung berbalik ke esofagus.   

Menerapkan pola hidup yang sehat memang harus dilakukan kapan saja, tidak hanya saat anda berpuasa. Tetapi memang perlu perhatian lebih saat berpuasa. Sebisa mungkin laksanakanlah segala cara agar tidak menimbulkan asam lambung naik. Agar ibadah puasa anda lebih khusyuk dan juga mendapat pahala yang berlimpah. Jangan lupa untuk melakukan segala aktivitas yang dapat menghindari asam lambung naik. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel