10 Makanan Untuk Menghilangkan Bau Mulut Saat Sedang Puasa

Ada beberapa penyebab timbulnya bau mulut saat sedang puasa. Seperti terjadinya infeksi atau radang pada paru-paru karena cairan pencernaan akan tetap keluar meskipun tidak ada makanan yang dikelola. Hal ini akan mempengaruhi lapisan perut sehingga muncullah bau busuk seperti bau makanan basi serta sariawan yang memperparah bau mulut.

Untuk anda yang sehari-harinya banyak berinteraksi dengan orang lain tentu masalah ini sangat mengganggu. Bau mulut saat sedang berpuasa akan menurunkan kepercayaan diri, mengganggu lawan bicara dan menimbulkan penyakit seperti sariawan sehingga anda tidak nyaman dibuatnya. Maka dari itu anda harus tahu beberapa jenis makanan yang dapat menghilangkan bau mulut saat berpuasa, sebagai berikut:

bau mulut saat sedang puasa
Freeimages.com

Mengatasi Bau Mulut Saat Sedang Puasa dengan Yoghurt

Yoghurt menjadi salah satu makanan yang dapat menghilangkan bau mulut saat sedang berpuasa. Hal ini di karenakan yoghurt mengandung probiotik berupa bakteri baik yang dapat melawan dan mencegah pertumbuhan bakteri jahat yang ada di rongga mulut. Bakteri baik ini akan membuat rongga mulut lebih sehat dan tidak mengeluarkan bau busuk.

Atasi Bau Mulut dengan Teh Hijau

Teh hijau berguna untuk menghilangkan bau mulut saat sedang puasa karena mengandung antioksidan berupa polyphenol. Antioksidan ini berguna untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Selain itu teh hijau juga mengandung zat aktif bernama catechins yang berfungsi menghilangkan plak di gigi. Usahakan mengonsumsi teh hijau tanpa gula, karena gula merupakan salah satu penyebab plak di gigi.

Mengonsumsi Apel untuk Atasi Bau Mulut

Apel merupakan buah yang efektif untuk melawan bau mulut saat sedang puasa. Karena dengan mengunyah apel, dapat membantu produksi air liur yang menciptakan pembersih mulut alami sehingga membantu membersihkan gigi dan sisa-sisa makanan yang tersisa di rongga mulut. Apel juga mengandung polifenol yang dapat menjaga kelembaban rongga mulut sehingga dapat membunuh bakteri.

Mengonsumsi Pisang, Gandum, dan Biji-Bijian

Bau mulut saat sedang puasa juga dapat terjadi karena kekurangan karbohidrat dalam tubuh. Karena ketika pada keadaan normal tubuh manusia apalagi orang Indonesia mengkonsumsi banyak karbohidrat, maka cairan pencernaan seperti asam lambung yang mengelola karbohidrat tersebut masih tetap terproduksi seperti biasa. Maka dari itu makanan yang mengandung karbohidrat seperti pisang sangat bermanfaat untuk mengatasinya.

Atasi Bau Mulut Saat Sedang Puasa dengan Biji Adas

Biji adas merupakan obat herbal yang biasa dipakai di India untuk menghilangkan bau mulut karena kandungannya dikenal dapat menetralisir bau tak sedap dan membantu pencernaan. Selain itu biji adas juga meningkatkan air liur yang membersihkan bakteri dari mulut. Biji adas ini memiliki rasa yang lumayan pedas. 

Cara mengonsumsi biji adas ialah dengan mengambil satu sendok teh biji adas kemudian kunyah perlahan. Rasa pedas yang anda rasakan inilah yang berguna untuk menghilangkan kuman penyebab bau mulut tak sedap.

Mengonsumsi Sayur Peterseli dan Basil

Peterseli dan basil merupakan sayuran hijau yang dipenuhi dengan klorofil sehingga dapat menghilangkan bau mulut serta dapat berguna sebagai pewangi mulut alami. Cara nengonsumsinya yaitu dapat dimakan langsung, dijadikan jus, atau ditambahkan ke menu makanan harian anda ketika sahur atau saat buka puasa.

Mengonsumsi Buah Stroberi

Stroberi terkenal mengandung banyak air dan dapat mencegah mulut kering yang mengakibatkan bau mulut karena sangat kaya akan vitamin C yang dapat membunuh bakteri dan kuman. Vitamin C diketahui dapat mempercepat proses penyembuhan di mulut dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Biasanya bau mulut saat sedang puasa semakin parah karena adanya sariawan di rongga mulut. 

Stroberi ini adalah salah satu buah yang dapat mempercepat proses penyembuhan sariawan pada rongga mulut anda. Selain buah stroberi, buah melon juga salah satu yang mengandung banyak vitamin C.

Mengonsumsi Air jahe

Air jahe sangat dipercaya dapat membantu tubuh kita agar terasa hangat. Selain sangat bagus untuk menghangatkan perut, jahe juga memiliki efek kuat menetralisir bau mulut. Mengkonsumsi air jahe saat sahur juga dipercaya dapat menjauhkan anda dari bau mulut sepanjang hari, sehingga anda akan merasa nyaman dan percaya diri ketika berinteraksi dengan orang lain.

Mengonsumsi Banyak Air putih

Minum air putih adalah cara paling sederhana dan ampuh untuk mengurangi bau mulut. Tidak adanya asupan cairan yang masuk akibat berpuasa membuat kerongkongan kering, sehingga bakteri penyebab bau mulut akan mudah berkembang dan bertahan hidup. Oleh karena itu, membasahi kerongkongan adalah cara ampuh untuk menangkal bau mulut yang tidak sedap. 

Banyak minum air putih akan merangsang saliva dengan baik untuk memproduksi air liur yang berfungsi juga sebagai cairan pembersih. Oleh karena itu, saat berpuasa minumlah air putih minimal sebanyak 8 gelas per hari saat sahur dan berbuka, seperti halnya hari biasa. Sehingga dengan begitu Anda bisa terhindar dari bau mulut saat sedang puasa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel